Informasi Lengkap Tentang Air Liur dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

Umumnya orang akan merasa jijik atau terkesan jorok jika membahas mengenai air liur, namun disamping itu air liur memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, yuk langsung simak artikel berikut ini!

Apa itu air liur?

Cairan yang biasa kita kenal dengan air liur, ludah, iler memiliki nama medis yaitu saliva. Air liur merupakan cairan bening yang di produksi oleh kelenjar air liur, yaitu kelenjar kecil yang menjadi bagian dari anatomi mulut manusia. Kelenjar air liur ini terdapat pada kedua sisi pipi, bawah lidah, serta bawah rahanf pada bagian mulut paling depan. Kelenjar ini mampi memproduksi air liur sekitar dua hingga empat liter perhari. Setelah diproduksi air liur akan menjalankan tugasnya menjadi beberapa fungsi penting, baik untuk menjaga kebersihan mulut maupun untuk mencerna makanan. 

Proses produksi air liur

Terdapat tiga pasang kelenjar saliva utama dan banyak saliva kecil yang terletak di dalam rongga mulut untuk memproduksi air liur. Kelenjar saliva utama yang terdiri dari kelenjar parotis, sublingualis, dan submandibularis menyumbangkan sekitar 93% dari total produksi air liur, 7% sisanya di produksi oleh kelenjar saliva kecil. Meski memiliki tugas yang sama untuk memproduksi air liur namun ketika kelenjar saliva memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain, yaitu:

  • Kelenjar parotis

Kelenjar ini berada pada atas pipi yany berdekatan dengan telinga, kelenjar ini memproduksi saliva serosa, yaitu air liur encer yang banyak mengandung enzim dan mengalir ke area gigi belakang dan rahang atas.

  • Kelenjar sublingualis

Kelenjar sublingualis terletak tepat dibawah lidah. Bagian ini bertugas memproduksi saliva mukus, yakni air liur kental yang kaya lendir tetapi tidak mengandung enzim dan mengalir keseluruh permukaan mulut bawah.

  • Kelenjar submandibularis

Kelenjar saliva ini terletak pada bawah rahang bagian belakang. Bagian ini memproduksi air liur campuran mukus dan serosa yang mengalir ke sekitar gigi bagian bawah.

Kandungan dalam air liur

Sebanyak 99% air liur mengandung air dan 1% nya mengandung zat organik dan nonorganik. Berikut merupakan beberapa elemen lain yang membentuk kandungan air liur:

  • elektrolit
  • Bikarbonat
  • Bakteriostat
  • Lendir
  • Enzim

Fungsi air liur

Meskipun terlihat sederhana, namun air liur memiliki kandungan dan proses produksi yang kompleks. Oleh karenanya terdapat fungsi air liur untuk tubuh:

  • Membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh

Kelenjar air liur memproduksi air liur untuk membasahi dan melarutkan makanan. Hal tersebut tentu membantu tubuh anda untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebelum masuk ke dalam lambung, air liur memecah makanan di bantu oleh enzim amilase. Enzim inilah yang membantu memecah kandungan pati dalam makanan. 

Tidak hanya mencerna dalam tubuh, fungsi lain air liur lainnya yaitu untuk memudahkan proses menelan makanan. Makanan yang basah dan lembut tentu dapat lebih mudah meluncur ke kerongkongan. 

  • Membersihkan dan menjaga mulut

Air liur mengandung sekelompok protein yang bersifat bakteriostatik. Dengan begitu artinya protein tersebut dapat menekan perkembangbiakan dan juga membunuh bakteri dan jamur dalam mulut. Lisozim, laktoferin, dan laktoperoksidase merupakan beberapa protein yang terdapat di dalamnya. Kehadiran antibakteri dan antijamur yang terdapat dalam air liur tentu dapat membantu anda terhindar dari gangguan rongga mulut, misalnya seperti penyakit gusi dan infeksi jamur pada mulut. 

  • Mencegah kerusakan gigi

Fungsi air liur untuk melapisi permukaan gigi juga dapat membantu meluruhkan sisa makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi. Air liur juga membawa mineral yang bertugas meremineralisasi gigi, yaitu proses membangun kembali permukaan email pada gigi. 

Nah itulah informasi mengenai aiur liur beserta manfaatnya yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa simak artikel lainnya, dengan pembahasan yang menarik tentunya.

Latest articles