Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Efektif (Obat dan Herbal)

Komedo merupakan gumpalan massa sebum yang akan muncul sebagai bitnik putih ataupun hitam. Tak hanya pda kulit wajah, komedo pun juga bisa muncul di bagian tubuh seperti punggung, dada, leher, lengan, atau bahu. Akan tetapi, yang paling sering dijumpai di bagian kulit wajah. Cara menghilangkan komedo sangat mudah, kalian bisa lakukan pengobatan menggunakan herbal dan obat di apotik.

Pada umumnya obat bisa terbentuk karena munculnya sel kulit mati dan juga adanya produksi kelenjar minyak yang terlalu berlebih di kulit wajah. Selain itu adanya polusi, kelembaban udara, dan udara panas juga akan memicu timbulnya komedo sebab kelenjar minyak akan dirangsang sehingga menjadi aktif kembali.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Obat

Adapun cara menghilangkan komedo menggunakan obat yang dibeli di apotik sebagai berikut.

  • Salcura Antiac Acne Clearing Spray

Obat ini tak hanya bisa kalian gunakan untuk mengatasi jerawat, akan tetapi juga bisa menghilang komedo. Kandungan didalamnya adalah salicylic acid, gliserin, grapeseed oil, dan sunflower oil. Cukup semprotkan saja obat ini pada area komedo atau juga bisa dengan menggunakan kapas.

  • Isotretinoin

Biasanya obat ini digunakan untuk jerawat cystic parah dan efek sampingnya juga banyak. Namun ia juga efektif untuk menghilangkan komedo jika digunakan dengan benar. Obat ini bekerja dengan menekan produksi kelenjar minyak berlebih pada kulit wajah. 

  • Tretinoin

Ini adalah obat andalan untuk menghilangkan komedo. Tretinoin adalah turunan vitamin A dan bekerja dengan meningkatkan pergantian sel serta membuang sel kulit mati. Namun, sayangnya tretinoin bisa mengiritasi kulit. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya sebaiknya kalian minta dulu rekomendasi dokter agar dipilih dosis yang cocok dan tepat.

  • Krim berbahan dasar retinoid

Krim ini dikhususkan untuk perawatan komedo putih (whitehead). Retinoid akan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Selain itu juga berfungsi sebagai anti aging. Untuk kalian yang kulitnya sensitive, sebaiknya gunakan dulu produk retinoid 2 hari sekali. Namun, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mulai pemakaian.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Herbal

Adapun cara menghilangkan komedo dengan herbal sebagai berikut.

  • Tea Tree Oil

Tea tree oil akan menghilangkan kotoran serta minyak di kulit. Sifat antikomedogenik seperti antibakteri dan antiinflamasi yang dimiliki tea tree oil akan membantu kalian dalam menghilangkan komedo. Cukup oleskan tea tree oil di bagian komedo. Agar optimal kalian juga bisa campurkan dengan minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun.

  • Oatmeal

Oatmeal diketahui memiliki sifat anti inflamasi, menyejukkan kulit, dan membantu pengelupasan sel kulit mati. Sehingga ini juga akan berperan untuk menghilangkan komedo. Penggunaannya yaitu campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Lalu campurkan juga 3 sendok makan yogurt alami. Setelah itu oleskan pada kulit dan biarkan 15 menit lalu cuci dengan air bersih.

  • Kulit jeruk

Bagian kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C dan nutrisi yang bermanfaat untuk mengobat komedo. Cara pemakaiannya yaitu campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk dengan 2 sendok makan air mawar. Lalu aduk hingga tebentuk masker dan oleskanlah pada area komede. Terakhir cuci wajah dengan air bersih.

  • Stroberi

Kandungan AHA dalam Stroberi akan menghilangkan komedo. Penyiapannya yaitu buatlah buah stroberi ini menjadi masker dengan campuran madu lalu oleskan dan diamkan 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Itulah cara menghilangkan komedo menggunakan obat dan herbal. Untuk kalian yang kulitnya sangat sensitif sebaiknya pertimbangkan dulu pemakaian obat dan herbal di atas. Kalian juga bisa langsung tanyakan pada dokter terkait hal ini. Sebab pada beberapa orang yang tidak cocok bisa saja akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti alergi.

Latest articles