Cara Menghitung Berat Badan Ideal Agar Tidak Selalu Merasa Kegendutan

Berat badan adalah salah satu topik sensitif yang sering kali membuat banyak orang merasa insecure dan tidak percaya diri. Apalagi bila sudah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Oleh karena itu, banyak orang-orang yang mendambakan untuk memiliki berat badan yang ideal agar tidak selalu merasa kegendutan.

Sesuai dengan pembahasan tentang berat badan yang ideal, maka melalui kesempatan ini kami ingin memberitahukan kalian tentang Cara Menghitung Berat Badan Ideal agar tidak selalu Merasa Kegendutan. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Mengetahui ideal atau tidaknya berat badan yang kalian miliki tidak semata-mata hanya untuk terlihat menarik dipandang mata, tetapi juga bisa memberitahukan kalian apakah tubuh kalian sehat atau tidak. Sebab, berat badan yang terlalu kurus maupun terlalu gemuk tentu akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius di kemudian hari.

Berdasarkan beberapa informasi umum yang ditemukan, kalian bisa menghitung berat badan yang ideal untuk seseorang adalah dengan menggunakan rumus Body Mass Index (BMI) atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut dengan Indeks Massa Tubuh (IMT).

Penggunaan rumus BMI atau IMT ini sangat umum digunakan dalam dunia kesehatan seperti medical check-up untuk menghitung berat badan yang ideal. Hal yang diperlukan untuk melakukan perhitungan berat badan menggunakan rumus ini pun cukup sederhana, yaitu berat badan dan tinggi badan saja.

Berikut adalah rumus BMI yang bisa kalian gunakan untuk menghitung berat badan ideal:

BMI = Berat Badan (kg) : Tinggi Badan (m)2

Contoh : Berat Badan yang kalian 50 kg dengan tinggi badan 160 cm (1,6 m).

Maka perhitungan BMI nya adalah sebagai berikut:

50 : (1,6)2 = 50 : 2,56 = 19,53 kg/m2

Berdasarkan perhitungan BMI, berat badan yang kalian miliki termasuk normal atau sehat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembagian kategorinya

  • < 17,0          : Sangat kurus
  • 17.0 – 18.5  : Kurus
  • 18.5 – 25.0  : Normal
  • 25.0 – 27.0  : Gemuk
  • > 27.0          : Sangat Gemuk

Hal yang Harus Dilakukan Saat Berat Badan Tidak Ideal

Jika kalian sudah melakukan perhitungan berat badan dan ternyata berat badan kalian tidak ideal, maka kalian perlu melakukan beberapa hal guna mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat.

Untuk kalian yang kegemukan, maka kalian bisa mulai melakukan diet sehat, yaitu dengan mengatur pola makan dan jumlah kalori yang harus dikonsumsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kalian. Namun, sebelum itu kalian juga harus menargetkan berapa berat badan yang kalian inginkan agar rencana diet kalian bisa lebih tertata rapi.

Dalam menetapkan target berat badan yang diinginkan, perlu kalian ingat untuk jangan terlalu menargetkan angka yang sangat drastis. Sebab, segala sesuatu yang dilakukan secara tiba-tiba dengan hasil yang drastis bisa berakibat buruk, begitu pula dengan diet. Lakukanlah penargetan sedikit demi sedikit tetapi secara berkala, agar tubuh kalian tidak terlalu kaget.

Selain melakukan diet sehat, kalian juga perlu mengimbanginya dengan melakukan olahraga yang teratur dan rutin. Jenis olahraga yang bisa kalian pilih bebas, tidak perlu yang terlalu berat. Asalkan dilakukan secara rutin dan teratur, maka hal tersebut sudah cukup baik.

Selanjutnya, kalian juga perlu menjaga pola tidur yang sehat dan teratur. Karena jika kalian tidak istirahat dengan baik dan benar, maka hal tersebut bisa mengganggu proses kalian dalam mendapatkan berat badan yang ideal.

Lebih kurang begitulah informasi seputar tentang Cara Menghitung Berat Badan Ideal agar tidak selalu Merasa Kegendutan yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Kami harap informasi yang kami bagikan pada artikel ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kalian. Sekaligus bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian. Bila kalian mencari artikel lainnya yang berkaitan dengan masalah kesehatan, tidak perlu khawatir. Kami memiliki banyak artikel lainnya yang bisa kalian baca pada website kami yang tentunya tidak kalah bermanfaat.

Latest articles