Apa Itu Hidroponik dan Bagaimana Cara Untuk Menanam Secara Hidroponik

Bercocok tanam adalah salah satu hal yang bisa dijadikan hobi sekaligus kegiatan positif yang bisa mendatangkan keuntungan, karena tidak hanya memberikan hasil berupa produk tetapi juga uang. Jenis bercocok tanam yang bisa dilakukan pun bervariasi. Mulai dari dengan menggunakan media tanam tanah pada umumnya, hingga menggunakan air atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan hidroponik. Hm, memangnya bisanya ya bercocok tanam dengan menggunakan air sebagai medianya?

Nah, bagi kalian yang masih belum tahu tentang apa itu sebenarnya hidroponik, simaklah informasi lengkap tentang Apa Itu Hidroponik dan Bagaimana Cara untuk Menanam Secara Hidroponik yang akan kami bahas pada artikel ini. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Hidroponik?

Jika diartikan secara harfiah, kata hidroponik ini memiliki pengertian penanaman dalam air yang mengandung campuran hara didalamnya. Dan dikarenakan media tanamnya langsung menggunakan air tanpa media lainnya, maka kebutuhan air yang dibutuhkan pada metode penanaman ini lebih sedikit dibandingkan dengan penanaman yang menggunakan tanah sebagai medianya.

Perkembangan hidroponik sebagai cara dan metode bercocok tanam ini mulai ramai dan banyak digandrungi oleh orang-orang karena sangat cocok dilakukan bagi kalian yang hobi dan senang bercocok tanam tapi terkendala dengan lahan pertanian atau tempat yang tidak memadai. Serta, dengan menggunakan dan mengganti tanah dengan air sebagai media tanamnya, juga akan mengurangi biaya pengeluaran yang harus kalian keluarkan sebagai modalnya.

Selain itu, dengan melakukan cocok tanam secara hidroponik, hasil panen yang akan kalian dapatkan juga bisa didapatkan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan media tanam tanah. Hasil panennya juga mudah dipanen dan bersih, sehingga kalian tidak perlu repot-repot membersihkannya karena selalu berada di dalam air yang bersih dan mengalir.

Namun, meski begitu kalian juga tetap perlu memperhatikan beberapa aspek penting ketika melakukan cocok tanam secara hidroponik. Misalnya, seperti pemberian pupuk dan nutrisi untuk membuat tanaman yang kalian tanam bisa tumbuh subur dan segar. Intensitas cahaya dan suhu juga perlu kalian awasi dan atur agar tanamannya tidak cepat layu atau busuk jika terlalu kering atau basah

Bagaimana Cara Untuk Menanam Secara Hidroponik?

Tertarik untuk melakukan cocok tanam secara hidroponik? Maka, kalian perlu mengetahui dan memperhatikan bagaimana cara yang tepat dan benar agar hasil panen yang kalian dapatkan bisa maksimal.

Untuk pemula, hal-hal yang perlu kalian persiapkan tidaklah terlalu banyak dan ribet karena kalian bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai untuk mengurangi biaya pengeluaran sebagai langkah awal percobaan pertama.

Kalian bisa coba menggunakan cara Wick System yang sudah cukup popular dan banyak digunakan orang-orang untuk bercocok tanam secara hidroponik. Kalian hanya memerlukan bibit tanaman, botol air mineral bekas, alat pemotong, sumbu kompor atau kain flanel serta paku atau solder untuk membuat lubang pada botol air mineral dan air nutrisi.

Cara membuatnya, potonglah botol air mineral tadi menjadi 2 bagian. Lalu pada bagian tutupnya, buatlah sebuah lubang yang cukup besar yang bisa dimasukkan sumbu kompor atau kain flannel yang sudah kalian siapkan tadi. Lalu, pasanglah sumbu kompor atau kain flanel tadi pada lubang tutup botolnya. Pastikan bahwa sumbu kompor atau kain flanel yang kalian gunakan bisa menyerap air nutrisi.

Kemudian, gabungkanlah kedua potongan botol air mineral tadi dengan membalikkan bagian yang terdapat tutup botolnya menghadap ke bawah. Lalu, tanamlah bibit tanaman yang sudah kalian siapkan di bagian atas botol tadi dengan tanah secukupnya. Sementara pada bagian bawah botolnya kalian isi dengan air nutrisi yang nantinya akan diserap oleh sumbu kompor atau kain flannel tadi untuk memberi nutrisi pada bibit tanaman yang ditanam.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk melakukan cocok tanam secara hidroponik yang hanya memerlukan beberapa bahan dan peralatan sederhana yang mudah didapatkan. Semoga informasi yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id tentang bercocok tanam secara hidroponik ini bisa memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi kalian serta mengedukasi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui media sosial kalian agar lebih banyak orang tahu tentang informasi penting ini.

Latest articles