Simak Tentang Apa Itu Hipomania dan Bagaimana Cara Mencegah Hipomania

Pernah merasakan perubahan suasana hati tidak biasa yang bahkan tergolong ekstrem? Jika pernah, jangan anggap sepele hal tersebut. Perubahan suasana hati memang bisa dirasakan oleh siapa saja yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, bila intensitas terjadinya lumayan sering dengan perubahan suasana dan sikap yang cukup drastis serta tidak biasa, maka kalian perlu waspada. Sebab ada kemungkinan kalian mengalami hipomania.

Lantas, apa itu hipomania? Dan mengapa perubahan suasana yang kalian rasakan tersebut disebut hipomania? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka di artikel ini kami akan berbagi informasi penting seputar Simak Tentang Apa Itu Hipomania dan Bagaimana Cara Mencegah Hipomania. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Hipomania?

Menurut bahasa kedokteran, istilah hipomania merujuk kepada perubahan atau peningkatan aktivitas, emosi atau suasana hati serta tingkah laku yang tidak biasa. Hipomania sendiri merupakan salah satu dari gejala gangguan bipolar atau gangguan mental yang bisa terjadi pada seseorang karena beberapa faktor.

Biasanya, seseorang yang mengalami gejala hipomania ini akan merasa sangat bersemangat dan ceria dalam melakukan segala hal, sehingga terkadang membuatnya asal dan sembarangan dalam mengambil keputusan. Bahkan sangking semangatnya, kadang mereka merasa tidak membutuhkan waktu untuk tidur dan beristirahat karena merasa tidak lelah.

Awalnya, bagi mereka yang mengalami gejala hipomania ini tidak akan sadar akan keadaannya, melainkan orang-orang disekitarnya lah yang menyadari hal tersebut. Sebab, perubahan yang terjadi cukup ringan dimana tidak sampai mengganggu pekerjaan dan aktivitas hariannya. Namun, bila dibiarkan terus tanpa dilakukan penanganan yang benar dan tepat, maka gejala hipomania tersebut bisa berkembang dan berubah menjadi gejala mania atau depresi yang lebih berat lagi.

Untuk mengetahui apakah kalian pernah mengalami gejala hipomania atau tidak, mungkin kalian bisa menyimak beberapa gejala atau tingkah laku yang biasanya dialami oleh penderita gejala hipomania berikut ini.

  1. Perasaan semangat dan rasa senang yang menggebu-gebu;
  2. Lebih banyak berbicara daripada biasanya;
  3. Merasa terlalu percaya diri hingga berani membuat keputusan yang beresiko tanpa berpikir dengan matang;
  4. Melakukan hal diluar dari kebiasaan: serta
  5. Hal-hal tidak biasa lainnya yang sebelumnya tidak pernah kalian lakukan.

Bagaimana Cara Mencegah Hipomania?

Setelah mengetahui apa itu gejala hipomania, tentu sekarang kalian bisa lebih memperhatikan lagi perubahan suasana dan tingkah laku yang terjadi pada diri kalian. Lalu, bagaimana bila kalian ingin mencegah hipomania terjadi pada kalian?

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah hipomania menghampiri kalian adalah dengan mengubah gaya dan pola hidup kalian menjadi lebih sehat dan teratur. Dimulai dengan mengatur waktu tidur dan istirahat yang cukup, antara 6 hingga 9 jam sehari. Kalian juga bisa menghindari hal-hal yang bisa membuat kalian stress, seperti lingkungan yang terlalu padat dan berisik. Kurangi pula makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak gula dan kafein, seperti teh, kopi maupun minuman bersoda.

Rutin berolahraga setiap hari juga bisa membantu kalian menjaga kesehatan fisik dan pikiran. Sehingga fisik dan pikiran kalian bisa lebih rileks, segar dan tidak kaku setelah lelah berkutat dengan aktivitas sehari-hari.

Hindarilah mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obat terlarang. Meski awalnya hal tersebut bisa memberikan ketenangan, namun efeknya hanya sementara dan bisa membuat kalian ketergantungan. Serta hal tersebut bisa merusak tubuh dan diri kalian dari dalam dan luar.

Bila diperlukan, kalian juga bisa berkonsultasi dengan dokter dan minta untuk diresepkan obat yang sesuai dengan kondisi kalian. Tetapi, jika masih bisa diusahakan tanpa mengkonsumsi obat akan lebih baik agar tidak membuat kalian ketergantungan dengan mengkonsumsi obat.

Itulah beberapa informasi penting seputar Simak Tentang Apa Itu Hipomania dan Bagaimana Cara Mencegah Hipomania yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga saja dengan informasi yang kami bagikan ini bisa membantu kalian dalam memahami apa itu hipomania dan bagaimana cara yang tepat untuk mencegahnya sebelum gejalanya menjadi lebih buruk dan parah lagi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui media sosial kalian agar lebih banyak orang tahu tentang informasi penting ini.

Latest articles