Apakah Thalasophobia Merupakan Phobia Berbahaya? Bagaimana Cara Menanganinya? Yuk Simak Disini!

Bagi kebanyakan orang pergi berlibur ke area pantai merupakan hal yang menyenangkan, selain menyenangkan bermain dengan air laut dan ombak pemandangan yang disajikan juga menjadi sebuah pemandangan yang indah untuk di pandang. Tetapi sayangnya untuk sebagian orang hal tersebut merupakan hal yang menakutkan, bahkan menjadi sebuah bencana. Jika anda mengalami hal tersebut mungkin anda juga merupakan salah satu penderita phobia ini. Phobia yang mungkin anda alami yaitu thalasophobia. Thalasophobia merupakan jenis phobia yang timbul karena melihat hamparan laut atau bahkan perairan yang dalam. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai thalasophobia simak artikel berikut ini!

Apa itu Thalasophobia?

Thalasophobia merupakan jenis phobia dimana penderitanya mengalami rasa takut ketika melihat hamparan laut yang luas dengan perairan dalam. Rasa takut yang muncul terfokus pada lautan yang luas dan perairan yang dalam, yang dilihat oleh penderitanya sebagai tempat yang menyeramkan dan berbahaya. Thalasophobia merupakan salah satu jenis phobia spesifik yaitu disebabkan oleh satu objek tempat atau situasi tertentu. Tidak ada penelitian yang memberikan angka pasti seberapa banyak orang yang mengalami phobia ini, namun para peneliti menunjukkan kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan oleh seorang laki-laki.

Penyebab Thalasophobia

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu seseorang untuk mengalami thalasophobia, seperti:

  • Genetik

Meskipun ini merupakan sebuah phobia atau gangguan pada mental, namun nyatanya hal ini juga dapat disebabkan oleh genetik. Orang yang memiliki keluarga pengidap thalasophobia, besar kemungkinannya juga dapat menderita thalasophobia ini.

  • Traumatis

Kejadian tidak menyenangkan seperti pernah tenggelam, digigit hewan laut, atau pernah mengalami hal buruk tentang laut, hal ini bisa menjadi pemicu karena mengingat masa lalu yang buruk.

  • Gangguan pada fungsi otak

Hal ini dapat terjadi karena perkembangan fungsi otak yang kurang maksimal sehingga untuk merespon rasa takut belum berkembang dengan baik, phobia lebih mudah muncul, termasuk phobia pada laut. Sehingga berdampak pada rasa takut yang merespon secara otomatis serta menjadi penyebab tindakan yang irasional saat melihat bahkan hanya sekedar membayangkan lautan. 

Macam-macam Gejala Thalasophobia

Umumnya orang yang memiliki phobia pada suatu peristiwa atau objek akan merasa cemas, takut, hingga panik pada saat berhadapan dengan apa yang ditakutkannya. Tetapi selain itu thalasophobia juga memiliki gejala tersendiri, yaitu seperti:

  • Jantung berdebar
  • Pusing
  • Mual
  • Berkeringat dingin
  • Sesak napas

Gejala pada phobia lautan ini bisa muncul pada kondisi yang berbeda-beda, tetapi umumnya terjadi ketika penderita berada disekitar pantai, melihat ombak besar, berada di kapal di tengah lautan, atau berada dalam pesawat pada saat melintasi lautan. Pada kasus yang berat, gejala thalasophobia akan muncul hanya karena melihat atau bahkan mendengar sesuatu yang berhubungan dengan lautan. 

Pengobatan Thalasophobia

Seperti umumnya yang biasa dilakukan penderita phobia lainnya, langkah efektif yang diambil untuk menyembuhkan thalasophobia yaitu konsultasi langsung dengan seorang psikolog. Biasanya pada kasus phobia ini, psikolog akan menyarankan terapi perilaku kognitif, dengan tujuan utama agar dapat mengubah pola pikir dan respon penderita thalasophobia menjadi lebih realistis dan dapat berfikir positif.

Langkah pertama yang dilakukan oleh psikolog biasanya penderita dihadapkan pada sebuah gambar laut beserta isi di dalamnya kemudian penderita diperintahkan untuk memegang gambar tersebut, disamping itu psikolog akan menceritakan hal-hal rasional dan positif bahwa sebenarnya lautan bukanlah suatu hal yang berbahaya atau menakutkan. 

Biasanya hal ini akan dilakukan beberapa sesi, setelah beberapa sesi dirasa cukup, penderita biasanya diajak berinteraksi langsung dengan laut sembari mendengarkan cerita atau motivasi dari psikolog mengenai lautan dari sisi positif dan rasional. Terapi ini harus dijalankan secara rutin, dengan begitu secara perlahan-lahan penderita thalasophobia akan sembuh dan hilang total ketakutannya dengan laut. Hasilnya penderita tidak hanya dapat bermain di tepi pantai bahkan penderita akan berani berenang di lautan.

Itulah informasi lengkap mengenai thalasophobia atau phobia terhadap lautan yang telah di rangkum oleh tim Ensipedia.id semoga informasi ini bisa menambah ilmu pengetahuan anda atau bahkan dapat memecahkan masalah yang sedang anda alami. Jangan lupa simak artikel kami lainnya yang banyak tersedia di website.

Latest articles