Susah Cari Loker? Berikut Website-website Penyedia Lowongan Pekerjaan

ENSIPEDIA.ID, Jember – Dengan berkembangnya teknologi pada zaman sekarang, hampir semua dapat dilakukan secara online, tak terkecuali dalam mencari informasi loker pada website-website penyedia lowongan pekerjaan.

Semakin banyak perusahaan-perusahaan yang mengadakan open recruitment secara online, hal ini karena bersifat praktis dan sekarang hampir semua orang mempunyai smartphone dan menggunakan internet.

Karena begitu banyaknya website-website penyedia lowongan kerja, hingga ada pihak yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan ini dengan membuat loker palsu dan memeras uang dari para pencari kerja tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, pada kali ini ensipedia.id merekomendasikan website-website penyedia lowongan pekerjaan yang cukup aman dan terpercaya, apa saja website-website tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kalibrr

susah-cari-loker-berikut-website-website-penyedia-lowongan-pekerjaan
Logo kalibrr.com (foto: kalibrr.com)

Kalibrr merupakan perusahaan yang berasal dari negara Filipina dan berdiri pada tahun 2016 lalu. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan website ini untuk merekrut karyawan, sebut saja seperti Bukalapak, Unilever, Gojek, Lazada, Bank Mandiri, BCA dan masih banyak lagi lainnya.

Keunggulan dari website ini adalah adanya penggabungan dalam platform rekrutmen dengan AI dan layanan employer branding, hal ini memudahkan bagi perusahaan untuk menarik kandidat yang tepat, membantu perusahaan menunjukkan nilai-nilainya serta merealisasikan proses yang mulus.

Dalam Kalibrr juga terdapat tools-tools yang sangat berguna, salah satunya adalah dengan adanya test soft skill yang dilakukan secara online sesuai dengan spesialisasi para pelamar.

Bukan sembarang tes, tes ini juga bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB), sehingga bagi perusahaan tidak perlu khawatir dengan kredibilitas dari tes yang disediakan oleh Kalibrr. 

Kalibrr juga menyediakan ruang bagi perusahaan-perusahaan yang mengadakan rekrutmen untuk mencantumkan pertanyaan secara mandiri yang akan diajukan kepada pelamar. Dengan beberapa keunggulan di atas, tentu sudah pasti bahwa Kalibrr merupakan website penyedia lowongan pekerjaan yang terpercaya.

2. Urbanhire

susah-cari-loker-berikut-website-website-penyedia-lowongan-pekerjaan
Logo Urbanhire (foto: urbanhire.com)

Urbanhire merupakan website penyedia lowongan pekerjaan yang berbasis di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2016 ini, dibentuk oleh Hengki Sihombing, Benson Kawengian dan Jepri Sinaga.

Menurut CEO Urbanhire, Benson Kawengian, seperti dikutip dari Dailysocial, total para pencari kerja yang telah menggunakan website Urbanhire sebanyak 1,5 pada tahun 2020 lalu dan terus bertambah pada tahun ini.

Urbanhire juga memiliki dua aplikasi yang dapat anda download di Google Play Store, yakni Urban Employer dan Urban Jobseeker. Urban Employer digunakan bagi yang sudah berlangganan dengan pihak Urbanhire, sedangkan Urban Jobseeker berfungsi untuk memudahkan para pencari kerja.

Website penyedia lowongan pekerjaan ini mengklaim sudah membantu sekitar 12 ribu lebih perusahaan dalam mencari pekerja. Nama-nama besar seperti, Kompas, Tiket, BPJS, MRT Jakarta, hingga Angkasa Pura Support.

3. Karir

susah-cari-loker-berikut-website-website-penyedia-lowongan-pekerjaan
Logo karir.com (foto: karir.com)

Karir.com merupakan portal karir pertama yang ada di Indonesia, website ink sudah berdiri sejak tahun 1999 dan pada tahun 2014, memutuskan untuk menjadi bagian dari Emtek Group.

Melalui website resminya, Karir.com mengungkapkan bahwa para pelamar akan mendapatkan lowongan pekerjaan sesuai dengan resume, akses dapat didapatkan secara gratis dan dilengkapi oleh fitur pengembangan karir oleh ahli psikolog.

Website ini juga menyajikan lowongan kerja terbaik sesuai dengan domisili pelamar, dan dapat mengurutkan 18 jenis-jenis pekerjaan, yaitu e-commerce, otomotif, telekomunikasi, asuransi dan masih banyak lagi lainnya.

4. Jobstreet

susah-cari-loker-berikut-website-website-penyedia-lowongan-pekerjaan
Logo jobstreet.com (foto: jobstreet.com

Jobstreet merupakan website lowongan pekerjaan asal Malaysia, meskipun demikian , jobstreet sudah berkembang dan cukup populer di negara kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Filipina, Singapura ataupun Vietnam.

Website loker ini sudah ada sejak tahun 1997, dan kini sudah mampu menjadi website yang digunakan oleh 80rb perusahaan dan 11 juta pencari kerja yang terdaftar. Bagi para pencari kerja, cukup mendaftar dan memperbarui profil, agar menarik perhatian perusahaan.

Jika beruntung, maka para pencari kerja akan dihubungi secara langsung oleh perusahaan-perusahaan melalui email ataupun telepon seperti yang sudah tercantum pada profil pekerja. 

Website asal negeri jiran juga memberikan akses kepada para pengguna terkait dengan diterimanya lamaran pekerjaan, mendapatkan panggilan wawancara, ataupun proses-proses selanjutnya. Dengan fitur yang lengkap, membuat para perusahaan yakin mengumumkan perekrutan pada website ini.

5. Linkedln

susah-cari-loker-berikut-website-website-penyedia-lowongan-pekerjaan
Logo LinkedIn (foto: Linkedln.com)

Sudah tidak diragukan lagi, Linkedln merupakan website penyedia lowongan pekerjaan terpopuler dan terbesar di dunia dengan lebih dari 690 juta pengguna yang tersebar lebih dari 200 negara.

Jaringan profesional yang diakuisisi Microsoft pada tahun 2016 ini, memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan situs pencari kerja lainnya, yakni layaknya sebuah media sosial yang dikemas dalam bentuk profesional.

Linkedln juga menyediakan sebuah fitur rekomendasi yang dapat diisi oleh kolega maupun orang lain mengenai keahlian pencari kerja. Dengan adanya fitur ini, tentu menjadi nilai tambah dan membangun kepercayaan sebuah perusahaan.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles