Simak Gejala Kanker Payudara dengan Agar Tidak Salah Penanganannya

Kanker payudara adalah salah satu penyebab utama kematian pada wanita. Jenis kanker ini muncul karena sel pada jaringan payudara tidak terkendali lagi sehingga bisa menyebar ke jaringan payudara dan sekitarnya. Untuk mengurangi resiko tersebut, maka sebaiknya kalian harus mengetahui gejala kanker payudara sejak dini. Sebab hingga saat ini pun untuk penyebab pastinya belum diketahui pasti.

Akan tetapi, pakar kesehatan meyakini bahwa ini disebabkan karena kerusakan pada sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara. Ada beberapa kondisi yang akan meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara seperti pola hidup tidak sehat, paparan radiasi, berat badan berlebih, masalah hormonal, menopause terlambat, menstruasi lebih dini, dan juga faktor genetic.

Apa Saja Gejala Kanker Payudara

Apabila kalian menemui gejala kanker payudara seperti dibawah ini, maka sebaiknya jangan pernah diabaikan, antara lain:

  • Benjolan di Payudara

Ini adalah gejala yang paling mudah kalian kenali. Jaringan payudara membentang luas hingga ke bawah lengan. Kemudian benjolan juga kemungkinan muncul di sekitar dada atas ataupun ketiak. Penyebaran sel kanker ini sendiri bisa melalui kelenjar getah bening dekat payudara ataupun di bagian bawah lengan. Benjolan ini tak akan bisa dilihat dengan mata telanjang, tetapi kalian bisa menyentuhnya.

  • Perubahan Warna Kulit Payudara

Tekstur kulit payudara yang mulai berubah seringkali diindikasikan sebagai gejala awal kanker ini. sel kanker juga akan menyerang sel-sel kulit yang sehat sehingga menyebabkan munculnya inflamasi dan warna kulit pun akan berubah. Namun, kebanyak orang tidak menyadarinya karena menganggap ini hanyalah infeksi kulit biasa.

  • Keluar Cairan Berwarna dari Putting

Ini ditandai dengan adanya luka mirip eksim yang tak kian sembuh pada putting kalian. Kemudian puting akan mengeluarkan cairan  kental atau encer. Jika sudah seperti ini, sebaiknya kamu segera lakukan pengecekan. Cairan yang keluar biasanya berwarna kuning, hijau, bening, atau coklat kemerahan seperti darah.

  • Kelenjar Getah Bening Membengkak

Perpindahan sel kanker ke kelenjar getah bening akan menimbulkan pembengkakkan. Selain di ketiak, kelenjar dekat tulang selangka biasanya juga akan ikut membengkak.

Penanganan Pertama Kanker Payudara

Jika memang gejala kanker payudara tersebut kalian rasakan, maka penangan pertama yang akan diberikan biasanya tergantung dari jenis kanker payudara yang sedang dialami. Hal tersebut juga dilihat dari stadiumnya. Salah satu cara penangannya adalah terapi bedah. 

Biasanya pasien akan mendapatkan lebih dari satu jenis penanganan, mulai dari biopsy untuk pengambilan jaringan dan memastikan apakah itu memang sel kanker atau tidak, tindakan mastektomi untuk pengangkatan seluruh jaringan payudara, atau tindakan Breast Conserving Surgery (BCS) untuk operasi pengangkatan sel kanker pada sebagian payudara saja.

Kemudian untuk kelenjar getah bening yang juga ikut terdampak, maka bisa dilakukan Sentinel Lymph Node Biopsy (SLNB). Ini untuk menemukan serta mengangkat KGB pertama, dimana tumor kemungkinan akan menyebab. Kemudian juga bisa dengan Axillary Lymph Node Dissection (ALND) yaitu dengan pengangkatan kelenjar getah bening sebanyak 20 buah, pada daerah ketiak atau aksila.

Sementara untuk memperbaiki kecacatan yang muncul karena operasi payudara maka yang bisa dilakukan adalah beda rekonstruksi yaitu menggunakan implant atau menggunakan jaringan tubuh lain. Cara ini akan sangat berguna dalam membentuk kembali payudara. Selain itu, untuk memaksimalkan pengobatan setelah operasi payudara maka bisa diberikan terapi adjuvant jika ada indikasi seperti kemoterapi, terapi hormonal, atau terapi radiasi agar mencegah kanker datang kembali.

Itulah gejala kanker payudara yang harus kalian kenali sejak dini. Kemudian dia rtas juga telah dijelaskan berbagai penangan pertama yang bisa dilakukan dengan melihat jenis kanker payudara yang dialami. Untuk mencegah kanker payudara tersebut maka mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat, makan yang seimbang, rutin olahraga, serta hindari diri dari paparan sinar matahari langsung dan juga bahan kimia berbahaya.

Latest articles