Informasi Lengkap Tentang Gejala Sakit Ginjal dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Banyak orang memiliki penyakit ginjal dan sebagian besar tidak menyadarinya. Ada tanda-tanda fisik tertentu dari penyakit ginjal, namun sering dikacaukan dengan tanda-tanda gangguan lain. Selain itu, orang dengan penyakit ginjal tidak sering menunjukkan gejala sampai gagal ginjal atau ada jumlah protein yang signifikan dalam urin.

Banyak orang memiliki penyakit ginjal dan sebagian besar tidak menyadarinya. Ada gejala fisik tertentu dari penyakit ginjal, namun sering dikaitkan dengan gejala gangguan lain. Selain itu, orang dengan penyakit ginjal tidak sering menunjukkan gejala sampai gagal ginjal atau ada jumlah protein yang signifikan dalam urin.

Gejala Sakit Ginjal

  • Memiliki kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal bisa menjadi indikasi penyakit mineral dan tulang, yang umumnya terjadi bersamaan dengan penyakit ginjal lanjut dan terjadi ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat dalam darah Anda.

  • Melihat darah dalam urin Anda 

Ginjal normal mempertahankan sel darah dalam tubuh sambil menyaring limbah dari darah untuk menghasilkan urin, tetapi ketika filter ginjal rusak, sel-sel darah ini bisa bocor ke dalam urin.

  • Urin Anda berbusa

Gelembung yang berlebihan dalam urin, terutama yang mengeluarkan beberapa kali pembilasan sebelum menghilang, menunjukkan adanya protein dalam urin. Karena mengandung protein yang sama dengan telur, buih ini mungkin menyerupai buih yang terlihat saat mengacak telur.

  • Pembengkakan di sekitar mata

Fakta bahwa ginjal Anda melepaskan sejumlah besar protein dalam urin daripada menyimpannya di dalam tubuh dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar mata Anda.

  • Pergelangan kaki dan kaki Anda bengkak

Berkurangnya fungsi ginjal dapat menyebabkan penyerapan garam terganggu, sehingga terjadi edema pada kaki dan pergelangan kaki.

  • Otot Anda kram 

Ketidakseimbangan elektrolit dapat timbul sebagai akibat dari fungsi ginjal yang buruk. Kadar kalsium dan fosfor yang rendah, misalnya, dapat menyebabkan kram otot jika tidak diatur dengan hati-hati.

Cara Mencegah Sakit Ginjal

Anda dapat melindungi ginjal Anda dengan mencegah atau mengelola kondisi kesehatan yang menyebabkan kerusakan ginjal, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini dapat membantu menjaga kesehatan seluruh tubuh Anda, termasuk ginjal Anda.

  • Makan makanan sehat

Pilih makanan yang sehat untuk jantung dan seluruh tubuh Anda: buah-buahan segar, sayuran segar atau beku, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak. 

  • Olahraga Rutin

Aktiflah selama 30 menit atau lebih di hampir setiap hari. Tambahkan lebih banyak aktivitas dalam hidup Anda dengan kiat-kiat ini untuk membantu Anda menjadi aktif.

  • Berat badan ideal

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, bekerjalah dengan penyedia layanan kesehatan atau ahli diet Anda untuk membuat rencana penurunan berat badan yang realistis. 

  • Tidur yang cukup

Setiap malam, usahakan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam. Ambil tindakan untuk membenahi pola tidur Anda jika Anda mengalami kesulitan tidur.

  • Menjaga gula darah

Memeriksa glukosa darah Anda atau gula darah adalah cara penting untuk mengelola diabetes Anda.

  • Menjaga tekanan darah

Target tekanan darah bagi kebanyakan penderita diabetes adalah di bawah 140/90 mm Hg. 

  • Berhenti merokok

Berhenti merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. Dapatkan bantuan ahli sehingga Anda tidak perlu melakukannya sendiri.

Nah, itulah tadi artikel Informasi Lengkap Tentang Gejala Sakit Ginjal dan Bagaimana Cara Mencegahnya. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca artikel ini terutama bagi kalian yang sedang merasakan gejala sakit ginjal dan kalian yang ingin mencegah penyakit ginjal. Jika anda merasa memiliki gejala yang tertulis diatas dengan kondisi yang cukup mengkhawatirkan dan mengganggu aktivitas anda sehari-hari sebaiknya konsultasi dengan ahlinya untuk cara mengatasi atau menyembuhkannya.

Latest articles