Mengenal Apa Itu Trypophobia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Trypophobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan akan lubang yang padat. Orang yang memilikinya merasa tidak nyaman ketika mereka menatap bahan dengan lubang kecil yang berkumpul bersama. Kepala polong biji teratai atau tubuh stroberi, misalnya, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada seseorang yang memiliki ketakutan akan hal ini.

Ada beberapa orang yang secara tidak sadar ternyata memiliki fobia ini. Fobia ini memang belum diakui oleh pemerintah, tapi ada banyak orang yang beranggapan bahwa fobia ini memang jelas ada dan beberapa dari mereka beranggapan kalau fobia ini bisa disembuhkan dan ada yang beranggapan bahwa fobia ini merupakan gangguan mental yang harus disembuhkan. Kira-kira bagaimana caranya? Yuk simak lengkapnya!

Apa itu Trypophobia?

Trypophobia sering digambarkan sebagai “takut akan lubang”, tetapi penting untuk dicatat bahwa itu mungkin juga berlaku untuk gundukan atau pola lain yang berkerumun erat dan gambar atau penglihatan yang serupa dengan pola seperti itu. Ketika orang melihat objek pemicu, mereka mengalami gejala seperti ketakutan yang parah, mual, gatal, berkeringat, gemetar, dan bahkan serangan panik. Merasa jijik sering dilaporkan sebagai sensasi luar biasa, Sementara ketakutan adalah gejala umum yang dialami oleh orang yang menderita fobia ini.Trypophobia juga cenderung sangat visual. Melihat gambar seperti pola tersebut dimanapun dapat memicu perasaan jijik bahkan sampai gangguan kecemasan.

Fobia ini memang belum ada yang mengakuinya secara resmi. Hanya ada penelitian terbatas tentang trypophobia, dan penelitian ini hanya memperdebatkan apakah itu harus dianggap sebagai kondisi resmi atau tidak. Bahkan belum ada penelitian yang meresmikan cara untuk mengobati fobia ini. Depresi dan gangguan kecemasan sosial, menurut penelitian American Psychiatric Association, adalah penyebab trypophobia. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang yang memiliki fobia ini, para ahli medis biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang situasi sosial, seperti di mana Anda tinggal, riwayat psikologis keluarga Anda, catatan medis penderita, dan pengalaman hidup yang mengganggu kecemasan, serta bagaimana Anda merasakan suatu situasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Trypophobia

Meskipun tidak ada perawatan khusus untuk trypophobia, banyak perawatan yang digunakan untuk fobia spesifik lainnya cenderung mengurangi gejala trypophobia juga. Pengobatan fobia spesifik biasanya tergantung pada tingkat keparahan gejala dan riwayat medis individu. 

Modifikasi gaya hidup dapat mencakup strategi relaksasi, seperti memvisualisasikan gambar yang menenangkan, cukup istirahat, dan melatih perhatian, meditasi, atau yoga. Mengurangi asupan kafein dan meningkatkan aktivitas fisik dapat membantu individu mengurangi keparahan reaksi ketakutan mereka. Perubahan gaya hidup ini dimaksudkan untuk membantu mengurangi gejala ketakutan dan rasa jijik trypophobia

Pilihan psikoterapi biasanya menampilkan terapi eksposur (ET) atau terapi perilaku kognitif (CBT) yang dipimpin oleh profesional. Di ET, pengobatan melibatkan mengekspos individu ke situasi yang memicu trypophobia mereka, yang memberikan kesempatan pikiran mereka untuk beradaptasi dengan pemicu, memungkinkan manajemen yang lebih baik dari ketakutan mereka. Sementara CBT berfokus pada mengubah proses mental, emosional, dan perilaku individu dari situasi yang dapat merangsang rasa takut mereka akan lubang, kadang-kadang juga melibatkan paparan.

Bergantung pada situasi individu dan perawatan masa lalu, seorang profesional medis dapat meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengelola gejala trypophobia. Benzodiazepin (misalnya, lorazepam atau clonazepam) atau obat anti-kecemasan lainnya dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala kecemasan atau serangan panik. Beta-blocker juga dapat diresepkan, karena dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan rasa takut. Obat penenang juga dapat membantu rileks dan menenangkan tubuh dalam situasi pemicu.

Nah, itulah tadi artikel tentang  Apa Itu Trypophobia dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca artikel ini terutama bagi kalian yang merasa mengidap Trypophobia karena sudah mengenal penyakit yang diidap dan bagaimana cara mengatasinya. Jika anda merasa phobia ini sudah mengganggu aktivitas anda sehari-hari sebaiknya konsultasi dengan ahlinya untuk cara mengatasi atau menyembuhkannya.

Latest articles