Apa itu Biopsi dan Bagaimana Mendeteksi Penyakit dengan Prosedur Biopsi

Ada banyak sekali penyakit yang ada di dunia ini dan berbagai macam cara mendeteksinya. Kanker merupakan contoh penyakit berbahaya yang harus disadari dan diagnosis secepat mungkin karena jika dibiarkan akan sangat berbahaya bagi tubuh pengidapnya. Ada berbagai macam cara untuk tes kanker atau mendiagnosis orang yang mengidap penyakit ini. Salah satu caranya adalah biopsy. 

Dokter Anda mungkin merekomendasikan biopsi jika dia menemukan sesuatu yang mencurigakan selama pemeriksaan fisik atau tes lainnya. Biopsi adalah cara utama dokter mendiagnosis sebagian besar jenis kanker. Tes lain dapat menunjukkan adanya kanker, tetapi hanya biopsi yang dapat membuat diagnosis.

Apa itu Biopsi?

Biopsi adalah sampel jaringan yang diambil dari tubuh untuk diperiksa lebih tepat. Ketika tes pertama menunjukkan bahwa suatu daerah jaringan dalam tubuh tidak normal, dokter harus mengusulkan biopsi. Lesi atau tumor adalah istilah yang digunakan oleh dokter untuk menggambarkan area jaringan yang menyimpang. Ini adalah istilah luas yang dimaksudkan untuk menggarisbawahi sifat jaringan yang tidak pasti. Daerah yang mencurigakan dapat ditemukan melalui pemeriksaan fisik atau tes bayangan.

Ketika sampel jaringan diperiksa di bawah mikroskop, sel-sel yang menyimpang dapat ditemukan, yang dapat membantu dalam diagnosis penyakit tertentu. Jika kelainan telah didiagnosis, biopsi dapat dilakukan untuk menentukan tingkat keparahan (seperti tingkat peradangan) dan tingkat penyakit (seperti agresivitas kanker).

Biopsi paling sering dilakukan untuk mencari kanker. Tetapi biopsi dapat membantu mengidentifikasi banyak kondisi lain. Antar lain:

  • peradangan, seperti di hati (hepatitis) atau ginjal (nefritis)
  • infeksi, seperti di kelenjar getah benin, TBC
  • berbagai kondisi kulit

Ada berbagai jenis biopsi yang dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi berbagai kondisi kesehatan yaitu:

  • Biopsi jarum 

menggunakan jarum berlubang khusus yang dipandu oleh sinar-X, ultrasound, CT scan, atau MRI scan untuk mengambil jaringan dari organ atau jaringan di bawah kulit. 

  • Biopsi endoskopi 

menggunakan endoskopi untuk mengekstrak jaringan, seperti dari perut selama gastroskopi.

  • Biopsi Punch

prosedur di mana perangkat khusus membuat lubang kecil di kulit untuk mengekstrak sampel kulit guna mempelajari masalah kulit.

Bagaimana Mendeteksi Penyakit dengan Prosedur Biopsi

Ada beberapa proses yang akan dilewati sampai penyakit terdeteksi dan pasien di diagnosis. Setelah Sampel jaringan diperoleh oleh dokter Anda dan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Bahan mungkin diperlakukan secara kimia atau dibekukan sebelum dipotong menjadi bagian yang sangat tipis. Irisan dipasang pada slide kaca, dicelup untuk meningkatkan kontras, dan diperiksa di bawah mikroskop. Lalu temuan itu akan membantu dokter Anda dalam menentukan apakah sel-sel itu ganas atau tidak. Jika sel-selnya ganas, temuan biopsi dapat memberi tahu dokter Anda di mana kanker dimulai dan jenis kankernya.

Biopsi juga membantu dokter Anda dalam menentukan tingkat keparahan kanker Anda – tingkat keganasan. Tingkat sering dinyatakan sebagai angka pada kisaran 1 sampai 4 dan ditentukan oleh penampilan sel kanker di bawah mikroskop. Informasi ini dapat membantu dalam menentukan alternatif pengobatan. Pengujian khusus lainnya pada sel kanker juga dapat membantu memandu keputusan pengobatan.

Dalam keadaan lain, seperti selama operasi, ahli patologi mengevaluasi sampel sel segera, dan hasilnya diberikan kepada ahli bedah Anda dalam beberapa menit. Namun, dalam kebanyakan situasi, hasil biopsi Anda akan tersedia dalam beberapa hari. Beberapa sampel mungkin memerlukan waktu tambahan untuk diperiksa sampai pada hasil akhir atau diagnosis pasien.

Nah, itulah tadi artikel Informasi Lengkap Tentang Apa itu Biopsi dan Bagaimana Mendeteksi Penyakit dengan Prosedur Biopsi. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca artikel ini terutama bagi kalian yang mengalami gejala kanker dan ingin melakukan tes biopsi Jika anda masih merasa bingung terhadap tes biopsi, anda dapat menanyakannya kepada dokter anda yang dimana akan menjelaskannya secara detail.

Latest articles