Mengenal Apa Itu Kiropraktrik Serta Manfaatnya Untuk Tubuh

Beberapa tahun belakangan kiropraktik semakin dikenal namanya di Indonesia. Bagi sebagian orang terapi ini masih terasa asing, namun ternyata kiropraktik ini merupakan salah satu terapi pada masalah tubuh seperti skoliosis yang berasal dari negara Kanada. Terapi ini tidak dilakukan oleh seorang dokter tetapi dilakukan oleh terapis yang belajar khusus mengenai kiropraktik ini. Untuk mengetahui infomasi lengkapnya langsung saja simak artikel berikut ini!

Terapi kiropraktrik adalah sebuah prosedur khusus untuk menangani sakit pada area punggung, tepatnya bagian tulang belakang. Terapi kiropraktik ini mempercayai bahwa selain otak, susunan saraf pusat pada sumsum tulang belakang mempengaruhi semua elemen, yaitu fungsi sel, jaringan, serta organ. Tetapi terapi ini memungkinkan dapat menangani sakit pada leher dan kepala. Dokter atau tenaga ahli yang menangani kiropraktik disebut dengan kiropraktor.

Prosedur kiropraktik

Terapi kiropraktik dilakukan dengan memberikan penekanan pada sendi yang terdampak dan mengalami cedera. Tekanan yang diberikan harus dengan kontrol yang baik, contohnya keras lembutnya tekanan atau cepat atau lambatnya harus sesuai dengan kebutuhan pengidap. Cedera yang dapat disembuhkan oleh metode ini yaitu cedera yang di akibatkan oleh kelenturan sendi yang berkurang sehingga harus dikembalikan lagi sesuai fungsinya menggunakan metode kiropraktik ini. Terapi kiropraktik ini bertujuan untuk merilekskan otot-otot dan juga membuat sendi dapat bergerak dengan semestinya. 

Terapi kiropraktik dapat dijadikan salah satu pengobatan alternatif atau juga sebagai pelengkap untuk menangani berbagai macam jenis penyakit pada bagian persendian seperti cedera akibat olahraga ataupun salah posisi saat melakukan aktivitas. Mengenai terapi kiropraktik yang disebut sebut sebagai pengobatan yang dilakukan tanpa obat atau operasi ini tidak dapat dibenarkan karena belum ada riset dan jaminan dalam hal tersebut. Sebelum menjalankan terapi kiropraktik biasanya terapis akan melakukan sesi wawacara mengenai riwayat penyakit yang pernah di alami atau kondisi tubuh anda untuk mengetahui apakah ada postur yang tidak normal, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik dengan cara memberikan penekanan pada bagian tubuh tertentu, memperhatikan cara anda berjalan, atau juga dapat ditunjang dengan hasil foto rontgen. 

Manfaat terapi kiropraktik

Terapi manipulasi tulang belakang ini dapat dilakukan dengan tangan kosong maupun dengan bantuan alat kecil. Dikutip dari Better Health Channel, tidak sekedar terapi tulang belakang namun terapis kiropraktik ini juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit lain seperti:

    • Sakit punggung
    • Sakit pada bagian leher
    • Sakit kepala
  • Whiplash
  • Keseleo
  • Cedera otot akibat aktivitas harian
  • Arthritis 
  • Keterbatasan gerak pada punggung, leher, kaki, atau bahu.

Namun perlu anda ingat juga bahwa terapi ini tidak selalu dapat mengobati segala jenis penyakit.

Resiko terapi kiropraktik 

Meskipun tergolong aman karena dilakukan oleh ahli terapis yang belajar khusus dibidangnya tetapi terapi ini juga memiliki resiko tersendiri. Dengan begitu besar kemungkinan anda akan mengalami komplikasi atau efek yang serius setelah menjalani terapi ini. Memang terjadinya komplikasi setelah melakukan terapi ini jarang terjadi, namun kemungkinan tentu akan selalu ada. Nah beberapa resiko yang dapat terjadi, seperti:

  • Hernia, setelah menjalani terapi ini hernia semakin parah
  • Terjadi tekanan pada saraf tulang punggung bagian bawah
  • Stroke, terjadi pada bagian leher khususnya setelah melakukan terapi ini.

Untuk menghindari beberapa resiko yang dapat ditimbulkan sebaiknya anda tidak melakukan terapi ini, jika:

  • Mengalami osteoporosis yang cendrung parah
  • Mati rasa pada bagian kaki atau tangan
  • Kanker tulang belakang
  • Kelainan tulang leher bagian atas
  • Resiko stroke yang terus meningkat

Nah itulah informasi mengenai terapi kiropraktik berserta manfaatnya untuk tubuh yang telah di rangkum oleh tim Ensipedia, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa simak artikel kami lainnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik tentunya.

Latest articles