Simak Informasi Tentang Gerd yang Berhubungan dengan Anxiety di Kaum Muda

GERD merupakan sebuah kondisi kronis ketika asam lambung naik sampai ke kerongkongan, sedangkan anxiety merupakan rasa cemas yang dialami seseorang dengan berbagai macam sebab. Namun dua hal yang berbeda ini dinilai saling berkaitan dalam satu hal, meskipun anxiety tidak ada dalam daftar penyebab GERD tetapi dalam studi kasus pada tahun 2015 ditemukan bahwa kecemasan dan depresi dapat meningkatkan resiko GERD. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan GERD dan anxiety, yuk simak artikel berikut ini!

Anxiety merupakan satu istilah yang banyak di dengar kalangan anak muda, tidak hanya sebuah masalah perasaan biasa ternyata juga dapat berhubungan terhadap kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan resiko GERD. Hal ini biasa disebut dengan GERD anxiety, GERD merupakan kondisi kronis dimana refluks asam lambung naik sampai ke kerongkongan terjadi setidaknya lebih dari satu kali dalam seminggu, sedangkan anxiety merupakan respon alami tubuh terhadap setres. 

Apa itu GERD?

GERD terjadi ketika asam lambung mengalir kembali naik ke kerongkongan (refluks asam) yang menyebabkan beberapa gejala seperti mulas, kesulitan menelan, atau sensasi rasa terbakar di tenggorokan. Jika refluks asam lambung hanya terjadi sesekali itu merupakan sebuah hal yang umum, tetapi pada kasus GERD biasanya refluks asam bisa terjadi sesering mungkin sehingga dapat mengiritasi lapisannya sampai terkadang menyebabkan peradangan.

Penyebab GERD terjadi karena sfingter esofagus bagian bawah tidak tertutup dengan semestinya, sehingga asam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Sfingter esofagus merupakan cincin otot yang menutupi perut dari kerongkongan disaat anda tidak makan. Tetapi ada beberapa kondisi tertentu yang bisa menyebabkan GERD kambuh, seperti:

  • Obesitas
  • Hernia hiatus
  • Kehamilan
  • Pengosongan perut yang terlalu lama

Selain itu gaya hidup juga mempengaruhi GERD, seperti terlalu banyak makan, langsung tiduran setelah makan, mengkonsumsi makanan berlemak terlalu banyak semacam gorengan dan sejenisnya. Stres yang berkaitan langsung dengan kecemasan juga di ketahui dapat memperburuk refluks asam.

Hubungan GERD dengan Anxiety

Pada studi kasus tahun 2015 menemukan bahwa kecemasan dan depresi dapat meningkatkan resiko GERD, meskipun anxiety tidak ada dalam daftar penyebab GERD. Sementara studi lain menemukan bahwa efek negatif daripada GERD pada kualitas hidup pengidapnya dapat meningkatkan kecemasan dan depresi. Tetapi tidak perlu khawatir, karena sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang secara positif mengaitkan kecemasan dengan peningkatan asam lambung.

Beberapa penelitian lain juga menemukan bahwa anxiety dapat meningkatkan gejala yang terkait dengan GERD, seperti headtburn dan nyari perut bagian atas. Kecemasan dipercaya dapat membuat anda jauh lebih sensitif terhadap rasa sakit dan gejala GERD lainnya. Selain itu kecemasan dan tekanan psikologis lainnya juga bisa mempengaruhi motilitas esofagus dan fungsi sfingter esofagus pada bagian bawah. Motilitas esofagus mengacu pada kontraksi yang terjadi di esofagus untuk memindahkan makanan ke perut. 

Gejala GERD Anxiety

Anxiety dan GERD dapat menimbulkan gejala yang berbeda, meskipun dapat terjadi gejala yang sama yang peyebabnya merupakan dua kondisi tersebut. Masalah pencernaan seperti mual, muntah, heartburn merupakan gejala yang bisa ditimbulkan oleh GERD dan anxiety. Gejala umum lainnya yang dapat ditimbulkan dari dua kondisi tersebut yaitu seperti sensasi globus, merupakan perasaan seperti adanya benjolan pada tenggorokan atau sensasi sesak, namun tidak disertai dengan rasa sakit. Orang yang mengalami sensasi globus juga biasanya akan mengalami suara serak, batuk kronis, atau kebutuhan secara terus menerus untuk membersihkan tenggorokan, yang juga merupakan gejala umum pada GERD. GERD anxiety juga dapat menyebabkan pengidapnya kesulitan tidur. Hal itu dapat terjadi karena refluks asam dapat bertambah parah ketika berbaring, sehingga membuat pengidap sering terbangun. Disamping itu anxiety juga dapat menjadi penyebab seseorang sulit tidur. 

Itulah informasi seputar GERD anxiety yang dapat kami bagian untuk anda, yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda atau dapat menyelesaikan masalah serupa. Jangan lupa simak artikel kami lainnya dengan berbagai macam topik yang menarik, yang sudah tersedia di website kami.

Latest articles