Berapa Dosis Vitamin C Perhari yang Bagus untuk Tubuh? Yuk Simak Disini!

Agar tidak mudah terserang penyakit, mengkonsumsi vitamin C merupakan pilihan yang baik. Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu jenis nutrisi yang mudah larut dalam air. Nutrisi jenis ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas yang juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan maupun sayuran seperti brokoli, jeruk, mangga, kale dan masih banyak lainnya. Selain itu vitamin C juga terdapat dalam bentuk suplemen. Untuk konsumsi harian kebanyakan orang mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, lalu berapakah dosis vitamin C yang di butuhkan oleh tubuh? Apakah aman jika di konsumsi setiap hari? Oleh karena itu kali ini kita akan membahas seputar vitamin C.

Berapa Dosis Vitamin C  Perhari?

Sudah dapat dibuktikan mengkonsumsi vitamin C setiap hari merupakan hal yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan dengan mengkonsumsi lebih banyak vitamin tersebut dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sebanyak 30%. 

Fakta lainnya mengatakan vitamin C juga bermanfaat bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi, selain itu vitamin C juga baik bagi anda yang sering terpapar asap rokok maupun polusi.

Mengetahui banyak nya manfaat yang bisa kita peroleh dari vitamin C. Pada dasarnya mengkonsumsi vitamin C setiap hari diperbolehkan hanya saja ada dosis/ takaran yang berlaku bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Berapa Dosis Vitamin C Perhari Untuk Orang Dewasa?

Mengkonsumsi vitamin C setiap hari tentu diperbolehkan asal tidak berlebihan. Dosis vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya diukur oleh usia namun juga dari jenis kelamin, maka dari itu orang dewasa hingga lansia membutuhkan vitamin C sebanyak 75mg untuk wanita dan 90mg untuk pria. 

Berapa Dosis Vitamin C Perhari Untuk Anak-Anak?

Seperti yang telah kita ketahui kebutuhan vitamin ini tidak hanya diukur oleh jenis kelamin namun juga dari segi rentan usia. Ternyata anak-anak pun memiliki kebutuhan vitamin C yang berbeda jika dinilai dari faktor usianya, berikut kebutuhan vitamin C untuk anak-anak:

  • 1 – 3 tahun membutuhkan 40mg vitamin C
  • 4 – 9 tahun membutuhkan 45mg vitamin C
  • 10 – 12 tahun membutuhkan 50mg vitamin C
  • 13 – 15 tahun membutuhkan 65mg vit. C untuk wanita dan 75mg vit. C untuk pria.

Efek Samping Kelebihan Vitamin C

Pada dasarnya vitamin C merupakan nutrisi yang mudah larut dalam air oleh karena itu jika anda mengkonsumsi vitamin C melebihi dari batas kebutuhan tubuh. Tidak akan ada reaksi apapun, karena akan ikut dikeluarkan oleh urin.

Namun bagi sebagian orang dengan metabolisme tertentu bisa menjadi hal yang sensitif terhadap jumlah vitamin C yang berlebihan, biasanya akan terjadi reaksi seperti diare, kram perut, mual muntah, insomnia, hingga sakit kepala.

Tetapi hal tersebut bisa di siasati, bagi anda yang memiliki metabolisme tertentu sebaiknya anda mengkonsumsi vitamin C setelah makan berat atau dalam keadaan perut terisi sehingga dapat mencegah terjadinya reaksi-reaksi yang telah disebutkan.

Kapan Tubuh Memerlukan Vitamin C Lebih Banyak?

Disamping kelebihan vitamin C merupakan hal yang aman, nyata nya ada beberapa kondisi tubuh manusia yang memerlukan vitamin C lebih banyak dari dosis normal nya. Biasanya hal tersebut diperlukan jika anda mengalami hal-hal seperti:

  • Luka ditubuh sulit kering atau lama sembuh
  • Jika kulit anda kering
  • Jika mengalami gusi berdarah

Dari sini dapat disimpulkan mengkonsumsi vitamin C sesuai dengan kebutuhan merupakan hal yang baik untuk kesehatan, bahkan jika kelebihan pun bukan menjadi masalah besar karena bisa langsung di sekresikan ikut keluar melalui urin. Jadi pastikan kebutuhan vitamin C anda terpenuhi dengan baik dengan mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin C.

Itulah informasi seputar kebutuhan vitamin C untuk tubuh yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda tentang kesehatan, jangan lewatkan juga informasi beragam lainnya di website kami.

Latest articles