Yuk Simak 5 Gerakan Yoga yang Bisa Ditiru Oleh Pemula dan Dilakukan di Rumah

Memiliki tubuh dan jiwa yang sehat adalah idaman semua orang. Ada banyak hal dan cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat. Salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Dan salah satu jenis olahraga yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh kalian yang pemula adalah yoga. Yoga sendiri memiliki banyak jenis gerakan yang bisa kalian pilih untuk lakukan sehingga memudahkan kalian yang masih pemula.

Khusus untuk kalian para pemula, pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa contoh gerakan yoga yang mudah dan sederhana yang bisa kalian praktekkan di rumah. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Gerakan Pertama (Tree Pose)

Sumber: hellosehat.com

Gerakan yang pertama ada Tree Pose. Selayaknya pohon yang berdiri tegak, tree pose ini adalah salah satu pose dasar untuk melatih keseimbangan serta meningkatkan kelenturan tubuh. Kalian cukup berdiri tegak sambil meletakkan kedua telapak tangan di depan dada. Lalu, pada bagian kaki lekukkan salah satu kaki dan letakkan telapak kaki kalian di paha sebagaimana terlihat pada gambar. Tahan pose ini selama 30 detik dan lakukan secara bergantian untuk kaki yang satunya.

Gerakan Kedua (Downward-facing dog)

Sumber: hellosehat.com

Gerakan kedua disebut Downward-facing dog. Seperti yang terlihat pada gambar, tubuh kalian akan membentuk huruf V terbalik. Gerakannya dimulai dengan posisi membungkuk kea rah depan dan meletakkan kedua tangan pada matras. Pastikan posisi telapak tangan kalian berada lebih maju daripada bahu.

Untuk posisi kaki, kalian bisa menekukkan lutut kalian dan menempelkannya pada matras. Perlahan, angkatlah lutut kalian sampai kaki kalian menjadi lurus seperti yang terlihat pada gambar. Perlu diingat, kalian harus memastikan bahwa posisi yang kalian lakukan sudah lurus dengan benar. Selanjutnya, kalian bisa mempertahankan posisi ini sambil menarik napas panjang sebanyak 5 hingga 10 kali.

Gerakan Ketiga (Mountain Pose)

Sumber: hellosehat.com

Lalu ada pula gerakan Mountain Pose dimana kalian cukup berdiri tegak menghadap ke depan sambil memposisikan kedua tangan di sisi tubuh. Gerakan ini diperuntukkan melihat dan menganalisis postur tubuh kalian, apakah sudah tepat atau belum. Karena ada banyak orang yang tidak menyadari hal ini sebab mereka menganggapnya remeh.

Kalian bisa mengecek postur tubuh kalian selagi melakukan gerakan ini dengan merasakan di bagian punggung apakah sudah terasa lurus. Kalian juga bisa mengeceknya dengan melihat cermin. Gerakan ini memang sangat sederhana untuk dilakukan, namun penting guna mengetahui postur tubuh kalian.

Gerakan Keempat (Plank Pose)

Sumber: idntimes.com

Keempat, ada Plank Pose. Gerakan ini memang terlihat mudah, cukup dengan mengambil posisi selayaknya kalian ingin melakukan gerakan push-up tanpa harus mendorong tubuh ke bawah. Kalian diharuskan mempertahankan posisi tubuh kalian di atas dengan telapak tangan yang menahan beban tubuh kalian tanpa bergerak. Untuk pemula, kalian bisa mencoba untuk melakukan gerakan ini selama 1 menit. Jika sudah lebih kuat, maka kalian bisa menambah durasinya sesuai dengan kapasitas kalian.

Gerakan Kelima (Triangle Pose)

Sumber: idntimes.com

Gerakan yoga terakhir yang bisa kalian lakukan di rumah oleh pemula adalah Triangle Pose dimana kalian akan membentuk tubuh kalian seperti bentuk segitiga. Kalian akan membuka lebar kedua kaki di atas matras. Kemudian, secara perlahan tariklah salah satu tangan kalian ke bawah dan letakkan di samping kaki sambil menarik tangan yang satunya ke atas.

Posisi wajah kalian hadapkan ke atas sambil memastikan bahwa postur tangan kalian yang di bawah dan di atas lurus. Pertahankan posisi tersebut selama kurang lebih 20 detik, lalu tukar posisinya secara bergantian.

Nah, itulah beberapa contoh gerakan yoga yang mudah dan sederhana yang bisa kalian praktekkan di rumah yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Kami harap informasi yang kami bagikan pada artikel ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kalian serta bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian. Bila kalian mencari artikel lainnya yang berkaitan dengan masalah kesehatan, tidak perlu khawatir. Kami memiliki banyak artikel lainnya yang bisa kalian baca pada website kami yang tentunya tidak kalah bermanfaat. Selamat beraktivitas!

Latest articles