Simak Tentang Apa Itu Gamofobia dan Bagaimana Cara Menghilangkan Gamofobia

Takut akan sesuatu dalam hidup merupakan hal yang wajar. Semua orang pasti memiliki ketakutannya tersendiri dalam menjalani hidup. Termasuk takut terhadap pernikahan. Kalau hanya sekedar takut yang masih dalam batas wajar, seperti gugup dan sejenisnya maka tidak masalah. Karena pernikahan adalah sebuah hal sakral dalam hidup yang terjadi sekali dalam seumur hidup. Namun, bila ketakutan yang dialami berlebihan hingga membuat kalian tidak ingin menikah, mungkin kalian terkena gamofobia.

Hm, apa itu gamofobia? Siapa sajakah yang bisa terkena dan mengalami gamofobia? Dan mengapa seseorang bisa mengalami gamofobia? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka di artikel ini kami akan berbagi informasi penting seputar Simak Tentang Apa Itu Gamofobia dan Bagaimana Cara Menghilangkan Gamofobia. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Gamofobia?

Kata fobia yang terdapat pada gamofobia mengartikan sebuah rasa ketakutan berlebihan yang dirasakan seseorang terhadap sesuatu, baik itu suatu benda, tempat, perasaan, pikiran dan lain sebagainya.

Meski bagi orang lain rasa ketakutan berlebihan yang kalian rasakan itu tidaklah beresiko atau bahkan terkesan remeh dan sepele, namun hal tersebut tetap saja akan membuat kalian cemas dan tidak tenang. Dan pada gamofobia, rasa takut berlebihan yang kalian rasakan tersebut berasal dari rasa takut akan pernikahan atau menjalin komitmen serius dengan seseorang.

Rasa takut pada pernikahan yang dialami oleh kalian yang memiliki gamofobia bukanlah sekedar sebuah ketakutan sederhana seperti gugup atau yang biasa dirasakan kebanyakan orang. Melainkan, rasa takut yang bisa membuat kalian mendapatkan serangan panik secara tiba-tiba hanya karena dipicu dengan hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan.

Misalnya, mendengar kata pernikahan atau ditanya hal-hal yang merujuk pada pernikahan bisa membuat kalian gusar, tidak tenang, cemas, hingga berkeringat dingin dan jantung berdebar tidak teratur. Bahkan pada kasus yang lebih parah lagi, kalian bisa sampai pusing dan pingsan.

Jika sudah seperti itu, maka kalian tidak bisa lagi menganggap remeh gamofobia. Sebab, efek dan akibat yang ditimbulkan oleh gamofobia ini terbilang cukup serius sehingga diperlukannya bantuan medis untuk mengatasi kalian yang memiliki gamofobia agar kondisi kalian tidak semakin parah dan memburuk.

Bagaimana Cara Menghilangkan Gamofobia?

Ada banyak hal dan faktor yang bisa membuat kalian mengidap dan mengalami gamofobia. Dan biasanya, gamofobia yang kalian rasakan sudah berkembang cukup lama sejak usia kalian masih muda. Terutama bagi kalian yang berasal dari keluarga yang kurang harmonis dimana hubungan yang dimiliki oleh orang tua kalian tidak berjalan dengan baik dan berakhir pisah dan cerai.

Tentu hal tersebut akan meninggalkan trauma dan luka psikis bagi kalian. Hingga pada akhirnya membuat kalian takut untuk memiliki hubungan dan komitmen yang serius dengan seseorang karena tidak ingin berakhir seperti orang tua kalian.

Meski begitu, selalu ada saja cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi gamofobia yang kalian miliki. Sebagai langkah awal, kalian bisa mulai mengakui terhadap gamofobia yang kalian miliki serta meyakini bahwa yang bisa memperbaiki diri kalian adalah diri kalian sendiri.

Jujur kepada orang terdekat dan meminta dukungan juga bisa kalian lakukan untuk mengatasi gamofobia. Dengan terbuka dan bertukar pikiran dengan orang lain, mungkin akan bisa membuat kalian merasa lebih baik daripada memendamnya sendiri. Serta, pikirkan pula hal apa yang kalian perlukan dan inginkan dalam sebuah hubungan.

Namun, bila hal tersebut dirasa masih kurang dan tidak membantu, maka kalian perlu meminta bantuan pihak professional dari ahli kesehatan mental, seperti psikiater untuk berkonsultasi pada orang yang tepat. Karena jika dibiarkan saja tanpa penanganan yang tepat, takutnya gamofobia kalian bisa semakin bertambah buruk dan membuat kalian tidak bisa mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan dalam menjalani hidup.

Seperti itulah penjelasan seputar Simak Tentang Apa Itu Gamofobia dan Bagaimana Cara Menghilangkan Gamofobia yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Dengan mengetahui apa itu gamofobia serta gejala dan cara mengatasinya yang sudah dijabarkan tadi, kami harap kalian bisa menemukan penanganan terbaik untuk mengatasi gamofobia yang kalian miliki. Sehingga kalian bisa menemukan kebahagiaan dan ketenangan dalam menjalani hidup bersama dengan orang terkasih.

Latest articles