Mengenal Lebih Jauh Tentang Mythomania yang Disebut Penyakit Suka akan Kebohongan

Kebohongan adalah salah satu jenis penipuan dalam bentuk pernyataan yang tidak benar, terutama dengan maksud untuk menipu orang lain. Dan seringkali kebohongan dibarengi dengan niat lebih lanjut untuk menjaga rahasia atau reputasi, hingga untuk perasaan melindungi seseorang atau untuk menghindari hukuman atau tolakan untuk satu tindakan. Dan tentunya, sepertinya hampir semua orang pernah melakukan hingga mencoba berbohong.

Tidak dipungkiri lagi, kebohongan adalah tindakan yang cukup umum ditemukan di dunia ini, yang mana kebohongan selain bisa membuat dosa, kebohongan juga bisa membuat suatu penyakit yang bisa membuat fobia yang bernama Mythomania. Untuk mengenal lebih jauh tentang Mythomania, maka kalian bisa simak artikel ini selengkapnya, dan terutama bagi kalian yang suka berbohong wajib simak artikel ini!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mythomania

Mythomania merupakan fobia yang bisa membuat keadaan seseorang akan jadi lebih sering bohong, terutama dalam jangka waktu yang lama dan biasanya akan terus dilakukan meskipun tidak ada maksud untuk mendapatkan keuntungan pada setiap kebohongan yang disampaikannya. Parahnya lagi pada tahap Mythomania, tentunya tidak jarang orang tersebut akan mempercayai kebohongannya sendiri, yang mana ia nantinya tidak dapat membedakan mana kebohongan dan juga mana kenyataan yang sebenarnya, alias bisa dibilang ia juga bisa menipu dirinya sendiri secara tidak sadar dan hidup dalam fantasi kebohongannya.

Penyebab Mythomania Muncul

Mythomania bisa muncul dengan cukup beragam, seperti salah satu alasannya adalah bersangkutan dengan faktor psikologis pengidap. Seseorang yang mengidap Mythomania biasanya dulunya pernah memiliki pengalaman kegagalan atau pengalaman yang kurang baik dari kenyataan yang pernah ada. Contohnya, seperti ia gagal dalam pendidikannya, keluarga, asmara, pekerjaan, dan status hingga lain sebagainya.

Jadi adanya kegagalan, membuat seseorang frustasi hingga mencoba membuat kebohongan, yang mana secara tidak langsung sang pengidap Mythomania akan merasa dapat meraih yang ia inginkan, atau sekedar mau melarikan diri dari kenyataan yang ada. Tentunya, pengidap Mythomania akan sering melakukan fantasi dalam kehidupannya, yang mana itu akibat dampak dari Mythomania karena sering berbohong dan tidak ketahuan.

Mythomania juga cenderung akan dialami oleh anak-anak yang masih kecil karena suatu trauma dan ketakutan, dan itu akan berlanjut pada usia remaja bahkan dewasa dan tua. Namun Mythomania akan semakin diperparah pada anak usia remaja, itu karena pergaulan yang terjadi pada kehidupannya, yang mana memaksanya untuk berbohong pada kawannya.

Tentunya fobia satu ini perlu segera diatasi, terutama pada usia muda, karena jika dibiarkan maka fobia ini bisa menyebabkan seseorang akan sulit mengatakan kebenaran dalam ucapannya, dan tidak sedikit yang mengalami depresi dan stress dalam hidupnya. Maka dari itu, jangan tunggu sampai ia dewasa dan bisa berpikir sendiri, karena Mythomania bisa disembuhkan dengan bantuan orang lain, dan sulit dilakukan sendiri bagi sang pengidap.

Inilah Cara Mengatasi Mythomania yang Perlu Kalian Ketahui

Cara menangani Mythomania bisa dilakukan sendiri dan kesadaran masing-masing, tapi jelas itu cukup sulit apabila seseorang tersebut sudah terlalu nyaman dengan kebohongannya. Nah peran kita sebagai seseorang yang tahu bahwa ia adalah Mythomania atau tukang bohong, adalah dengan menegurnya dan memberikan pemahaman atas sanksi dari berbohong.

Tidak hanya itu, pendekatan Agama yang dianut juga penting, seperti contoh jika seseorang Mythomania adalah seorang Muslim, maka cobalah minta bantuan Ustadz dan Ulama agar sang pengidap bisa sadar dan kembali ke jalan yang benar. Dan yang paling penting, ketika seseorang Mythomania sudah sembuh, maka terapkan hidup jujur di dekat mereka, agar mereka bisa mencontoh dan tidak kembali menjadi Mythomania.

Dan itulah segalanya yang perlu kalian ketahui tentang Mythomania, semoga bermanfaat bagi kalian untuk tidak berbohong. Kalian juga bisa share kepada yang lainnya, agar yang lain tahu bahwa kebohongan bisa berdampak buruk. Selain daripada artikel ini, tentunya masih banyak lagi artikel bermanfaat dari kami, seperti tentang informasi, berita, kesehatan, hingga lain sebagainya, yang mana itu bisa kalian dapatkan hanya di Ensipedia.id

Latest articles