Apa Itu Imposter Syndrome dan Bagaimana Cara Mengatasinya Secara Efektif

Tidak ada manusia yang sempurna. Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik itu yang diakui oleh diri sendiri maupun orang lain. Namun, ketidaksempurnaan ini banyak membuat orang-orang merasa insecure dan merasa tidak berhak atas apa yang telah mereka raih dan dapatkan selama hidup. Situasi dan kondisi seperti ini memiliki istilah khusus yang disebut dengan imposter syndrome.

Ingin tahu informasi lebih jelas dan lengkap seputar Apa itu Imposter Syndrome dan Bagaimana Cara Mengatasinya Secara Efektif? Maka kalian sudah datang ke tempat yang tepat karena kami akan berbagi informasi selengkapnya tentang hal tersebut di sini. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Imposter Syndrome

Pernahkah kalian merasa tidak pantas dan berhak atas setiap pencapaian dan prestasi yang telah kalian raih dan dapatkan? Jika pernah, maka mungkin kalian sedang mengalami yang namanya imposter syndrome.

Istilah imposter syndrome ini sendiri merupakan sebuah situasi dan kondisi dimana kalian akan selalu merasa ragu, tidak pantas dan berhak atas segala hal baik yang kalian raih dan dapatkan dalam hidup.

Kalian akan selalu merasa cemas dan tidak pantas untuk semua kesuksesan yang kalian miliki dan beranggapan bahwa kesuksesan yang kalian dapatkan tersebut semata-mata hanya hasil dari keberuntungan saja, bukan dari hasil kerja keras dan keahlian yang kalian punya.

Orang dengan imposter syndrome juga akan selalu merasa takut akan pandangan orang lain tentang kesuksesan yang pernah mereka dapatkan, takut bahwa mereka tidak bisa memenuhi ekspektasi yang diharapkan orang lain darinya.

Dengan rendahnya rasa kepercayaan diri yang dimiliki oleh penderita imposter syndrome, membuat mereka selalu berpikir bahwa diri mereka tidaklah sebaik, sepintar, sesukses dan sepantas itu disandingkan dengan orang lain. Pikiran seperti ini pula yang terkadang membuat mereka takut bila jati diri asli mereka diketahui orang lain dan mengecewakan mereka. Oleh karena itu, imposter syndrome juga sering dikenal sebagai sindrome penipu.

Karena menyerang pola perilaku dan berpikir seseorang, imposter syndrome termasuk ke dalam kondisi psikologis, namun tidak termasuk ke dalam gangguan mental.

Cara Mengatasi Imposter Syndrome

Bagi kalian merasa lelah dengan imposter syndrome yang kalian miliki dan ingin lepas dari hal tersebut, maka mungkin kalian bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi imposter syndrome yang kalian miliki.

Pertama, kalian bisa mulai dari mengakui perasaan kalian sendiri. Bila perlu, kalian bisa menuliskan segala rasa cemas, takut dan keraguan yang kalian miliki tersebut beserta dengan alasan yang membuat kalian merasa seperti itu.

Setelahnya kalian bisa merenungi segala hal tersebut dan menyadarkan diri kalian bahwa sebenarnya tidak ada yang salah dengan diri kalian dan segala rasa cemas, takut dan keraguan tersebut tidak berdasar dan kalian tidak perlu khawatir.

Kalian juga bisa mengatasi imposter syndrome dengan curhat dan berbagi cerita dengan teman atau kerabat yang kalian percayai. Kalian bisa bertukar pikiran dengan mereka dan mendapatkan masukan serta nasihat yang mungkin akan membuat kalian merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas dan takut yang kalian miliki.

Layaknya sebuah pertengkaran, lawanlah segala pikiran negatif dan rasa cemas maupun ketakutan yang kalian miliki dengan berpikiran positif. Yakinkan diri kalian bahwa segala kesuksesan dan prestasi yang kalian dapatkan selama ini berkat dari kerja keras diri kalian sendiri dan kalian memang pantas dan berhak mendapatkannya.

Kalian juga perlu untuk mengapresiasi kesuksesan dan keberhasilan yang kalian miliki sebaik mungkin tanpa perlu memikirkan pendapat dan pandangan orang lain. Akuilah bahwa kalian memang layak mendapatkan kesuksesan tersebut.

Lebih kurang itulah informasi penting seputar Apa itu Imposter Syndrome dan Bagaimana Cara Mengatasinya secara Efektif yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga saja informasi pada artikel ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kalian serta bisa bermanfaat. Jangan sungkan untuk menjelajahi website kami karena selain artikel ini masih banyak artikel lainnya yang juga berisi informasi penting dan informatif yang mungkin kalian cari dan butuhkan.

Latest articles