Mengenal Apa Itu Quercetin dan Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh Kita

Tubuh sehat dan kuat, adalah tubuh yang selalu mengkonsumsi makanan sehat, seperti salah satunya adalah sayur ataupun juga buah-buahan. Dan keduanya termasuk sebagai makanan sehat, hal itu karena kandungan dalam suatu sayur atau buah begitu banyak vitamin yang berguna bagi tubuh seseorang. Namun tahukah kalian? Bahwa selain ada vitamin dan mineral, sayur dan buah juga mengandung senyawa kimia yang bernama Quercetin.

Apa itu Quercetin dan apa saja manfaatnya bagi tubuh kita, semua itu bisa kalian peroleh melalui pembacaan artikel ini. Maka dari itu bagi kalian yang masih kurang paham tentang Quercetin, ataupun yang belum tahu sama sekali begitu juga dengan manfaatnya, maka kalian bisa simak semuanya itu di artikel ini. Oleh karena itu, yuk silahkan simak artikel Ensipedia pada kesempatan kali ini!

Apa Itu Quercetin?

Quercetin merupakan suatu senyawa kimia atau flavonol yang dapat ditemui dalam berbagai buah bahkan sayur ataupun daun. Selain itu, pemahaman lain tentang Quercetin, ia adalah salah satu pigmen yang memang cukup sering ditemukan pada sayur dan buah, dimana senyawa tersebut termasuk dalam kategori antioksidan yang memang bisa menawarkan segudang khasiat untuk kesehatan tubuh seseorang.

Sayur dan Buah yang Mengandung Quercetin

Perlu kalian ketahui, tentunya tidak semua dalam sayur dan buah itu ada kandungan Quercetin, karena sayur atau buah yang biasa ada Quercetin adalah sebagai berikut:

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Buah ceri
  • Buah beri
  • Kubis
  • Asparagus
  • Tomat
  • Apel
  • Anggur merah
  • Brokoli

Meskipun begitu, sayur atau buah yang mengandung Quercetin tidak semua memiliki kuantitas yang sama, tetapi tetap bisa juga memiliki kandungannya meskipun itu sudah dimasak atau diolah, seperti pada teh hijau, hingga asparagus yang memang sudah matang dan siap dikonsumsi.

Inilah Manfaat Quercetin Bagi Tubuh Manusia

Mampu Mengurangi Gejala Alergi

Itu karena Quercetin bisa melepaskan zat anti-peradangan yang bisa digunakan sebagai obat anti-alergi. Dimana dengan cara kerjanya yaitu menghambat pelepasan histamin dari sel mast dan senyawa alergi lainnya, sehingga Quercetin nantinya akan bertindak sebagai antihistamin alami. Disamping itu, Quercetin juga bisa dipakai dalam mengobati asma dan bronkitis.

Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Karena memang Quercetin mempunyai peran penting yang dapat menghalangi berkumpulnya trombosit, serta dapat meningkatkan kesehatan endotelium, yaitu lapisan tipis yang melapisi pembuluh darah, dan itu termasuk ke jantung. Lalu pada Quercetin juga bisa ditemukan senyawa yang memang dapat mengurangi risiko kematian akibat low-density lipoprotein (LDL), yaitu suatu jenis kolesterol yang jahat.

Membantu Mencegah Kerusakan Pada Otak

Dikarenakan kandungan antioksidan dalam Quercetin akan membantu melindungi tubuh dari gangguan otak, seperti penyakit Alzheimer dan Demensia. Dan itu bisa terjadi, karena Quercetin mampu membuat peningkatan pada efek neuroprotektif, yang mana itu telah terbukti memiliki kemampuan untuk menetralkan racun yang mempengaruhi neuron akibat stres oksidatif dan melindungi saraf otak.

Membantu Melawan Radikal Bebas

Quercetin dapat memperoleh antioksidan, yang mana itu memiliki manfaat agar dapat bisa digunakan untuk membantu mengurangi bahaya yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti contoh pada asma dan juga penuaan dini. Namun yang juga tidak kalah berguna, Quercetin juga bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama seperti akibat rokok dan asap berbahaya lainnya.

Berpotensi Untuk Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Mengapa bisa begitu? Karena Quercetin juga memiliki senyawa yang memiliki nama latin Quercetum, yaitu sifat anti-karsinogenik yang memang cukup kuat. Dan itu dipercayai dapat mengurangi pertumbuhan tumor di otak, hati, usus besar, hingga pada jaringan lainnya, serta bahkan bisa menghambat penyebaran sel kanker yang memang berbahaya. Tidak hanya itu saja, manfaat dari Quercetin juga bisa digunakan sebagai pencegah dan obat untuk kanker prostat.

Nah itulah artikel yang membahas tentang Quercetin, kiranya bisa jadi manfaat bagi kalian dan juga yang lainnya, dengan cara kalian sebarkan artikel ini melalui media yang ada dan tersedia. Selain daripada artikel ini, tentunya kami masih memiliki artikel lain yang tidak kalah menarik dan bermanfaat dari artikel ini, dan itu bisa kalian cari dan temukan hanya di Ensipedia.id

Latest articles