Home Lifestyle Kesehatan Apa Itu Globophobia? Simak Informasi Lengkapnya Disini!

Apa Itu Globophobia? Simak Informasi Lengkapnya Disini!

5
Globophobia

Sudah banyak sekali fobia-fobia yang ada saat ini, mulai dari fobia terhadap makhluk hidup, makanan, alam, hingga yang paling aneh yaitu fobia terhadap benda mati. Nah fobia terhadap benda mati pun beragam, tetapi yang paling aneh menurut kami adalah fobia terhadap balon, yang pada dasarnya balon itu indah dan menarik, dan yang pasti tidak menyeramkan dari bentuk dan sebagainya.

Fobia atau rasa takut terhadap balon, itu biasanya disebut sebagai fobia yang bernama Globophobia, yaitu rasa takut terhadap balon, yaitu sebuah kantong lentur yang umumnya berisikan gas seperti helium, hidrogen, nitrogen monoksida, hingga ada udara dan air. Nah fobia satu ini, tentunya perlu kalian ketahui lebih lanjut, dimana informasi tentang fobia tersebut bisa kalian simak dan ketahui di bawah ini!

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Fobia yang Bernama Globophobia

Globophobia adalah suatu fobia atau rasa takut berlebih pada satu benda mati yaitu balon. Nah ketakutan tersebut bukan saat balon belum terisi apapun, melainkan ketakutan tersebut akan muncul ketika balon sudah mengembang hingga besar dan terisi dengan isinya yang beragam. Ketika pengidap fobia ini sudah melihat adanya balon terutama dekat mereka, maka mereka akan mengalami ketakutan aneh yang bisa timbul dari pikiran, penglihatan, sentuhan, atau bahkan bau balon itu sendiri, dan kebanyakan pengidap biasanya sudah takut dengan suara yang dihasilkan dari ledakan balon.

Penyebab Globophobia

Sama seperti beberapa fobia lain, Globophobia tentunya suatu fobia yang muncul dari pengalaman masa lalu. Dan jika ada orang dewasa yang memang takut atau fobia Globophobia, maka kemungkinan besar itu sudah ada semenjak ia kecil, karena fobia satu ini akan berdampak dan terbawa sampai pengidap tersebut tumbuh menjadi dewasa.

Nah penyebabnya fobia ini muncul, adalah pengalaman masa lalu, yang tentunya itu menyangkut dengan balon. Seperti adanya pengalaman negatif dengan balon di masa kanak-kanaknya, hingga masa lalu yang sangat traumatis yang disebabkan balon atau adanya balon di sekitar orang tersebut. Tidak hanya itu, balon yang meletus juga bisa memicu munculnya fobia satu ini, karena seperti yang kita tahu, balon meletus adalah hal yang bisa mengagetkan.

Namun perlu diwaspadai, meskipun hanya takut terhadap balon, tapi tidak menutup kemungkinan pengidap fobia tersebut bisa saja menjadi fobia lain, yaitu fobia terhadap badut yang bernama Coulrophobia. Mengapa itu bisa terjadi? Ya karena memang biasanya badut itu tidak lepas dari yang namanya balon, dan juga badut suka berada di acara tertentu yang tentunya ada balon. Maka dari itu, jika Coulrophobia dan Globophobia menjadi satu, maka ketakutan yang terjadi akan luar biasa hebat.

Cara Menangani Fobia Globophobia

Jangan sampai fobia terhadap balon berlanjut pada fobia lain, yaitu terhadap badut. Nah untuk mencegah fobia lain, maka segeralah melakukan tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat, yaitu dengan cara terapi atau dari obat-obatan khusus rekomendasi dokter. Pengidap bisa melakukan terapi dengan melihat, menyentuh, berada dekat balon, dan pastikan ia merasa aman dan tenang hingga beberapa waktu. Jika belum memungkinkan, maka pengidap bisa minta rekomendasi terhadap dokter, terkait obat yang cocok untuk membuat pengidap bisa merasa tenang jika berada dekat dengan balon.

Dan itulah artikel yang membahas tentang Globophobia, semoga bisa jadi manfaat bagi kalian, dan pastikan jangan lupa di share agar yang lain juga tahu tentang Globophobia. Selain daripada artikel ini, tentunya masih banyak lagi artikel menarik dari kami tentang informasi, berita, kesehatan, hingga lain sebagainya, yang mana itu bisa kalian dapatkan hanya di Ensipedia.id