Yuk Simak Apa Artinya ANBK Secara Lebih Detail dan Jelas

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang, baik secara baik secara perilaku maupun secara materi. Untuk itulah mengapa pentingnya sebuah pendidikan untuk kelangsungan hidup seseorang. Untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah terus melakukan upaya agar sistem pendidikan terus maju sesuai dengan kebutuhan dan kelangsungan hidup manusia. Dalam beberapa waktu terakhir seperti yang telah kita ketahui, kurikulum nasional yang dibuat oleh pemerintah menghapus penyelenggaraan Ujian Nasional atau yang biasa kita kenal dengan UN. Lalu alat apa yang digunakan sebagai tolak ukur sebagai syarat kelulusan siswa? Kali ini kita akan membahas mengenai ANBK yaitu pengganti UN. Yuk langsung saja simak artikel berikut ini!

ANBK atau singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini dicanangkan guna meningkatkan hasil belajar murid. Dimana ANBK mengeluarkan informasi sebagai alat pantau pengembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu. Permasalahan yang muncul pada dunia pendidikan di Indonesia ialah rendahnya nilai mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya bagi sekolah dasar dan menengah. 

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan seperti mengadakan pelatihan dan peningkatan kualitas para guru dan pengajar, memperbaiki sarana dan prasarana yang dibutuhkan, hingga meningkatkan mutu manajemen sekolah. Namun, sayangnya segala upaya yang telah dilakukan pemerintah belum menunjukkan hasil yang maksimal dalam mencapai nilai mutu pendidikan yang dibutuhkan secara merata. 

Salah satu penyebabnya ialah kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional yang menggunakan education production fungsion atau input output yang tidak dilaksanakan secara konsekuen. 

Dengan diganti nya UNBK menjadi ANBK yaitu sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan kesetaraan jenjang pendidikan dasar maupun menengah. Maka mutu satuan pendidikan ini diambil berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar berupa literasi, numerasi, dan juga karakter serta proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung proses pembelajaran. Dimana informasi-informasi tersebut didapatkan dari tiga instrumen utama seperti Asesmen Kompetensi Minimum, Survei karakter, serta Survei lingkungan belajar. 

Tujuan ANBK

Setelah kita mengetahui penjelasan singkat mengenai ANBK, selanjutnya anda juga perlu memahami tujuan dari dibuatnya ANBK itu sendiri. Dilansir dari halaman resmi Kemendagri, berikut penjelasan mengenai tujuan ANBK:

  • Menganalisa karakter

Tujuan ANBK yang pertama ialah memaksimalkan analisa karakteristik peserta didik. Dengan ANBK dapat dianalisa hasil belajar berupa sosial-emosional masing-masing murid. Analisa karakter murid ini dinilai dari beberapa aspek profil belajar pancasila.

  • Meningkatkan kemampuan literasi

Dengan ANBK dapat diukur sampai sejauh mana peserta didik memiliki kemampuan literasi membaca bagi setiap murid. Hal ini tentunya dapat dijadikan bahan evaluasi agar dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta.

  • Meningkatkan kualitas belajar mengajar

Tidak hanya untuk meningkatkan kualitas literasi peserta didik, ANBK juga dirancang untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar bagi peserta didik disetiap sekolah. Dengan ANBK diharapkan dapat memberikan informasi untuk mengetahui proses belajar mengajar yang mana yang perlu ditingkatkan. Sebab jika proses belajar mengajar dijalankan dengan baik, maka juga akan menghasilkan hasil belajar murid yang maksimal tentunya.

  • Meningkatkan kemampuan numerasi

Selanjutnya ANBK diharapkan dapat meningkatkan kemampuan numerasi. Melalui ANBK, kemampuan numerasi peserta didik dapat dinilai. Sehingga akan dijadikan bahan evaluasi agar dapat meningkatkan kemampuan numerasi dari masing-masing peserta didik.

Nah itulah informasi mengenai ANBK secara detail yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda, serta jangan lupa untuk simak artikel lainnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik.

Latest articles