Lepidopterophobia Bisa Sembuh? Inilah Cara Penanganannya!

Kupu-kupu atau bisa juga dibilang salah satu ngengat, merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau serangga bersayap sisik. Tentunya kupu-kupu itu indah dan sangat bermanfaat bagi bunga-bunga dan tanaman, dan saking indahnya, biasanya kupu-kupu itu selalu menjadi logo ikonik terhadap suatu yang feminim, unsur pink, dan hal lainnya yang memang lucu dan menggemaskan.

Namun siapa yang menyangka, bahwa kupu-kupu yang indah bisa ditakuti oleh beberapa orang, dan ketakutannya tersebut bisa membuat fobia yang bernama Lepidopterophobia. Dan apakah kalian salah satunya yang seperti itu, dan jika memang ada kalian yang fobia terhadap kupu-kupu, maka kalian perlu menyembuhkannya. Dan cara menyembuhkannya, adalah dengan menyimak artikel ini terlebih dahulu, karena isi artikel ini adalah cara penyembuhan Lepidopterophobia.

Mengenal Lepidopterophobia yang Perlu Kalian Ketahui Lebih Lengkapnya

Apa itu Lepidopterophobia? Lepidopterophobia merupakan suatu fobia atau gangguan kecemasan yang menyebabkan pengidapnya memiliki rasa takut berlebihan terhadap serangga jenis kupu-kupu. Tidak hanya itu, pengidap juga akan membuat dirinya terus memikirkan kupu-kupu, terutama yang terakhir kali dilihatnya.

Nah kondisi fobia tersebut tentunya sangat berkaitan dengan fobia serangga yang dikenal bernama Entomophobia. Tetapi berbeda pada Entomophobia karena pengidapnya takut pada hampir seluruh jenis serangga yang ada di dunia, dan itu berbeda dengan Lepidopterophobia yang secara spesifik hanya takut pada 1 jenis serangga yaitu kupu-kupu saja.

Untuk menyadari dan tahu apakah kalian benar-benar mengidap fobia Lepidopterophobia, maka coba kalian lihat di bawah ini apakah benar ada salah satunya yang kalian alami.

Ciri Pengidap Lepidopterophobia

  • Pertama jelas ada ketakutan terhadap kupu-kupu
  • Lalu menyadari ada keanehan yang janggal atau berbeda dari orang lain
  • Jika bertemu kupu-kupu akan sesak nafas
  • Begitu juga dengan gemetar dan detak jantung yang berdebar cepat
  • Menghindari segala macam bentuk kupu-kupu, terutama yang aslinya
  • Ketika sudah bertemu kupu-kupu, akan mengalami gangguan tidur
  • Dan bahkan terus mengingat kupu-kupu yang terakhir dilihatnya
  • Mengalami gangguan kesehatan mental, seperti stress, depresi, dan lain sebagainya

Itulah ciri pengidap Lepidopterophobia, dan perlu kalian tahu pastinya bahwa fobia adalah suatu pengalaman yang membuat seseorang kedepannya menjadi takut. Nah maka dari itu, Lepidopterophobia adalah fobia yang biasanya muncul dari pengalaman masa lalu, seperti pengalaman yang buruk karena kupu-kupu, ataupun sebagai yang ada kupu-kupu pada pengalaman tersebut.

Namun selain adanya pengalaman buruk, adanya faktor genetik juga bisa menjadi pengaruh dan juga pemicu fobia seseorang terhadap serangga kupu-kupu. Dan kondisi itu disebut akan lebih rentan dialami oleh anak yang memiliki orangtua dengan gangguan yang sama, jadi bisa dibilang adalah fobia turunan dari orang tua atau keluarganya sendiri.

Inilah Cara Agar Pengidap Lepidopterophobia Bisa Sembuh

Tentunya fobia Lepidopterophobia masih bisa disembuhkan, yaitu dengan cara mencoba beberapa terapi hingga melakukan konsumsi obat-obatan khusus dari dokter. Contoh penanganan pada fobia tersebut, adalah dengan melakukan terapi perilaku, yang berguna untuk membantu menghilangkan kecemasan dan rasa takut yang tidak rasional terhadap serangga kupu-kupu.

Selain melalui beberapa terapi khusus, penyembuhan atau penanganan juga bisa ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan khusus tertentu dari dokter, yang mana memang bertujuan untuk meringankan gejala khawatir hingga kecemasan yang muncul karena kupu-kupu. Namun para pengidap penyakit fobia tersebut juga disarankan untuk menerapkan terapi sederhana, seperti pada pola pernapasan, terutama ketika ia dalam keadaan cemas saat bertemu dengan kupu-kupu.

Nah itulah artikel Ensipedia yang membahas tentang fobia Lepidopterophobia, semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi pengetahuan kalian, dan juga kepada yang lainnya yang memang sudah kalian share kepada mereka. Nah tentunya masih banyak lagi artikel menarik dari kami tentang informasi, berita, kesehatan, hingga lain sebagainya, yang mana itu bisa kalian dapatkan hanya di Ensipedia.id

Latest articles