Gelaja Vertigo Menjelang Menopause, Yuk Simak Beberapa Faktanya

Menstruasi adalah keadaan dimana hampir kebanyakan wanita tidak menyukainya, itu karena mens akan menyebabkan sakit yang membuat tidak nyaman bagi wanita. Namun sebenarnya menstruasi itu memiliki banyak manfaat untuk tubuh wanita, seperti salah satunya yaitu tubuh yang dibersihkan atau istilahnya bisa dibilang sebagai pembersihan tubuh. Lalu sampai kapan wanita harus mengalami mens?

Wanita akan berhenti mengalami menstruasi, yaitu tepatnya ketika ia berada pada usia tua (40 sampai 50 tahun), dan ketika terjadi menopause maka menstruasi akan berhenti dan wanita tidak akan bisa hamil lagi karena ovarium tidak melepaskan sel telur lagi. Lalu apa gejala yang bisa mengidentifikasikan wanita terkena menopause, banyak yang bilang bahwa vertigo adalah salah satunya. Namun untuk lebih jelasnya, maka silahkan kalian simak artikel ini!

Mengenal Menopause Lebih Jauh

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, menopause adalah sebuah istilah apabila seorang wanita sudah tidak lagi mengalami menstruasi, dimana biasanya akan banyak dialami oleh wanita berumur tua seperti dari umur 40 sampai 50 tahun keatas. Menopause biasanya ditandai dengan 12 bulan sejak haid terakhir, atau lebih jelasnya apabila sudah 12 bulan tidak menstruasi maka benar wanita tersebut sudah berada di menopause.

Nah Gejala umumnya biasanya akan mencakup sensasi semburan panas dan kekeringan vagina, atau bisa juga ada dari gangguan tidur. Kombinasi gejala tersebut tentunya dapat menyebabkan kecemasan atau depresi. Dan menopause dianggap sebagai proses alami dengan penanganan yang berfokus pada gejala, dimana kekeringan vagina dapat ditangani dengan pelumas topikal atau hormon estrogen.

Ciri-Ciri Wanita Sudah Mau Menopause yang Perlu Kalian Ketahui

Berikut adalah ciri-ciri wanita yang akan menopause, selain perubahan siklus menstruasi:

  • Tubuh akan mengalami demam panas, ataupun bisa menjadi kemerahan atau berkeringat cukup banyak.
  • Terasa kering di bagian vagina, dan saat berhubungan akan mengalami nyeri pada bagian dalam.
  • Akan mengalami kesulitan menahan air kencing.
  • Adanya penurunan gairah seksual karena berkurangnya produksi hormon estrogen.
  • Biasanya ada rambut rontok atau kering.
  • Muncul perubahan emosi yang cenderung terlalu berlebihan, dimana itu semua dalam konteks emosi tidak baik.
  • Wanita akan mengalami susah tidur atau bisa dibilang insomnia.
  • Adanya sleep apnea (gangguan tidur berupa jeda nafas).
  • Saat mau menopause maka akan ada kurangnya hormon estrogen, sehingga itu akan mempengaruhi kondisi kulit wanita yang menjadi lebih kering.

Itulah ciri wanita yang sudah mau menopause, tetapi ada lagi ciri yang paling banyak dikenal yaitu akan ada vertigo pada wanita yang mau mengalami menopause.

Fakta Vertigo Terhadap Wanita Menjelang Menopause

Kenyataannya vertigo, penyakit pusing yang bisa membuat pikiran berputar-putar, ternyata adalah penyakit yang sudah umum akan ditemukan pada wanita menjelang menopause. Mengapa bisa demikian? Nah alasannya sebenarnya adalah, pada pusing vertigo itu mungkin terkait dengan perubahan kadar hormon yang terjadi selama menopause, atau bisa juga berkaitan dengan pertambahan usia dari wanita menjelang menopause. Jadi dengan begitu, maka tidak heran banyak wanita menjelang menopause akan mengalami vertigo.

Inilah Penyebab Vertigo Menjelang Menopause

  • Perubahan hormon menjelang mau menopause ternyata sudah diteliti dapat mempengaruhi respons tubuh terhadap insulin. Jadi dengan begitu maka tidak heran akan membuat tubuh jadi sulit untuk menjaga gula darah tetap pada kondisi stabil. Nah karena itulah maka perubahan kadar gula bisa membuat wanita mengalami pusing saat menopause.
  • Sudah banyak wanita yang mengalami perubahan keseimbangan, sinus, dan pendengaran sebelum menstruasi, dan karena begitu maka dengan adanya perubahan hormon selama menopause juga dapat mempengaruhi telinga yang berakibat pusing seperti vertigo.
  • Pusing juga dapat karena adanya perubahan kadar estrogen dalam tubuh wanita, yang mana itu dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular dan sarafnya.

Dan itulah artikel mengenai menopause, atau lebih tepatnya vertigo yang hadir menjelang wanita mau menopause. Semoga dengan adanya artikel ini anda mengerti dan paham tentang menopause dan juga vertigo yang dialaminya. Sekian dari Ensipedia, jangan lupa share artikel ini agar yang lain juga dapat manfaat dari artikel ini. Tentunya masih ada banyak artikel kesehatan yang menarik di Ensipedia.id yang bisa kalian simak.

Latest articles