Inilah Ternyata Manfaat Merica yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Untuk membuat suatu masakan, tentunya itu semua berasal dari bahan-bahan mentah terlebih dahulu, seperti daging, telur, sayuran, dan sebagainya. Namun dalam suatu masakan, tentunya tidak hanya membutuhkan bahan-bahan saja, karena bumbu masak juga diperlukan, hal itu masakan tanpa bumbu hanya akan membuat suatu masakan hambar tanpa rasa. Tentunya banyak bumbu masak saat ini, seperti penyedap rasa, garam, gula, lada, dan bahkan merica.

Nah menariknya, bumbu dapur ternyata bisa memberikan manfaat baik selain hanya memberikan rasa pada suatu masakan, yaitu seperti contoh pada merica yang ternyata ada manfaat dari bumbu masak tersebut. Nah bagi kalian yang penasaran manfaat merica, maka anda bisa ketahui manfaatnya tersebut di artikel ini. Maka dari itu, yuk simak artikel ini selengkapnya!

Mengenal Merica Lebih Dalam yang Perlu Kalian Semua Pahami

Merica dan lada itu berbeda, yang mana merica disebut sebagai merica atau sahang, hal itu karena ia mempunyai nama Latin Piper nigrum, yaitu sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Sementara pada lada, ia bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik, dan juga ia berasal dari tanaman yang memang sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu.

Inilah Manfaat dari Merica yang Perlu Kalian Ketahui Semuanya

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, merica tidak hanya bisa memberikan rasa pada suatu masakan, karena bumbu merica juga memiliki manfaat yang ternyata cukup baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Nah apa saja manfaatnya merica? Yuk coba simak ulasannya dari kami berikut ini:

Mampu Membantu Melancarkan Pencernaan

Hal itu karena memang merica mampu merangsang enzim pencernaan pankreas, sehingga akan terjadi peningkatan kapasitas pencernaan dan secara signifikan mengurangi waktu transit makanan dalam saluran pencernaan. Disamping itu, dengan merica maka itu akan membantu merangsang asam klorida di perut sehingga dapat mencerna dan menyerap makanan dengan lebih baik.

Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh

Terutama pada merica hitam, itu karena yang hitam memiliki peran imunomodulator, yaitu suatu sumber alami yang dapat memberikan pemeliharaan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dan dengan senyawa aktif dalam merica, maka itu bisa berperan penting dalam tubuh untuk meningkatkan sel darah putih yang digunakan tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang.

Mampu Mengatasi Penyakit Diare

Pada studi dengan hewan, pernah menunjukan bahwa merica hitam dapat mencegah diare, yang dimana itu dengan cara menghambat kejang otot di saluran pencernaan dan memperlambat pencernaan makanan. Dan dengan begitu maka jelas ada efek positif yang sangat berpengaruh pada fungsi perut, dimana merica besar kemungkinan sangat bermanfaat bagi mereka yang pencernaannya buruk dan mengalami diare.

Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Itu karena High Density Lipoprotein (HDL) bisa menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati. Dan selanjutnya, hati akan mengeluarkannya dari tubuh, sehingga membuat kadar kolesterol HDL yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga stroke.

Dapat Mengurangi Potensi Terkena Kanker

Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa piperin dalam merica hitam mungkin memiliki manfaat untuk mencegah kanker, hal itu karena piperin bisa menekan replikasi sel kanker pada kanker payudara, prostat, dan juga pada usus besar (kolon).

Sebagai Asupan Vitamin A, C, E, dan K

Karena dalam suatu penelitian tentang kandungan zat pada merica, diketahui ada vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, tubuh, dan reproduksi. Sementara C berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, lalu ada E yang berguna untuk kesehatan kulit dan mata, serta pertahanan pada kulit infeksi. Lalu K, yang berguna untuk metabolisme tulang dan kadar kalsium darah.

Membantu Melawan Bakteri Jahat

Sudah terbukti, bahwa memang merica efektif melawan bakteri Bacillus subtilis, Bacillus sphaericus, dan Staphylococcus aureus. Bacillus subtilis dapat menyebabkan meningitis, endokarditis, hingga pada infeksi mata.

Bisa Mengurangi Stres Oksidatif

Stres oksidatif adalah gangguan keseimbangan antara produksi radikal bebas dan pertahanan antioksidan, selain itu ia dikaitkan dengan produksi kerusakan jaringan pada diabetes melitus. Nah dengan antioksidan dari senyawa piperin dalam merica, maka itu bisa berperan dalam mengurangi stres oksidatif.

Jadi itulah pemahaman dan manfaat merica yang perlu kalian pahami, semoga bermanfaat bagi kalian dan yang lainnya, dengan cara kalian share kepada yang lainnya juga. Tentunya masih banyak lagi artikel menarik dan bermanfaat dari kami, yang mana itu bisa kalian cari dan dapatkan hanya di Ensipedia.id

Latest articles