Bangga, Jembatan Kaca Terpanjang Se-Asia Tenggara Ada di Bali

ENSIPEDIA ID – Bagi kamu yang bosan dengan wahana wisata yang itu-itu saja, Bali Glass Bridge mungkin jawabannya. Jembatan ini diresmikan pada 11 November 2022 lalu. Bali Glass Bridge dinobatkan sebagai jembatan kaca terpanjang se-Asia Tenggara.

Desain Jembatan kaca ini sangatlah menarik. Dengan panjang 188 meter dengan lebar 2,2 meter, Bali Glass Bridge menghubungkan 2 wilayah, yaitu Banjar Tegenungan di Desa Sukawati dan Banjar Belangsinga di Desa Saba, Blahbatu Gianyar, Bali.

Di atas Sungai Petanu, kaca ini berdirih kokoh dengan ketinggian 66 meter. Karena berlapis kaca yang transparan, menyebrangi jembatan kaca ini tentunya dibutuhkan adrenali yang ekstra.

Keamanan Jembatan Kaca

Dari segi kemanan, jangan diragukan lagi. Material jembatan kaca ini terdiri dari 3 lapisan kaca dengan ketebalan 10 cm untuk masing-masing kacanya.

Di setiap sis jembatan terpasang pegangan setingi 1,5 meter. Pegangan ini menjadi pengaman dan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Pengelola Bali Glass Bridge mengungkapkan bahwa ketahanan jembatan kaca ini mampu menampung 500 pengunjung.

Tentunya sebelum dibuka secara resmi, terdapat uji coba untuk memastikan keamanan pengunjung. Uji coba dilakukan dengan cara dilewati kendaraan bermotor hingga dengan metode uji ketahanan menggunakan air bervolume tinggi.

Untuk mecegah hal-hal yang diinginkan, saat melewati jembatan kaca, pengunjung diwajibkan menggunakan alas kaki khusus. Tenang saja, itu semua sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Tarif dan Jam Buka

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba wahana ini, pihak pengelola mematok tarif sebesar Rp75.000 sampai dengan Rp150.000 untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, dipatok tarif Rp125.000 hingga Rp250.000.

Wahana ini bisa dikunjungi mulai dari jam 08.00 hingga 18.00 waktu setempat. Pihak pengelola masih melakukan kajian untuk mencoba membuka objek wisata ini saat malam hari.

Bagi kamu yang sering tonton video Tiktok tentang keseruan jembatan kaca, tak perlu khawatir. Saat ini, Bali juga sudah punya wahananya, loh. Jembatan kaca ini bahkan dinobatkan terpanjang se-Asia Tenggara. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?

Latest articles