Inilah Cara Menggunakan Miconazole Nitrate Cream dan Kegunaan serta Fungsinya

Miconazole Nitrate merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit seperti kurap, gatal di selangkangan, tinea pedis, maupun infeksi kulit jamur lainnya (kandidiasis). Tidak hanya itu obat ini juga biasa digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang dikenal dengan pityriasis (tinea versikolor), yaitu penyakit kulit kamur sehingga menyebabkan penggelapan warna kulit pada area leher, dada, lengan, maupun kaki. Miconazole pada dasarnya merupakan obat anti jamur azole yang cara kerjanya menghambat atau mencegah pertumbuhan jamur. Bagaimana cara penggunaannya? Apa saja kegunaannya? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, artikel kali ini akan membahas mengenai kegunaan miconazole nitrate. Tanpa basa basi lagi, yuk simak pembahasan berikut ini!

Kegunaan dan Manfaat Miconazole Nitrate

Obat ini berupa salep yang digunakan untuk pemakaian luar bagi penderita penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Biasanya obat ini digunakan untuk tinea cruris, tetapi tidak hanya untuk itu obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati tinea pedis, yaitu infeksi jamur yang menyerang bagian kaki dan sela-sela jari. Untuk wanita obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada vagina. Dengan miconazole nitrate membantu meredakan rasa terbakar pada vagina, gatal serta cairan yang keluar akibat infeksi jamur pada kulit. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab infeksi pada kulit. 

Aturan Pakai Miconazole Nitrate

Aturan pakai obat ini disesuaikan dengan kondisi yang di tangani dan juga bentuk sediaan obat. Berikut dosis umum penggunaan nya:

Kondisi Infeksi Pada Mulut dan Tenggorokan

Dewasa dan Anak-anak 2 tahun ke atas

Gel yang terkandung miconazole 20mg/g: oleskan sebanyak 2,5ml 4x sehari, lanjutkan penggunaan obat setidaknya 1minggu meskipun gejala telah mereda.

Kondisi Candidiasis usus

Dewasa

Gel yang terkandung miconazole 20mg/g, oleskan 20mg/kg berat badan yang terbagi ke dalam 4 dosis. Dosis maksimal 1.000 mg (40ml)/hari. Lanjutkan penggunaan obat ini setidaknya 1minggu meskipun gejala telah mereda.

Kondisi Infeksi Jamur pada Kulit (tinea pedis, tinea cruris, tinea corporis, panu, candidiasis)

Dewasa dan Anak-anak

Krim/salep yang mengandung 2% miconazole: oleskan 2x sehari selama 2-6 minggu. Lanjutkan penggunaan setidaknya 1minggu meskipun gejala telah mereda. 

Kondisi Infeksi Jamur pada Vagina

Dewasa

Krim yang mengandung 2% miconazole: oleskan krim 1x sehari ke dalam vagina sebelum tidur selama 10-14 hari, atau 2x sehari selama 7hari

Tahapan ketika ingin menggunakan miconazole pada kulit, sebaiknya cuci dan keringkan kulit yang mengalami infeksi. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya, hal ini bertujuan agar tidak terjadi penyebaran pada daerah kulit lainnya. Untuk penggunaan miconazole pada vagina gunakan aplikator yang telah disediakan dalam kemasan. Untuk penggunaan oral gel atau mengobati infeksi pada bagian mulut sebaiknya anda jangan makan ataupun minum terlebih dahulu selama 30 menit setelah penggunaan obat miconazole. Hal ini bertujuan agar obat bekerja secara maksimal. Gunakanlah miconazole secara rutin dengan durasi waktu yang telah di tentukan oleh dokter guna hasil penyembuhan secara maksimal.

Efek Samping Penggunaan Miconazole Nitrate

Efek samping yang mungkin terjadi setelah pemakaian obat ini pada kulit, berupa:

  • Iritasi
  • Biduran
  • Hipopigmentasi
  • Terasa panas/perih pada kulit
  • Bengkak pada kulit
  • Kulit mengelupas
  • Dermatitis kontak
  • Kulit melepuh

Efek Samping Miconazole Nitrate Jika Digunakan pada Mulut:

  • Mulut kering
  • Perubahan rasa pada lidah
  • Mual muntah
  • Diare
  • Nyeri ulu hati

Sekian informasi lengkap mengenai kegunaan dan cara penggunaan miconazole nitrate yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menangani masalah serupa. Jangan lewatkan pembahasan artikel kami lainnya, dengan beragam topik yang menarik yang telah tersedia di website kami.

Latest articles