Mengenal Apa Itu Staph Hominis dan juga Bagaimana Cara Menghindarinya

Banyak orang tentu sudah mengetahui bahwa bau badan di sebabkan oleh bakteri. Nah salah satu bakteri yang menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap yaitu staphyloccous hominis atau disingkat staph hominis. Bakteri yang hidup pada kulit ini menciptakan bau dari keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Untuk mengetahui informasi lengkapnya mengenai bakteri staphylococcus hominis ini, tanpa basa basi lagi yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu staphylococcus hominis?

Staphylococcus hominis merupakan bakteri yang menghasilkan protein yang bisa memecah molekul keringat menjadi senyawa yang menciptakan aroma bau tidak sedap. Senyawa tersebut memiliki bau yang sangat menyengat yang terbagi menjadi jumlah kecil. Bakteri ini menetap pada kulit tubuh manusia, terutama jika seseorang tersebut tidak menjaga kebersihan tubuh dan juga pakaiannya dengan baik. Contohnya, ketika kita melakukan banyak aktivitas diluar dan banyak berkeringat kita tidak segera mandi dan mengganti pakaian, maka bakteri ini akan semakin banyak jumlahnya yang menempel di kulit.

Penyebab munculnya bakteri staphylococcus hominis

Tubuh manusia merupakan tempat tinggal alami berkumpulnya para bakteri, kuman, virus, maupun jenis organisme mikroskopik lainnya. Termasuk sel-sel dan molekul yang membentuk lingkungan habitat yang dikenal dengan mikrobioma kulit. 

Kesehatan mikrobioma kulit setiap tubuh manusia berbeda-beda, biasanya tergantung pada genetik, pola makan, hingga kesehatan secara umum. Bahkan kadar rambut yang tumbuh dari folikel, minyak, keringat, produksi sel kulit mati juga memiliki peran dalam menciptakan mikrobioma kulit kita. Keringat dan minyak yang dihasilkan kulit membentuk lapisan asam yang melindungi kita dari paparan sinar ultraviolet, angin, dan juga penyakit. Lapisan ini juga dapat berperan untuk membatasi jumlah dan jenis bakteri yang mampu hidup pada kulit kita. Sebab itulah mengapa bau badan setiap orang berbeda-beda. 

Cara menghindari bakteri staphylococcus hominis 

Tidak dapat di pungkiri pada setiap tubuh manusia terdapat bakteri staphylococcus hominis. Tetapi, beberapa orang dengan kondisi tertentu memiliki bakteri staphylococcus hominis pada tubuhnya dalam jumlah yang lebih banyak. Salah satu contohnya yaitu orang yang aktif mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak berpotensi memiliki bakteri ini dalam jumlah banyak juga. Meskipun hal ini tidak dapat di hilangkan tapi setidaknya pertumbuhan bakteri ini pada kulit kita dapat kita minimalisir dengan beberapa cara, yaitu:

  • Mandi dua kali sehari

Kebersihan tubuh adalah kunci utama agar terhindar dari berbagai macam kuman dan bakteri, khususnya bakteri staphylococcus hominis. Sebab tubuh yang bersih nyatanya bukanlah tempat tinggal yang nyaman bagi bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu dianjurkan mandi dua kali sehari dan menggunakan sabun yang dapat menghilangkan kuman, bakteri, dan kotoran di dalam tubuh

  • Rutin berganti pakaian selepas beraktivitas padat

Sejumlah aktivitas berat akan menyebabkan tubuh lebih banyak memproduksi keringat, dan keringat tersebut akan terserap oleh pakaian yang digunakan. Meskipun pakaian anda sudah kering, tetapi kuman dan bakteri yang ikut menempel pada pakaian tidak lantas hilang begitu saja ketika baju sudah kering dari keringat. Maka hal tersebut akan memicu banyaknya pertumbuhan bakteri staphylococcus hominis. Sebab itulah sebaiknya ganti baju secara berkala selepas anda melakukan aktivitas yang menghasilkan banyak keringat

  • Menggunakan deodoran yang tepat sesuai kebutuhan tubuh

Mayoritas orang yang menggunakan deodoran dapat membantu untuk menghilangkan bau badan. Maka dari itu gunakan deodoran sesuai dengan kebutuhan anda, jika anda banyak melakukan aktivitas sebaiknya gunakan deodoran yang dapat mengendalikan produksi keringat atau setidaknya dapat mengatasi bau badan. Masalah bau badan yang disebabkan oleh bakteri staph hominis bisa diatasi dengan memilih deodoran yang mampu mengatasi bau tidak sedap.

Itulah informasi lengkap mengenai bakteri staphylococcus hominis beserta cara penanganan nya yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan serta mengatasi masalah yang sedang anda alami. Serta jangan lupa simak artikel kami lainnya, dengan berbagai macam pembahasan yang menarik untuk dibaca.

Latest articles