Mengenal Apa Itu Epiglotis dan Apa Efeknya Untuk Tubuh Kita

Peradangan adalah suatu respons perlindungan normal tubuh terhadap suatu cedera, dan itu biasanya terjadi saat sel darah putih melawan untuk melindungi kita dari yang namanya infeksi, misalnya dari bakteri ataupun juga virus. Nah salah satu peradangan yang ada dan bisa terjadi ada di Epiglotis, berbentuk seperti daun dan merupakan salah satu dari sembilan struktur tulang rawan yang membentuk laring.

Peradangan Epiglotis adalah Epiglotitis, dan itu merupakan salah satu peradangan yang perlu kalian ketahui. Nah untuk mengetahui lebih lengkap agar kalian semakin tahu tentang Epiglotis, maka kalian bisa menyimak artikel ini selengkapnya. Oleh karena itu, yuk langsung saja kalian yang belum tahu dan segera ingin tahu, silahkan langsung simak pembahasan kami yang ada di bawah ini!

Apa Itu Epiglotis?

Epiglotis merupakan tulang rawan elastis yang telah ditutupi dengan selaput lendir yang terletak pada pintu masuk laring atau kotak suara, dan itu juga pada dasar lidah. Nah sama seperti penjelasan kami sebelumnya, Epiglotis itu berbentuk seperti daun dan merupakan salah satu dari sembilan struktur tulang rawan yang membentuk laring, tetapi ia bisa memicu peradangan yang bernama Epiglotitis.

Epiglotitis sendiri merupakan pembengkakan dan peradangan yang terletak di pangkal lidah, dan Epiglotis merupakan katup yang berfungsi untuk mencegah makanan dan minuman masuk ke saluran udara pada tenggorokan. Jadi pada Epiglotitis, maka itu akan membuat jaringan bisa terinfeksi, meradang, dan bahkan bisa membengkak, sehingga memblokir jalur napasnya. Meski begitu, kondisi Epiglotitis umumnya hanya sering ditemukan pada anak-anak, dan jelas itu juga bisa berpotensi membahayakan nyawa, sehingga dibutuhkan penanganan medis darurat.

Mengapa Bisa Terjadi Epiglotitis Pada Epiglotis?

Itu karena berasal dari infeksi bakteri yang bernama Streptococcus Pneumoniae dan juga Haemophilus Influenzae Type B. Nah kedua bakteri tersebutlah yang memicu terjadinya peradangan pada Epiglotis, sehingga infeksi tersebut akan mengakibatkan Epiglotis membengkak dan menghalangi keluar masuknya udara pada saluran pernapasan, dan tidak sedikit yang bisa berpotensi menyebabkan kehilangan nyawa. Ditambah lagi perlu kalian tahu, bahwa 2 bakteri tersebut bisa menyebar lewat air liur saat orang yang terinfeksi bersin atau batuk, hingga pada tidak menutup mulut dan bernafas melalui mulut.

Nah bagaimana cara mengetahui seseorang terkena Epiglotitis? Cara mengetahuinya, adalah dengan melihat gejalanya yang ada di bawah ini!

  • Merasakan selalu sakit dan akan sulit menelan.
  • Suara nafas yang cenderung akan lebih keras dan mengeluarkan bunyi.
  • Merasakan sakit tenggorokan yang cukup parah.
  • Akan merasa cukup gelisah dan bingung.
  • Pengidap akan kesulitan bernafas.
  • Munculnya demam yang cukup tinggi.
  • Para pengidap cenderung akan bernapas melalui mulut.

Inilah Cara Pencegahan Terhadap Epiglotitis yang Perlu Kalian Ketahui dan Pelajari

Apabila ada seseorang yang mengidap Epiglotitis, maka perlu dilakukan penanganan medis agar gejala tidak timbul semakin parah, yaitu dengan berobat ke rumah sakit atau ke dokter. Nah cara untuk pencegahannya juga perlu, agar kalian tidak mudah terkena Epiglotitis, yang mana cara-cara pencegahannya adalah sebagai berikut:

  • Perlu rajin mencuci tangan dengan air dan juga sabun.
  • Gunakan selalu hand sanitizer beralkohol untuk mencegah penyebaran penyakit, terutama saat di luar.
  • Menjaga pola makan sehat, dan juga waktu makan yang tepat dan benar.
  • Menghindari asap berbahaya, seperti asap rokok, asap kendaraan, dan asap sebagainya.
  • Sebagai perokok, maka ia perlu berhenti merokok sesegera mungkin.
  • Selalu hindari berbagi peralatan makan dengan orang lain, dan jangan sharing alat makan dengan orang yang tidak dikenal.
  • Terapkan istirahat dengan cukup waktu tidur, sampai tubuh fit dan tidak lelah.

Itulah artikel Ensipedia yang membahas Epiglotis, semoga bermanfaat untuk kalian semua, dan jangan lupa di share agar yang lain juga dapat manfaat dari artikel ini. Sekian dari kami, dan tentunya perlu kalian tahu bahwa masih banyak lagi artikel bermanfaat dari kami, seperti tentang informasi, berita, kesehatan, hingga lain sebagainya, yang mana itu bisa kalian dapatkan hanya di Ensipedia.id

Latest articles