Simak Beberapa Gelaja Kanker Serviks dan Apa yang Harus Kalian Lakukan Setelahnya

Dari sekian banyak jenis penyakit yang bisa menyerang wanita, yang merupakan penyakit paling mematikan dan ditakuti oleh setiap wanita adalah kanker serviks. Bahkan hal ini didukung oleh data WHO, dimana terdapat ribuan wanita yang meninggal di seluruh dunia yang disebabkan oleh kanker serviks.

Nah, untuk mengantisipasi terjangkitnya kanker serviks kepada kalian para wanita sekalian, maka di sini kami akan memberikan kalian informasi penting seputar gejala-gejala kanker serviks lengkap beserta dengan penanganan seperti apa yang seharusnya kalian lakukan bila sudah terlanjur terjangkit. Tanpa berpanjang lebar lagi, mari silahkan simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Kanker Serviks?

Kanker serviks atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti kanker mulut rahim adalah sebuah penyakit kanker yang tumbuh dan menyerang bagian mulut dan leher rahim pada wanita. Sebagaimana jenis penyakit kanker pada umumnya, sel-sel kanker yang tumbuh dan berkembang di daerah leher dan mulut rahim akan tumbuh secara perlahan dimana terkadang akan sulit untuk dideteksi yang membuat penderitanya tidak terlalu memperhatikan gejala-gejalanya. Sehingga pada akhirnya, ketika kanker serviks tersebut terdeteksi, si penderita sudah terlanjur masuk pada stadium lanjut.

Layaknya seperti jenis penyakit kanker lainnya, sel kanker yang menyebabkan kalian bisa terjangkit kanker serviks disebabkan karena adanya sel-sel sehat pada daerah leher dan mulut rahim yang secara tiba-tiba mengalami perubahan hingga bermutasi sehingga membuat pertumbuhan sel-sel tersebut menjadi tidak normal dan tak terkendali hingga akhirnya menjadi sel kanker.

Berdasarkan informasi yang banyak beredar, bermutasi nya sel-sel sehat tersebut hingga berubah menjadi sel kanker yang ganas dan berbahaya masih berhubungan dengan infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Penyebaran HPV ini sendiri terbilang cukup mudah, dimana ia bisa berpindah dan menyebar tidak hanya melalui cairan, namun juga bisa melalui sentuhan kulit. Bahkan penggunaan WC umum yang sudah terkontaminasi dengan HPV ini juga bisa berpindah dan menyebabkan seseorang terjangkit jika tidak dibersihkan dengan benar.

Untuk itu, kalian dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh dan diri kalian sebaik mungkin untuk menghindari terjangkit virus dan penyakit apapun ketika hendak menggunakan fasilitas umum.

Gejala Kanker Serviks dan yang Harus Dilakukan Setelahnya

Meski keberadaan kanker serviks pada stadium awal sulit untuk terdeteksi, namun bukan berarti kalian tidak bisa mengantisipasi untuk mengamati gejala-gejala apa saja yang mungkin bisa kalian perhatikan agar bisa melakukan penanganan tercepat untuk mengobatinya.

Gejala yang pertama adalah adanya rasa sakit ketika kalian melakukan hubungan intim dengan pasangan yang disertai dengan pendarahan yang cukup banyak. Selain itu, kalian juga merasa sakit ketika sedang buang air kecil bahkan sampai mengeluarkan darah pada urine.

Gejala selanjutnya adalah mengalami keputihan yang tidak biasa, dimana wujudnya encer dengan warna kecoklatan dengan aroma tidak sedap serta bercampur dengan darah.

Terlalu sering merasakan sakit di daerah pinggul, panggul dan punggung yang susah mereda juga merupakan salah satu gejala awal dari kanker serviks yang banyak diabaikan wanita karena dianggap hanya rasa sakit dan nyeri yang biasa. Berlebihnya jumlah darah yang keluar ketika menstruasi dibandingkan dengan pada biasanya juga gejala dari kanker serviks.

Gejala lainnya yang bisa kalian perhatikan untuk mendeteksi kanker serviks adalah adanya rasa sakit dan nyeri pada paha hingga mengalami pembengkakkan yang tidak biasa. Berkurangnya nafsu makan, turunnya berat badan hingga mengalami pendarahan secara tiba-tiba juga bisa menjadi gejala-gejala awal kanker serviks.

Untuk itu, para wanita disarankan secara rajin melakukan pemeriksaan organ intim dan reproduksinya dengan rutin, seperti melakukan tes pap smear setidaknya 2 tahun sekali. Hal ini dilakukan agar kalian bisa mengetahui kondisi organ intim dan reproduksi kalian serta bisa mendeteksi keberadaan kanker serviks bila memang ada secepat mungkin. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan organ intim dan reproduksi kalian dengan baik.

Lebih kurang itulah informasi penting seputar gejala-gejala kanker serviks yang sebaiknya kalian ketahui dan ingat yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga informasi tersebut bisa membantu kalian untuk menghindari terjangkit penyakit kanker serviks serta bisa mendeteksi keberadaannya secepat mungkin agar bisa cepat ditangani oleh ahlinya jika sudah terlanjur terjangkit.

Latest articles