Karakter-karakter dalam Captain Tsubasa yang Terinspirasi dari Legenda Top Dunia

ENSIPEDIA.ID, Jember – Captain Tsubasa merupakan manga sekaligus anime yang sangat digandrungi oleh banyak anak di berbagai penjuru dunia. Sosok Captain Tsubasa yang ada dalam manga buatan Yoichi Takahashi ini pernah menjadi sosok impian anak era 90-an.

Sangking populernya, anime ini pernah tayang di beberapa televisi Indonesia. Selain memiliki alur cerita menarik, ternyata tokoh-tokoh dalam Captain Tsubasa terinspirasi dari pemain sepakbola dunia, lho. Siapa sajakah pemain sepakbola dunia yang ada di anime Captain Tsubasa? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Karl Heinz Schneider ( Karl-Heinz Rummenigge )

karakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-dunia

Karl Heinz Schneider adalah pemain asal Jerman yang merupakan rekan tim dari Genzo Wakabayashi ketika masih bermain di Hamburg. Namun, Schneider memutuskan pindah ke Bayern Munich di musim selanjutnya. Schneider digambar sebagai sosok striker yang ganas dan memiliki tendangan mematikan yang disebut dengan Fire Shot.

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa Karl Heinz Schneider terinspirasi dari striker tajam Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge. Selama karirnya bersama Munchen, Rummenigge 162 gol dari 310 penampilan. Kini Rummenigge menjabat sebagai chairman klub Bayern Munchen.

2. Gino Hernandez (Dino Zoff)

karakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-duniakarakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-dunia

Dalam Captain Tsubasa, Gino Hernandez digambar sebagai sosok kiper yang handal dan “sempurna”. Bagaimana tidak, dia telah mencetak rekor luar biasa dengan tidak kemasukan gol selama satu tahun penuh. Bola terakhir yang mampu bersarang di gawangnya dicetak oleh Karl Heinz Schneider , saat pertandingan persahabatan dengan Hamburg Jr. Youth , yang berakhir 1-1.

Gino Hernandez versi dunia nyata, yakni Dino Zoff juga tak kalah hebatnya. Jika pada anime ia tak mampu dibobol selama satu tahun, maka pada versi nyatanya tidak pernah kebobolan dalam turnamen internasional selama 1142 menit antara tahun 1972 hingga 1974.

3. Rivaul (Rivaldo)

karakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-dunia

Rivaul merupakan pemain sepakbola asal Brazil yang bermain untuk FC Catalonia (FC Barcelona). Ia merupakan pemain andalan di klub tersebut. Rivaul dan Tsubasa menjadi duat yang mematikan di daratan Spanyol hingga Eropa.

Jika dilihat dari postur tubuh, posisi, wajah maupun gaya bermain, Rivaul merupakan nama plesetan dari sosok pemain yang pernah bermain untuk AC Milan dan Barcelona, Rivaldo Vítor Borba Ferreira. Rivaldo pernah membela tim raksasa Catalan tersebut pada 1997-2002.

4. Elle Sid Pierre (Emmanuel Petit)

karakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-dunia

Timnas Prancis pada anime Captain Tsubasa digambarkan memiliki lini tengah yang kuat. Hal itu tidak lepas dari penampilan Elle Sid Pierre yang menjadi sosok komposer sekaligus playmaker di lapangan tengah Timnas Prancis.

Karakter Elle Sid Pierre terinspirasi dari sosok playmaker hebat yang dimiliki oleh Arsenal dan Timnas Prancis, Emmanuel Petit. Kesamaan kedua orang tersebut adalah terletak pada posisi bermainnya, yakni sebagai gelandang serang dan memiliki rambut yang dikuncir. Baik Pierre maupun Petit sama-sama menjadi nyawa permainan Timnas Prancis.

5. Juan Diaz (Diego Maradona)

karakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-dunia

Karakter Juan Diaz dalam anime Captain Tsubasa muncul pada saat dirinya iseng melihat pertandingan uji coba Timnas Jepang. Pada saat pertandingan antara Timnas Jepang dan Timnas Argentina, Tsubasa dan kawan-kawan harus bermain ketat melawan Tim Tango yang tampil kolektif.

Dilihat dari postur, warna kulit, rambut maupun skill, Juan Diaz sangatlah mirip dengan sosok mendiang Diego Armando Maradona. Keduanya memiliki skill individu di atas rata-rata dan seringkali disebut sebagai pemain terbaik Amerika Selatan.

6. Brian Cruyfford (Johan Cruyff)

karakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-dunia

Brian Cruyfford digambarkan sosok pemain serba bisa sekaligus menjadi tumpuan bagi Timnas Belanda. Kehadiran Brian Cruyfford dan kawan-kawan berhasil membuat Timnas Jepang kurang pede. Momen yang paling diingat tentang Cruyfford adalah saat Hiroshi Jito jatuh tersungkur akibat tendangan voli Cruyfford.

Dari namanya saja, kalian sudah tau siapa versi asli dari Brian Cruyfford, yakni Johan Cruyff. Cruyff merupakan pemain legend dari klub sepakbola Ajax Amsterdam dan Barcelona. Tidak hanya sukses sebagai pemain, pria kelahiran 25 April 1947 ini juga sukses menjadi pelatih bersama Ajax dan Barcelona.

7. Roberto Hongo (Sócrates)

karakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-dunia

Roberto Hongo merupakan pensiunan sepakbola asal Brazil yang menjadi seorang kawan sekaligus pelatih bagi seorang Tsubasa Ozora. Roberto juga menjadi pelatih Sao Paolo yang salah satu pemainnya adalah Tsubasa.

Meskipun jago dalam bermain sepakbola, Roberto juga digambarkan sebagai sosok yang suka mabuk-mabukan. Roberto diadaptasi dari salah satu legenda Brazil, Socrates. Keduanya memiliki banyak kesamaan, tetapi kemiripan yang paling mencolok adalah sama-sama pensiun dini akibat cedera mata.

8. Tsubasa Ozora (Kazuyoshi Miura)

karakter-karakter-dalam-captain-tsubasa-yang-terinspirasi-dari-legenda-top-dunia

Rasa-rasanya tak pas jika kita tidak menambahkan karakter utama dari anime ini. Tsubasa Ozora diyakini merupakan tokoh yang diadaptasi dari salah satu legenda Jepang, Kazuyoshi Miura.

King Kazu, julukan Miura, merupakan pemain yang mengantarkan Timnas Jepang meraih Piala Asia pada tahun 1992 dan mengantarkan Jepang lolos ke Piala Dunia 1998. King Kazu yang saat ini 53 tahun masih aktif bermain sepakbola. Adapun kemiripan dari dua tokoh adalah sama-sama lahir di Shizuoka dan pernah berkarir di Negeri Samba.

Itulah beberapa tokoh dalam anime Captain Tsubasa yang diadaptasi dari legenda sepakbola dunia. Sebenarnya masih banyak lagi tokoh lain, seperti Alan Pascal (Jorge Valdano), Willem Arminus (Edgar Davids), dan Roberto Baggio (Baggio).

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles