Cara Menghitung Masa Subur Agar Cepat Dikaruniai Anak dan Hamil

Bagi kalian yang ingin merencanakan program kehamilan, ada beberapa hal dan cara yang harus kalian ketahui agar program kehamilan yang kalian lakukan bisa sukses dan membuahkan hasil. Salah satunya adalah dengan mengetahui masa subur sang calon ibu. Dengan mengetahui masa subur, maka persentase keberhasilan program kehamilan kalian bisa jauh lebih besar.

Buat kalian yang masih bingung bagaimana caranya untuk mengetahui masa subur, jangan khawatir! Di sini kami akan memberitahukan kalian penjelasan tentang Cara Menghitung Masa Subur agar Cepat Dikaruniai Anak dan Hamil. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Masa Subur?

Bila diartikan secara sederhana, masa subur pada wanita adalah masa yang paling bagus dan tepat untuk sperma membuahi sel telur. Dengan dibuahinya sel telur oleh sperma ketika sedang berada pada masa subur ini, maka persentase kehamilan yang akan terjadi pada wanita akan jauh lebih tinggi. Sehingga, kemungkinan untuk hamil pun juga lebih tinggi.

Sebagaimana masa menstruasi setiap wanita yang berbeda-beda, maka masa subur setiap wanita pun juga akan berbeda pula. Sebab, masa suburnya seorang wanita itu juga dipengaruhi dan ditentukan oleh siklus menstruasi wanita tersebut.

Siklus menstruasi para wanita bisa terjadi selama 21 hingga 35 hari, namun biasanya pada kebanyakan wanita siklus menstruasi yang mereka alami adalah selama 28 hari.

Nah, ketika seorang wanita sedang mengalami siklus menstruasi, ditengah-tengah siklus ini terdapatlah masa subur, yang apabila pada saat masa subur ini wanita tersebut melakukan hubungan intim dengan pasangannya, maka besar kemungkinan wanita tersebut akan hamil.

Namun, bila pada saat masa subur seorang wanita sedang berlangsung dan wanita tersebut tidak melakukan hubungan intim dengan pasangannya dan membiarkannya begitu saja, maka sel telur yang sudah matang dan sudah siap untuk dibuahi tadi akan mati. Seiring dengan matinya sel telur tersebut, maka akan membuat lapisan dinding rahim yang menebal akan luruh, sehingga akan membuat kalian mengalami siklus menstruasi.

Cara Menghitung Masa Subur Untuk Program Kehamilan

Guna untuk mengetahui kapan masa subur kalian  agar persentase program kehamilan yang sedang kalian lakukan bisa berpeluang tinggi, maka kalian perlu tahu bagaimana cara menghitung masa subur kalian.

Cara menghitung masa subur untuk program kehamilan ini sebenarnya terbilang gampang-gampang sulit, sebab yang kalian perlukan hanyalah catatan tentang siklus menstruasi kalian. Namun, karena terkadang siklus menstruasi yang kalian alami bisa berubah-ubah dan tidak tetap, maka setidaknya kalian harus sudah mempersiapkan catatan siklus menstruasi kalian untuk 8 bulan terakhir.

Kalian bisa menghitungnya dengan mengambil 2 siklus menstruasi terpendek dan terpanjang kalian dari siklus menstruasi 8 bulan terakhir tadi. Untuk siklus terpendek, kalian akan menguranginya dengan 18. Sementara untuk siklus terpanjang, kalian akan menguranginya dengan 11.

Sebagai contoh, apabila silus terpendek mestruasi kalian adalah 26 hari, maka kurangilah 26 dengan 18 yang menghasilkan 8, yang mana akan menjadi hari pertama kalian saat sedang berada pada masa subur. Sementara apabila siklus terpanjang menstruasi kalian adalah 28 hari, maka kurangilah 28 dengan 11 yang menghasilkan 17, yang mana akan menjadi hari terakhir kalian saat sedang berada pada masa subur.

Berdasarkan dari data di atas, maka masa subur kalian akan terjadi antara hari ke-8 hingga 17 sejak hari pertama siklus menstruasi. Oleh karena itu, akan sangat disarankan bagi kalian untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan diantara hari tersebut agar program kehamilan yang kalian rencanakan bisa berhasil.

Nah, itulah tadi informasi penting seputar Cara Menghitung Masa Subur agar Cepat Dikaruniai Anak dan Hamil yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga dengan informasi yang kami bagikan ini bisa membantu kalian para calon orang tua untuk segera dikaruniai anak dan hamil. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kalian selagi melaksanakan aktivitas ya!

Latest articles