Simak Beberapa Jenis Penyakit Kulit Berserta Penanganannya

Penyakit kulit memiliki ragam jenis dengan penyebab dan variasi yang berbeda. Ada yang disebabkan oleh alergi, infeksi, bahkan genetik. Gejalanya pun beragam mulai dari ringan hingga berat. Untuk mencegah penyakit yang kronis pada diri anda, penting untuk mengetahui beragam jenis penyakit kulit. Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi lengkapnya!

Kulit merupakan organ terluar pada tubuh. Kulit sendiri memiliki beberapa lapisan hingga lapisan terluar yang disebut dengan epidermis. Kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan sinar matahari, melindungi organ dalam tubuh manusia, serta membantu mengatur suhu tubuh. Sebagai bagian terluar dari keseluruhan organ tubuh yang menerima paparan berbagai lingkungan secara langsung maka kulit dapat dengan mudah mengalami gangguan ataupun penyakit. 

Penyakit kulit dapat muncul dengan sendirinya tanpa mengeluarkan gejala, dan banyak orang yang menyimpulkan hal tersebut terjadi karena kurangnya menjag kebersihan tubuh. Padahal banyak penyebab yang dapat menimbulkan masalah pada kulit. 

Macam-macam penyakit kulit

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit kir yang perlu anda ketahui:

  • Penyakit kulit karena peradangan

Peradangan yang terjadi pada kulit disebut dengan dermatitis. Situasi ini akan terjadi ketika tubuh bersentuhan langsung dengan zat yang bersifat iritatif atau dengan alergen (zat atau benda yang memicu terjadinya reaksi alergi). Gejala dari dermatitis pun bermacam-macam, umumnya akan terjadi kemerahan, menimbulkan rasa gatal, dan bengkak pada kulit.

  • Penyakit kulit karena kelainan autoimun

Masalah autoimun akan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sekaligus menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. 

  • Penyakit kulit karena infeksi

Penyakit kulit karena infeksi umumnya akan menular. Infeksi dapat terjadi akibat terkena virus, bakteri, hingga virus. Gejala yang ditimbulkan pun beragam mulai dari intensitas rendah hingga tinggi.

Mengatasi dan mencegah penyakit kulit

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kulit cukup beragam, tergantung penyebab serta gejala yang ditimbulkan. Sebab ada beberapa penyakit kulit yang mampu sembuh dengan sendirinya dan ada juga yang memerlukan bantuan obat-obatan dari dokter. Berikut ini merupakan beberapa jenis pengobatan yang biasa digunakan untuk penyakit kulit, diantaranya yaitu:

  • Kortikosteroid

Obat ini digunakan untuk meredam respon daya tahan tubuh yang terlalu aktif. Obat ini dapat berbentuk tablet minum ataupun salep. 

  • Antihistamin 

Antihistamin merupakan obat alergi yang berfungsi untuk meredakan reaksi alergi dan gatal-gatal. Obat ini bisa dibeli sendiri di apotik atau melalui resep dokter.

  • Antibiotik

Antibiotik diberikan oleh dokter untuk mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk kasus infeksi yang meluas dokter akan memberikan antibiotik dalam bentuk kapsul atau tablet. Seperti umumnya antibiotik lain, untuk penyakit kulit pun antibiotik harus diminum sampai habis sesuai resep dokter.

  • Obat antivirus

Obat antivirus biasanya akan diberikan oleh dokter dengan tujuan untuk mengurangi gejala dan membasmi virus yang menyebabkan penyakit kulit terjadi.

  • Obat antijamur

Untuk mengatasi penyakit kulit akibat jamur biasanya dokter akan memberikan obat antijamur. Biasanya obat ini berbentuk salep atau krim, namun tidak jarang dokter akan memberikan obat antijamur minum.

  • Operasi

Pengobatan ini dilakukan ketika kondisi penyakit kulit yang anda alami sudah kronis dan dapat mengganggu organ tubuh lainnya seperti kanker kulit atau terjadinya kutil. 

Selain pengobatan tentu sebaiknya anda melakukan pencegahan agar penyakit kulit tidak kambuh atau menularkan orang lain. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit kulit terjadi:

  • Menjaga kebersihan tubuh
  • Hindari kontak fisik dengan penderita penyakit kulit 
  • Hindari penggunaan barang-barang pribadi secara bersamaan dengan orang lain misalkan handuk atau pakaian
  • Rutin menggunakan sunscreen dan pelembab kulit

Nah itulah informasi mengenai jenis penyakit kulit serta pengobatannya yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa untuk simak artikel lainnya.

Latest articles