Simak Gejala Penyakit Jantung dan Juga Cara Penanganannya dengan Tepat

Tubuh yang sehat dan bugar adalah aset paling mahal dan berharga yang harus dijaga sebaik mungkin oleh setiap orang. Sebab, bila sudah sakit, maka yang susah bukan hanya diri kalian sendiri, tetapi juga orang-orang disekitar kalian. Namun, faktanya meskipun kalian sudah menjaga pola makan dan hidup yang sehat pun, nyatanya resiko terkena penyakit akan selalu ada.

Salah satu penyakit yang akan selalu menjadi mimpi buruk sebagian besar orang Indonesia adalah penyakit jantung dimana kedatangannya tidak bisa diprediksi dan tidak mengenal usia. Untuk itu, pada artikel ini kami akan membahas dan memberitahukan kalian tentang gejala penyakit jantung lengkap beserta dengan cara penanganannya dengan tepat. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Simak Gejala Penyakit Jantung

Jika ingin dijabarkan secara lengkap, penyakit jantung sendiri memiliki beberapa jenis dimana gejala-gejala yang dialami oleh penderitanya akan berbeda sesuai dengan jenisnya.

Pertama, ada penyakit jantung koroner (PJK) yang bisa terjadi akibat adanya penyempitan aliran darah ke jantung karena pembekuan darah di dalam arteri. Sehingga akan menghambat peredaran darah dan oksigen ke jantung yang membuat jantung tidak bisa berfungsi secara normal. Untuk penyakit jantung koroner sendiri, gejala yang biasanya muncul adalah nyeri dada, sesak nafas, keringat dingin, mual serta dada berdebar.

Tidak sampai disitu, nyeri dada yang dirasakan oleh penderita penyakit jantung koroner ini bahkan bisa merambat hingga ke leher, rahang, punggung, lengan hingga tenggorokan. Bila dibiarkan tanpa pertolongan pertama, kondisi penderita bisa memburuk dan mengalami komplikasi berupa serangan jantung.

Selanjutnya, perlu kalian ketahui, bahwa terkadang ada pula penyakit jantung yang gejalanya tidak terlalu kentara, sehingga luput dari perhatian kalian. Bila kalian sering merasa cepat lelah, nyeri dada, pusing, serasa ingin pingsan dan dada berdebar, maka kalian perlu waspada sebab bisa jadi irama pada jantung kalian mengalami gangguan. Gangguan ini biasanya disebut aritmia. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kalian dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan kalian disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Sementara pada kasus penderita gagal jantung biasanya gejala yang terlihat adalah sesak napas yang dibarengi dengan batuk-batuk saat berbaring, nyeri dada selepas melakukan aktivitas fisik, mudah merasa lelah serta terjadinya pembengkakan pada tungkai dan pergelangan kaki.

Penanganan Pertama Penyakit Jantung

Kini kalian telah mengetahui apa-apa saja gejala yang biasa terlihat pada penderita penyakit jantung. Nah, sekarang kalian juga perlu mengetahui penanganan pertama seperti apa yang harus kalian lakukan pada pasien penderita penyakit jantung.

Jika pasien tersebut masih dalam keadaan sadar, maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencoba untuk menenangkan pasien sambil segera menghubungi ambulans. Selagi menunggu ambulans datang, bantulah pasien untuk mengistirahatkan dirinya dengan duduk di kursi, lantai maupun bersandar pada dinding. Untuk meminimalkan resiko cedera bila sewaktu-waktu pasien pingsan, maka sangat disarankan untuk mendudukkan pasien di lantai.

Selanjutnya, mulailah untuk melonggarkan semua pakaian yang dipakai oleh pasien. Bila pasien memiliki obat yang memang telah diresepkan oleh dokternya, maka segera berikanlah obat tersebut dengan cara meletakkan obat tersebut di bawah lidahnya.

Janganlah sekali-kali memberikan makanan maupun minuman kepada pasien yang mengalami kondisi ini melalui mulutnya, karena hal tersebut bisa berakibat fatal. Serta usahakan kalian untuk tetap bersama dan menemani pasien selagi menunggu ambulans datang dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Sementara bila pasien dalam keadaan tidak sadarkan diri alias pingsan, maka setelah menghubungi ambulans kalian bisa membaringkan pasien di tempat yang datar. Sebagai catatan, jika kalian memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang resusitasi jantung paru (RPJ), maka disarankan kalian untuk melakukannya kepada pasien. Tetapi, jika tidak, maka sebaiknya kalian cukup menjaga pasien tetap stabil sampai ambulans datang untuk membawa pasien ke rumah sakit terdekat.

Lebih kurang itulah beberapa informasi penting seputar gejala penyakit jantung lengkap beserta dengan penanganan pertamanya yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Informasi tersebut perlu kalian tahu dan ingat bila sewaktu-waktu kalian berada pada situasi yang dihadapkan pada pasien penyakit jantung, sehingga kalian tidak bingung dan bisa memberikan pertolongan pertama sebelum ambulans datang. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan tetap jaga kesehatan semuanya!

Latest articles