Apa Itu Anthropophobia Bagaimana Gejala dan Cara Penyembuhannya

Phobia merupakan perasaan takut berlebihan yang dirasakan seseorang terhadap suatu objek atau situasi tertentu. Tidak hanya sampai disitu, dengan rasa takut yang berlebihan itu dapat menyebabkan depresi, kecemasan, bahkan hingga kepanikan yang parah. 

Bukan suatu hal yang sepele phobia dapat membahayakan penderitanya. Tidak seperti rasa takut biasa, phobia bisa kambuh meskipun pemicu nya tidak ada di depan matanya. Jika dibiarkan begitu saja, phobia dapat menganggu mental dan fisik penderitanya. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui jenis, gejala serta cara penyembuhan nya. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis phobia terhadap orang lain, simak artikelnya yuk!

Apa itu Anthropophobia?

Anthropophobia merupakan salah satu jenis phobia yang menyebabkan penderitanya memiliki rasa takut terhadap orang lain. Biasanya gangguan ini bersifat sementara, dan lebih sering terjadi pada rentan usia anak-anak hingga remaja.

Penderita phobia ini biasanya akan merasa lebih nyaman jika berkomunikasi melalui virtual seperti chat, email, atau pesan. Penderita juga memiliki kecendrungan bermasalah pada komunikasi, karir, percintaan, pendidikan, dan aspek lainnya karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial.

Penyebab Anthropophobia

Umumnya phobia ini terjadi karena faktor masa lalu atau memiliki pengalaman yang buruk sampai akhirnya bermanifestasi menjadi rasa takut yang berlebihan dan tidak rasional. Meskipun penyebab nya tidak bisa dipastikan, namun ini beberapa faktor penyebabnya:

  • Faktor genetik
  • Perubahan fungsi otak
  • Pengaruh lingkungan
  • Mengalami peristiwa buruk terhadap seseorang
  • Traumatis intens terhadap seseorang di masa lalu
  • Masalah fisik yang memicu kekurangan produksi kelenjar adrenal

Gejala Anthropophobia

Biasanya ciri-ciri orang yang mengidap anthropophobia akan merasakan:

  • Rasa cemas dan ketakutan yang berlebihan ketika ingin berkomunikasi dengan siapapun
  • Menghindar dari keramaian orang, acara besar, situasi tertentu yang mengundang banyak orang
  • Lebih nyaman dan tenang berdiam diri dirumah sendirian
  • Sulit bahkan tidak ingin bergaul dengan siapapun
  • Merasa cemas dari segi fisik dan psikologi untuk mengenal orang
  • Rasa takut yang berulang terhadap orang lain selama kurang lebih 6 bulan.

Jika anda mengalami kriteria diatas, segera periksakan diri anda ke dokter. Untuk mencegah hal yang lebih parah terjadi.

Cara Pengobatan Anthropophobia

Mengobati phobia ini tidak selalu harus dengan obat, banyak cara-cara yang biasanya akan dilakukan terlebih dahulu oleh para ahli dibidangnya untuk menyembuhkan phobia ini, seperti:

Pengobatan Anthropophobia dengan Terapi Pemaparan

Cara yang pertama yaitu melakukan terapi dengan metode pendekatan menggunakan objek atau situasi. Misalnya, penderita akan diminta untuk melakukan komunikasi terhadap seseorang dengan intens, kemudian bertahap menjadi dua orang dan seterusnya sampai penderita dapat mengubah pola pikirnya bahwa berinteraksi dengan manusia bukanlah suatu hal yang berbahaya.

Pengobatan Anthropophobia dengan Terapi Perilaku Kognitif

Melalui cara ini biasanya terapis atau psikolog akan memberi pengertian secara perlahan dan sudut pandang baru yang lebih baik tentang hal-hal yang anda takuti. Hingga akhirnya perlahan anda akan belajar dan berusaha memahami semua hal yang anda takuti bukanlah hal yang membahayakan sampai akhirnya anda bisa menaklukan rasa takut yang tidak beralasan tersebut.

Pengobatan Anthropophobia dengan Latihan Relaksasi

Dengan melakukan latihan relaksasi secara rutin akan membantu penderita phobia merasa lebih tenang menghadapi rasa takut. Beberapa latihan relaksasi yang dapat dilakukan seperti yoga, meditasi, atau jenis olahraga lain yang membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Pengobatan Anthropophobia dengan Obat-obatan

Cara terakhir yang mungkin harus anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi obat yang diberikan oleh doktet, biasanya ini akan dilakukan ketika segala jenis terapi sudah tidak mampu menyembuhkan phobia seseorang. 

Itulah informasi seputar anthropophobia yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda tentang kesehatan, masih banyak informasi menarik lainnya yang bisa anda baca di website kami.

Latest articles