Ginekolog Malaysia Ciptakan Kondom yang Dapat Dipakai Laki-laki dan Wanita Sekaligus

ENSIPEDIA.ID, Jember – Salah seorang ginekolog asal Sibu, Malaysia berhasil membuat sebuah kondom yang dapat dipakai oleh laki-laki ataupun wanita sekaligus, kondom tersebut diberi nama Wondaleaf Unisex.

John Tang Ing Ching, pembuat kondom tersebut, terinspirasi dari maraknya keluhan pasien ketika menggunakan alat kontrasepsi ketika berhubungan seks. Sedangkan jika tidak menggunakan alat kontrasepsi, tentu akan menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan.

“Setiap hari, saya menemui pasien yang menderita efek samping alat kontrasepsi, tidak pakai kontrasepsi dan juga pemakaian yang salah, hingga akhirnya menyebabkan kehamilan yang tak diinginkan,” ujar John Tang Ing Ching, seperti dilansir dari vice.com.

“Misalnya, tidak jarang saya menangani siswi sekolah yang menangis di klinik karena kedapatan hamil.”

Menurut Tang, kondom pria yang saat ini sedang beredar di pasaran mudah terlepas dan dapat digunakan jika penis sedangkan ereksi. Adapun kondom vagina yang saat ini beredar, dengan cara memasang cincin pada vagina, mudah tergeser serta masuk ke dalam tubuh.

Menurutnya, Desain saat ini tidak sepenuhnya membungkus kelamin guna memberikan perlindungan total, terutama untuk mencegah penularan IMS dari kontak fisik.

Kondom Wondaleaf Unisex diusulkan oleh ginekolog asal Malaysia tersebut dalam konferensi medis yang dilaksanakan di Sibu, Malaysia tujuh tahun silam. Setelah memperoleh persetujuan, barulah dia membuat alat kontrasepsi ini.

Baca juga : Puluhan Pohon Pisang Di Lamongan Roboh Akibat Ulah Bocah yang Terinspirasi dari “Salam dari Binjai”

Kondom ciptaan Tang diproduksi oleh salah satu perusahaan peralatan medis, Twin Catalyst. Kondom ini mengandung bahan perekat yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kondom yang beredar saat ini. Selain itu juga, kondom ini lebih aman terhindar dari kehamilan karena mampu menutupi vulva serta pangkal penis.

Diproduksi perusahaan peralatan medis Twin Catalyst, Kondom Unisex Wondaleaf mengandung bahan perekat kuat yang akan menempel ke kulit. Selain itu, produknya menutupi bagian tubuh yang lebih besar, termasuk vulva dan pangkal penis. Jika pada kondom biasa tidak dapat digunakan saat penis belum ereksi, maka kondom Unisex Wondaleaf dapat digunakan saat foreplay.

Malaysia merupakan negara dengan produksi kondom terbesar di dunia. Namun, sebagai negara dengan mayoritas muslim, kondom masih dianggap tabu dan selalu dikaitkan dengan hamil di luar pernikahan.

Pembuatan kondom ini memakan waktu yang bertahun-tahun, hal ini dikarenakan perlu adanya dana, menciptakan prototipe hingga uji klinis. Rencananya, kondom ini akan dipasarkan secara luas di Negeri Jiran pada bulan Desember dan berupaya mengedarkannya secara internasional.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles