Lebih Dekat dengan Najwa Shihab: Kartini Masa Kini Indonesia

ENSIPEDIA.ID – Siapa yang tidak kenal dengan sosok Najwa Shihab. Tuan rumah Mata Najwa ini menjadi salah satu cerminan Kartini masa kini Indonesia. Keberanian, ketegasan, dan pertanyaan yang kritis menjadi senjata yang sering ia gunakan untuk melawan ketidakadilan yang terjadi di Ibu Pertiwi.

Mari mengenal lebih dekat dengan sosok Kartini masa kini Indonesia, Najwa Shihab.

Biografi Najwa Shihab

Najwa Shihab merupakan putri kedua dari Mantan Menteri Agama, Quraish Shihab. Ia lahir pada 16 September 1977 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia menempuh pendidikan di bidang ilmu hukum Universitas Indonesia. Saat masih duduk di bangku SMA, ia pernah terpilih sebagai peserta dalam AFS oleh lembaga Yayasan Bina Antarbudaya.

Ia juga merupakan alumni di Melbourne Law School. Gelar akademik Najwa ialah S.H., LL.M.

Najwa telah mempunyai buah hati bernama Izzat Assegaf bersama suaminya, yaitu Ibrahim Sjarief Assegaf.

Najwa dan Catatan Jurnalistik

Walaupun menempuh pendidikan di Ilmu Hukum, Najwa Shihab lebih condong berkarir di dunia jurnalistik. Ketika masih menjadi mahasiswa Universitas Indonesia, Najwa Shihab melakukan magang di divisi berita RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia). Dengan kegiatan magang ini membuat Najwa Shihab jatuh hati dengan dunia jurnalistik dan setelah lulus memilih untuk melanjutkan karir di dunia jurnalistik.

Setelah lulus dari Universitas Indonesia, Najwa memulau karir jurnalistik profesionalnya di media asuhan Surya Paloh, yaitu Metro TV.

Ia ditugaskan pertama kali menjadi reporter lapangan. Setelah menjadi reporter lapangan, Najwa kemudian diangkat menjadi pembawa berita atau news anchor.

Najwa dan Mata Najwa

Puncak karir Najwa Shihab ketika ia menjadi pembawa acara Mata Najwa. Acara ini terbilang sukses dalam tayangannya. Kekuatan utama dari acara ini yaitu menerapkan riset mendalam yang dilakukan oleh Tim Mata Najwa. Najwa mendapat banyak penghargaan dengan menjadi tuan rumah acara tersebut.

Saat ini, Najwa dan Mata Najwa telah menjadi bagian dari Narasi TV. Narasi TV adalah media digital yang didirikan oleh Najwa Shihab dalam mengembangkan kreatifitas anak muda di Indonesia.

Kartini Masa Kini

R.A. Kartini dan Najwa Shihab memiliki beberapa kesamaan. Mereka sama-sama memiliki tekad yang kuat dalam emansipasi wanita.

Mereka sama-sama mempunyai narasi yang kuat dalam membela hak-hak wanita. Dalam acara Mata Najwa sendiri, sering mengangkat isu tentang penghapusa kekerasan seksual.

Terdapat 3 kegiatan nyata yang dilakukan oleh Najwa Shihab sehingga dapat dijuluki sebagai Kartini masa kini.

Pertama, menjadi role model perempuan di Indonesia dalam menyampaikan aspirasi. Hal ini dikarenakan Najwa berprofesi sebagai presenter dan public figure.

Kedua, menularkan virus minat baca. Najwa pernah didaulat sebagai Duta Baca Indonesia. Kartini juga memiliki visi pendidikan yang kuat. Karena Kartini lah, pendidikan di Indonesia tidak hanya didominasi oleh kaum laki-laki.

Ketiga, berani menyatakan pendapat. Sisi kritis Najwa janganlah diragukan. Ia menjadi salah satu presenter yang ditakuti oleh kalangan pejabat. Tak jarang ia melontarkan pertanyaan kritis yang menjebak. Keberanian Najwa dalam menyatakan pendapat didukung oleh data dan fakta akan kebenaran.

Latest articles