Cara Mengobati Keputihan yang Membandel (Obat dan Herbal)

Keputihan adalah keluhan yang paling banyak dialami oleh para wanita. Keputihan memang sangat mengganggu dan kadang dalam kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan infeksi. Oleh sebab itu, kalian harus tahu cara mengobati keputihan tersebut sebelum keadaannya lebih parah. Kalian bisa gunakan obat keputihan di apotik atau juga bisa dengan menggunakan bahan alami yang khasiatnya sudah dirasakan banyak orang.

Keputihan ini tidak mengenal usia dan bahkan bisa saja terjadi pada wanita yang sudah berumur. Keputihan yang normal biasanya hanya akan berwarna putih, tidak berbau, tebal, dan lengket. Akan tetapi jika di luar ciri-ciri tersebut maka kalian direkomendasi untuk segera menggunakan obat keputihan.

Cara Mengobati Keputihan dengan Obat

Berikut ini direkomendasikan beberapa cara mengobat keputihan menggunakan obat dari dokter antara lain.

  • Flagyl Metronidazole

Kandungan metronidazol pada obat ini akan mencegah adanya pertumbuhan bakteri pada vagina. Kalian bisa memilih obat yang berbentuk pil untuk dikonsumsi. Selain itu juga bisa memilih obat gel untuk dioleskan pada area vagina.

  • Tiniwell Tinidazole

Pertumbuhan bakteri jahat pada area vagina juga bisa dicegah dengan obat ini. Obat ini berbentuk tabel dan kalian bisa dapatkan resepnya dari dokter. Minumlah obat ini sesuai dengan anjuran dosisi dari dokter.

  • Azithromycin

Keputihan yang disebabkan oleh bakteri penyakit menular gonore bisa disembuhkan dengan Azithromycin. Selain itu, kalian juga bisa gunakan untuk menghilangkan keputihan yang disebabkan karena radang di leher rahim.

  • Miconazole

Untuk kalian yang ingin lebih praktis maka bisa gunakan krim Miconazole ini. krim ini akan menghambat segala pertumbuhan bakteri serta jamur pada area vagina. Akan tetapi, kalian tidak boleh menggunakan krim ini lebih dari 7 hari sebab bisa menghilangkan bakteri baik pada vagina.

  • Doxycycline

Pilihan obat keputihan terakhir ini berbentuk kapsul dan bisa mengobati radang pada leher rahim yang menyebabkan keputihan. Selain itu doxycycline juga efektif dalam mengatasi keputihan karena penyakit seksual menular dan mencegah bau tak sedap pada area vagina tersebut.

Cara Mengobati Keputihan dengan Herbal

Adapun cara mengobati keputihan menggunakan bahan herbal antara lain.

  • Ketumbar

Rutin mengkonsumsi ketumbar bisa membantu kalian dalam menghilangkan keputihan. Caranya yaitu dengan merendam biji ketumbar semalaman. Kemudian pada pagi harinya diminum air rendaman biji ketumbar tersebut. Air ini diminum saat perut masih kosong.

  • Daun Jambu Biji

Daun jambu biji akan menghilangkan keputihan dengan mengobati rasa gatalnya. Cara penyajiannya juga cukup mudah, kalian hanya perlu merebus daun jambu biji. Kemudian air rebusan daun tersebut diminum. Konsumsilah air daun jambu biji secara rutin yaitu sebanyak dua kali dalam sehari.

  • Indian Gooseberry

Ini lebih dikenal dengan malaka. Malaka juga bisa mengatasi keputihan kalian sebab didalamnya terkandung vitamin C serta nutrisi penting lainnya yang berguna dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tak hanya keputihan saja yang bisa diobat dengan malaka ini. 

  • Daun Sirih

Ekstrak dari daun sirih akan membantu kalian dalam mengobati keputihan. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan air putih. Selain itu, kalian juga bisa basuh vagina dengan air rebusan tersebut. Di dalamnya daun sirih ini terdapat antijamur serta antibakteri yang bisa menghilangkan kuman dan bakteri penyebab keputihan.

  • Minyak Kelapa

Minyak ini bisa dimanfaatkan untuk masalah pada area sensitif seperti keputihan. Cukup kalian oleskan minyak ini pada area vagina setelah mandi.

Itulah cara mengobati keputihan menggunakan obat dan juga herbal alami. Disamping obat diatas maka kebersihan vagina juga harus dijaga agar mencegah keputihan muncul kembali. Kemudian juga sebaiknya hindari menggunakan celana ketat dan menyerap keringat terlalu lama. Sebab bisa jadi itu adalah media yang baik untuk memicu pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga akan berujung pada keputihan.

Latest articles