Yuk Kenali dengan Mudah Ciri-Ciri Orang Hamil dan Tanda-Tanda Kehamilan

Kehamilan pstinya hal-hal yang sangat kalian tunggu bukan? Apalagi untuk pasangan suami istri yang baru saja menikah. Sehingga keberadaan sang buah hati menjadi hal yang sangat diidolakan. Umumnya gejala kehamilan tidak akan diketahui semua orang. Sebab, tidak semua wanita juga bisa mengenali ciri-ciri orang hamil dan ini termasuk tanda-tanda kehamilan yang tidak disadari.

Namun ada kalanya tanda-tanda awal kehamilan ini juga mengocok kalian sebab hampir sama dengan tanda-tanda saat menstruasi. Jika kalian tidak mengetahuinya dengan pasti, maka tentu saja akan membahayakan kehamilan nantinya. Sebaiknya kalian harusnya mempersiap diri dari sekarang yaitu membekali diri dengan pengetahuan seputar kehamilan.

Ciri-Ciri Orang Hamil

Adapun ciri-ciri orang hamil dibawah ini tak banyak disadari oleh sebagaian ibu hamil, antara lain:

  • Menstruasi yang Terlambat

Ini adalah gejala paling umum yang ditemui. Apabila biasanya menstruasi kalian teratur, maka keterlambatan seminggu saja itu sudah harus dicurigai. Oleh sebab itu, sebaiknya kalian segera cek ke dokter atau bisa lakukan uji tes kehamilan. 

  • Morning Sickness

Ciri-ciri yang dirasakan orang hamil kedua adlaah adanya rasa tidak nyaman di pagi hari. ini disbeabkan akrena danya perubah hormo tubuh dalam darah dan berujung pada timbulnya rasa sakit di lapisan perut. Kemudian kadang juga disertai rasa mual.

  • Sering Buang Air Kecil 

Adanya perubahan hormon dalam darah akan mengakibatkan sirkulasi darah menjadi meningkat. Sehingga ginjal akan bekerja lebih keras dan air seni pun diproduksi lebih banyak. Jika kehamilan semakin besar, maka janin juga semakin besar sehingga organ seperti kandung kemih akan ditekan akibatnya kandung kemih lebih cepat penuh dan kalian akan sering buang air kecil.

  • Mudah Lelah

Kelelahan yang dirasakan terjadi akibat meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh. Hormon ini adalah depresan alami dalam sistem saraf pusat sehingga kalian akan lebih sering mengantuk. Kemudian di trimester 1 tubuh juga akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan hormon dan memproduksi banyak darah agar nutrisi si janin terpenuhi.

Memastikan Tanda-Tanda Kehamilan

Ciri-ciri orang hamil di atas memang akan dirasakan oleh sebagian ibu hamil namun bagaimana dengan ibu hamil yang tidak menyadarinya? Seperti yang kalian ketahui, kadang tanda-tanda di atas juga tidak selalu merujuk pada kehamilan dan bisa juga jadi pertanda untuk gejala penyakit tertentu.

Untuk mengatasinya maka langkah selanjutnya yang bisa digunakan yaitu dengan memastikan tanda-tanda tersebut melalui pengecekan dengan alat tes kehamilan. Alat tes kehamilan atau lebih dikenal dengan test pack banyak dijual di pasaran. Alat tes ini akan bekerja dengan cara melakukan pendeteksi pada hormon hCG yang diproduksi setelah terjadinya proses pembuahan.

Tes kehamilan ini dilakukan dengan cara mengambil sampel urin di pagi hari. Kemudian urin tersebut ditempatkan pada wadah bersih dan celupkan alat uji kehamilan tersebut. Setelah tunggu beberapa menit, cek alat tersebut apakah menunjukkan hasil positif atau negative. Kalian bisa lihat dan sesuaikan dengan petunjuk yang pada alat. 

Biasanya akan ditandai dengan kemunculan dua garis merah yang artinya positif. Sementara jika garis merah hanya satu artinya hasil negatif atau tidak hamil. Alat tes ini cukup akurat. Namun jika hasilnya negatif maka kalian bisa ulangi lagi satu minggu setelahnya untuk memastikan kembali apakah kalian benar-benar hamil atau tidak. Namun, jika ragu sebaiknya langsung lakukan konsultasi dan pemeriksaan pada dokter

Itulah ciri-ciri orang hamil serta cara memastikan tanda-tanda kehamilan tersebut. Sebaiknya tanda-tanda kehamilan memang harus dikenali sejak dini, agar tidak membahayakan kehamilan nantinya. Sebab jika tidak mengetahui bahwa kalian sedang hamil, maka pola hidup yang tidak disesuaikan dengan masa kehamilan bisa saja mempengaruhi janin yang ada di dalam perut.

Latest articles