Dorsalgia Apakah Bisa Sembuh? Berikut Cara Penanganannya!

Nyeri adalah mekanisme protektif untuk menimbulkan kesadaran terhadap kenyataan bahwa sedang atau akan terjadi kerusakan pada suatu jaringan. Sementara cedera adalah trauma kelainan yang terjadi pada tubuh yang mengakibatkan timbulnya nyeri, panas, merah, bengkak, dan tidak dapat berfungsi dengan baik pada otot, tendon, ligament, persendian, maupun tulang akibat aktivitas gerak yang berlebihan atau terjadi dari kecelakaan.

Nah nyeri dan cedera sebenarnya adalah 2 kondisi sakit yang pada dasarnya cukup umum ditemukan oleh para manusia, dimana paling utama terjadi akibat adanya pekerjaan fisik dengan segala tingkatannya. Dan menariknya, baik nyeri dan cedera adalah 2 kondisi yang ada pada Dorsalgia, dimana itu adalah topik utama dalam artikel Ensipedia pada kali ini. Nah maka dari itu, yuk langsung saja simak tentang Dorsalgia di bawah ini!

Apa Itu Dorsalgia?

Seperti yang sudah kami jelaskan, bahwa Dorsalgia adalah suatu kondisi yang bersangkutan dengan cedera dan nyeri. Namun lebih jelasnya, Dorsalgia itu merupakan cedera yang menyerang punggung dan leher, dan secara umum penyakit tersebut dapat didefinisikan sebagai sekumpulan kondisi yang menyebabkan nyeri dan sensasi terbakar pada pada beberapa bagian tubuh. Nah perlu kalian ketahui, bahwa gejala penyakit Dorsalgia umumnya akan menyerang otot, saraf, tulang, dan sendi yang semuanya terkait dengan trauma di struktur kolom tulang belakang.

Jika dibiarkan terus-menerus, Dorsalgia bisa saja memberikan rasa tidak nyaman semakin parah pada pengidapnya. Dan apabila ada kesalahan dalam memilih posisi, maka penyakit yang berkaitan dengan nyeri punggung tersebut, nantinya bisa berpotensi menjadi semakin parah. Dan untuk mencegahnya semakin parah, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengidap Dorsalgia. Tetapi selain mencegah, Dorsalgia juga dapat disembuhkan, dimana membutuhkan penanganan yang tepat.

Jenis-Jenis Dorsalgia yang Perlu Kalian Ketahui Semuanya

Penyembuhan Dorsalgia juga harus sesuai dengan jenis Dorsalgia itu sendiri, yang mana jenis Dorsalgia bisa kalian ketahui dengan menyimak ulasan berikut ini:

  • Dorsalgia Servikal : Rasa nyeri bisa menjalar sampai ke lengan dan leher disertai dengan rasa kebas dan kesemutan. 
  • Dorsalgia Cervicothoracic: Menyerang area servikal dan thorax di tulang belakang. 
  • Dorsalgia Thoracic: Terjadi pada saraf thoracic yang ada di tulang belakang. 
  • Dorsalgia Thoracolumbar: Menyebabkan nyeri punggung bawah.
  • Dorsalgia Lumbar atau Lumbal: Nyeri punggung yang menyerang saraf lumbar tulang belakang.
  • Dorsalgia Lumbosacral: Menyebabkan nyeri dan gejala muncul di lumbar sekaligus juga di arena sacral (tulang ekor).

Inilah Cara Penanganan dan Penyembuhan Pada Kondisi Dorsalgia

Sebelum pada metode penyembuhannya, maka tentunya terlebih dahulu kita harus ketahui apa penyebab seseorang terkena Dorsalgia. Nah penyebabnya terkena Dorsalgia adalah adanya gangguan pada sendi tulang belakang, saraf, tulang, dan otot. Dan pada umur-umur lansia di atas usia 50 tahun, maka biasanya kondisi Dorsalgia mungkin terjadi karena adanya gangguan cakram degeneratif atau hernia.

Ketika terjadi Dorsalgia, selain akan merasa adanya cedera dan nyeri, ada juga tanda Dorsalgia yang ditandai dengan munculnya sensasi terbakar atau menyengat pada bagian sendi tertentu. Tidak hanya itu, ada juga pengidap yang akan merasakan kesulitan untuk membungkuk atau mengubah postur tubuh bagian atas, hingga parahnya akan membuat pengidap memiliki gangguan saat berjalan, sampai bisa saja muncul nyeri hebat pada kondisi yang melibatkan saraf terjepit.

Dorsalgia masih bisa disembuhkan, caranya adalah dengan menggunakan cara menangani dan merawat nyeri yang memang biasanya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Yaitu tepatnya setelah melakukan pemeriksaan dan diagnosis, dimana nantinya dokter akan membantu mencari tahu pengobatan dan terapi yang sesuai. Selain itu, Dorsalgia masih bisa ditangani dengan terapi fisik di rumah dan tempat sebagainya, tetapi perlu juga dibantu dengan konsumsi obat-obatan, hingga adanya proses pembedahan.

Nah itulah artikel menarik dari Ensipedia, yang mana jelas sangat bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Pastikan kalian bagikan artikel ini kepada mereka yang lainnya, baik kalian menggunakan media sosial ataupun media yang ada. Tentunya masih banyak lagi artikel menarik seputar berita, kesehatan, informasi, dan lain sebagainya dari kami, yang mana itu bisa kalian temukan hanya di Ensipedia.id

Latest articles