Penyebab Bentol dan Bagaimana Cara Mengobati Bentol Secara Alami

Kalian pasti pernah mengalami bentol dan gatal pada kulit dan badan, bukan? Hal ini tentu sangat menyebalkan dan membuat aktivitas kalian menjadi terganggu karena sensasi gatalnya yang tidak bisa tertahankan. Ada berbagai hal dan penyebab yang bisa menyebabkan bentol dan gatal yang terjadi pada kulit dan badan. Bisa akibat alergi, kulit terlalu sensitif, maupun efek kimia dari objek tertentu.

Sehubungan dengan permasalahan bentol dan gatal ini, maka pada pembahasan kali ini kami akan memberikan kalian seputar informasi penting tentang apa sajakah penyebab yang bisa menyebabkan bentol dan gatal yang kalian rasa lengkap beserta dengan cara mengobatinya secara alami. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Penyebab Bentol?

Bentol atau biduran yang muncul pada kulit dan badan kalian bisa muncul disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti alergi terhadap lingkungan, makanan, benda, suatu zat, maupun karena alergi lainnya. Rasa gatal yang muncul akibat bentol atau biduran tersebut muncul diakibatkan keluarnya zat histamin pada sistem imun kalian yang dipicu oleh beberapa penyebab tersebut.

Selain hal-hal di atas, penyebab bentol atau biduran juga bisa terjadi karena stress, reaksi terhadap perubahan suhu yang tidak biasa, baik panas maupun dingin, infeksi luka atau bisa juga karena penyakit tertentu, seperti penyakit tiroid atau kanker.

Bentol-bentol atau biduran yang muncul pada kulit dan badan biasanya akan berbentuk oval atau lingkaran dengan ukuran yang berbeda-beda dengan warna kemerahan serta dibarengi dengan rasa gatal yang bervariasi.

Pada beberapa kasus, bentol-bentol dan biduran yang terjadi bisa saja menghilang dan sembuh dengan sendirinya bahkan tanpa diberi pengobatan apapun. Namun, ada pula yang kasusnya lumayan parah dan lama untuk sembuh meski sudah diberikan pengobatan yang lengkap.

Untuk jenisnya sendiri, bila dikategorikan berdasarkan durasi munculnya bentol atau biduran ini, jenisnya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Yang pertama adalah bentol atau biduran akut, dimana rasa gatalnya suka muncul dan terjadi secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, namun dia akan sembuh dan kembali normal dalam beberapa hari;
  2. Sementara yang kedua adalah bentol atau biduran kronis, dimana rasa gatalnya datang secara berkala dan suka berulang dalam kurun waktu yang lumayan lama. Untuk penyembuhannya pun harus diberikan pengobatan yang cukup serius secara medis karena jika dibiarkan bisa semakin parah dan tak kunjung sembuh.

Cara Mengobati Bentol Secara Alami

Bagi kalian yang pernah mengalami bentol atau biduran namun masih belum tahu bagaimana cara mengobatinya secara alami dengan baik dan benar, tidak perlu khawatir. Karena kami memiliki beberapa informasi penting yang bisa kalian jadikan referensi untuk mengobati rasa gatal akibat bentol atau biduran yang kalian rasakan.

Menjaga kebersihan kulit adalah langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengobati bentol atau biduran yang kalian rasakan. Kalian bisa mencoba untuk membersihkan kulit dengan mandi menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa gatal yang ada. Disarankan pula untuk menggunakan sabun yang tidak membuat kulit menjadi kering. Gunakanlah sabun yang ada kandungan pelembabnya.

Mengompres bagian kulit dan badan yang terdapat bentol atau biduran dengan air dingin juga bisa kalian lakukan untuk mengurangi gejala yang muncul karena bentol atau biduran. Serta, gunakanlah pakaian yang longgar agar rasa gatal yang ada sedikit berkurang.

Mengoleskan lidah buaya pada area yang bentol juga salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengobati rasa gatal yang muncul akibat bentol atau biduran. Minyak esensial lavender yang mengandung anti inflamasi juga bisa dioleskan pada area yang bentol dan gatal.

Atau jika kalian tidak ingin repot, kalian bisa sediakan saja bedak atau krim anti gatal yang mengandung menthol yang sudah banyak dijual bebas di apotek atau minimarket. Cukup taburkan dan oles perlahan pada area yang bentol atau biduran yang gatal, maka perlahan rasa gatalnya akan berkurang.

Nah, itulah informasi penting seputar Penyebab Bentol dan Bagaimana Cara Mengobati Bentol Secara Alami yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Kami harap informasi yang kami bagikan pada artikel ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kalian serta bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian. Bila kalian mencari artikel lainnya yang berkaitan dengan masalah kesehatan, tidak perlu khawatir. Kami memiliki banyak artikel lainnya yang bisa kalian baca pada website kami yang tentunya tidak kalah bermanfaat.

Latest articles