Apakah Pediaphobia Berdampak Buruk? Simak informasinya!

Phobia atau fobia, adalah suatu kondisi keterbatasan karena dorongan kecemasan dan ketakutan akan sesuatu. Namun, fobia bisa dikatakan dapat memungkinkan menghambat orang yang mengidapnya, ditambah lagi juga dapat membatasi keberadaan ruang gerak seseorang melalui rasa cemas dan takut pada sesuatu yang ditakutinya. Nah di saat ini, fobia sudah tergolong banyak jenisnya, dan tentu masing-masing memiliki ketakutannya sendiri.

Contoh fobia yang saat ini cukup mengherankan, adalah fobia yang bernama Pedophobia atau Pediaphobia, yang mana jelas itu adalah salah satu fobia yang membuat seseorang takut terhadap sesuatu. Nah apa itu? Untuk mengetahui lebih jelasnya, maka kami akan jelaskan secara lengkap melalui artikel ini. Maka dari itu kalian yang belum tahu atau tidak tahu apa dampak buruknya Pediaphobia, maka simak artikel ini agar kalian bisa tahu semuanya tentang hal tersebut.

Mengenal Pediaphobia Atau Pedophobia yang Perlu Kalian Ketahui Lebih Lengkapnya

Kebanyakan orang dewasa, pastinya tidak akan takut dengan anak kecil, karena dari ukuran, pikiran, hingga emosi dan segalanya, tentunya seseorang yang berumur diatasnya jauh akan lebih mendominasi. Namun apakah bisa orang dewasa takut dengan anak-anak? Jawabannya yah bisa! Itu apabila seseorang mengidap fobia yang bernama Pediaphobia atau Pedhopobia.

Jadi Pediaphobia atau Pedhopobia adalah ketakutan berlebihan terhadap anak-anak, bayi, balita, atau bayi. Dan kata Pediaphobia sendiri berasal dari Paidia yang berarti anak-anak dan Phobos yang berarti keengganan atau ketakutan. Meski hanya sebuah ketakutan, tetapi jelas fobia satu ini bisa memiliki gejala atau dampak yang buruk para pengidapnya.

Gejala Para Pengidap Pediaphobia atau Pedophobia yang Perlu Diketahui Semuanya

Berikut adalah gejala umum yang akan dialami seseorang yang mengidap Pediaphobia atau Pedophobia:

 

  • Pengidap akan merasa cemas ketika memikirkan anak-anak kecil. Jadi walaupun tidak bertemu atau berinteraksi langsung, maka pengidap yang memiliki fobia terhadap anak kecil juga bisa mengalami kecemasan hanya dengan memikirkan atau melihat gambar anak-anak yang ia lihat.
  • Selain itu akan timbul kecemasan berlebih saat ia berada di dekat anak-anak. Tetapi itu tergantung pada tingkat keparahan fobia, karena biasanya para pengidap Pedophobia bisa mengalami kecemasan yang bervariasi tentang anak-anak. Namun tetap saja, saat bertemu atau berada di dekat anak-anak, maka pengidap biasanya langsung merasa cemas, panik, dan ingin melarikan diri secepat mungkin.
  • Karena takut, maka pengidap pastinya akan terus-menerus menghindari semua anak-anak yang ada. Dan seseorang yang memiliki fobia terhadap anak kecil, pastinya cenderung akan menghindari tempat-tempat di mana terdapat banyak anak-anak, seperti di taman bermain, dan lain sebagainya.
  • Parahnya lagi dari fobia satu ini, yaitu pengidap bisa saja tidak dapat mengatasi kecemasan mereka. Yang mana saat bertemu dengan anak kecil, maka pengidap Pedophobia akan langsung mengalami kecemasan atau ketakutan yang berlebihan yang seringkali tidak mampu mereka kendalikan, sehingga bisa saja pengidap menjadi terdiam lesu dan sebagainya.
  • Dengan adanya ketakutan yang berlebihan saat bertemu dengan anak kecil juga bisa membuat pengidap mengalami gejala fisik, seperti memicu jantung berdebar, telapak tangan berkeringat, pusing, mual ketegangan otot, dan gemetar, hingga bisa saja pingsan.

Jadi itulah segalanya yang perlu kalian tahu tentang Pediaphobia atau Pedophobia dalam artikel Ensipedia pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian tentang fobia satu ini, dan jangan lupa share kepada yang lainnya agar mereka juga tahu segalanya tentang fobia dalam artikel ini. Sekian dari kami, dan tentunya masih banyak lagi artikel menarik seputar berita, kesehatan, informasi, dan lain sebagainya dari kami, yang mana itu bisa kalian temukan di Ensipedia.id

Latest articles