10 Skill yang Paling Menjanjikan Dimasa Depan

ENSIPEDIA.ID, MALANG – Kini sudah di pertengahan tahun 2021, tak terasa sudah 1,5 tahun pandemi melanda di tanah air kita. Selama pandemi ini skill apa yang sudah Anda asah? Atau jangan-jangan Anda masih belum tau skill dan minat kalian di bidang apa? Tenang, kini mimin akan beritahu kepada kalian skill apa saja sih yang paling menjanjikan bagi dunia industri dan pekerjaan di masa depan?

  1. Mobile App Development

Tidak heran bahwa pekerjaan pengembangan aplikasi mobile akan selalu dicari di industry manapun. Apalagi saat ini sudah memasuki era Industri 4.0 yang dimana segala kebutuhan serba digital dan simple. Kita kasih contoh para raksasa “Unicorn” di Indonesia, Gojek, Tokopedia, OVO, Traveloka, dan Bukalapak. Semua dari perusahaan raksasa tersebut memiliki aplikasi mobile. Apalagi nantinya aplikasi-aplikasi mereka akan terus berkembang, yang dimana pastinya membutuhkan developer aplikasi mobile lagi. Bagi kalian yang bingung untuk belajar darimana, bisa mulai belajar pelan-pelan dari bahasa Java dan Kotlin.

  1. Website Development

Selain aplikasi mobile, pengembangan situs web juga termasuk skill paling dicari di masa depan nanti. Saat ini hampir seluruh industri memiliki situs web masing-masing. Yang dimana peluang kerja bagi para website developer sangatlah tinggi. Bagi kalian yang bingung untuk belajar darimana bisa memulai belajar dari HTML & CSS terlebih dahulu, lalu dapat lanjut ke level yang menengah seperti Javascript, PHP, dan SQL.

  1. Video Production

Produksi video tidak kalah pentingnya, kebanyakan video produksi dibutuhkan untuk promosi produk atau jasa suatu industri. Namun untuk yang satu ini memerlukan skill memakai kamera yang cukup bagus. Karena dalam editing CGI pun nantinya harus paham mengenai lensa-lensa kamera, tata letak lighting, beserta pengaturan kamera seperti shutterspeed, fokus lensa, dan lain-lain. Tapi, bagi kalian yang tertarik menggeluti bidang ini namun tidak memiliki kamera, bisa belajar Motion Graphic. Saya sarankan untuk belajar Adobe Premiere Pro & Adobe After Effect untuk dasarnya. Karena kedua aplikasi ini sangat ramah bagi user baru dan fiturnya cukup lengkap bagi editor yang baru belajar.

  1. SEO & SEM

Bagi yang belum tau apa itu SEO dan SEM, SEO adalah kepanjangan Search Engine Optimations. Sedangkan SEM adalah Search Engine Marketing. Fungsinya apa kedua skill ini? Kedua skill ini berfungsi sebagai pengoptimalisasian hasil pencarian di search engine seperti Google, Bing, dll. Sehingga artikel yang kalian atur akan muncul di halaman teratas search engine. Contohnya, jika saya mencari “Belajar SEO dari dasar” maka website dengan SEO yang baik akan muncul paling atas di halaman pertama Google. Hal ini sangat bermanfaat bagi industri yang sangat bergantung pada traffic situs web-nya, contohnya artikel berita atau lapak jual bel online, dan lain-lain.

  1. Cybersecurity

Masuknya era Industri 4.0 tidak menutup kemungkinan adanya kejahatan siber yang makin tinggi. Apalagi ketika segalanya serba digital, maka sangat mudah bagi para hacker untuk meretas sesuatu. Maka dimana ada pengembangan digital, disitu pula ada pengamanan digital. Disinilah peran penting cybersecurity. Bahkan banyak jasa pentester yang menguji keamanan digital suatu industri dan biasanya satu paket dengan perbaikan celah yang ditemukan. Hebatnya harga jasa pentester ini sangatlah tinggi, 15 juta hingga 45 juta rupiah per-kategori.

Jika ditotalkan seluruh kategori bisa mencapai 135 juta yang dimana menawarkan tes dan perbaikan seluruh celah keamanan. Tapi bagi industri besar ini bukanlah hal yang mahal jika dibandingkan kerugian akibat kebocoran data yang harganya hingga triliunan rupiah. Maka tak heran apabila cybersecurity sangatlah penting di era Industry 4.0 ini

  1. UI/UX

Bagi yang belum tau kepanjangan UI/UX, UI adalah kepanjangan dari User Interface, sedangkan UX adalah User Experience. Sesuai namanya, UI/UX mengatur segala tampilan user hingga pengalaman user. Bagi yang masih bingung, UI ini adalah desain aplikasi atau website yang sedang kalian lihat sekarang. Mulai dari animasi emote, warna, dan segala desain yang ada di dalam aplikasi atau website disebut UI. Sedangkan UX adalah struktur dan navigasi aplikasi atau website yang sedang kalian lakukan. Apabila klik “Bagikan” maka muncul pop up caption, atau ketika klik beranda akan balik ke beranda, dan lain-lain.

UI/UX sangat dibutuhkan karena meringankan tugas para developer, sehingga para developer dapat bekerja dengan melihat contohnya, tanpa memikirkan konsep desain yang akan digunakan serta mempermudah komunikasi pembagian tugas para developer. Bagi kalian yang tertarik mengasah skill UI/UX ini kalian dapat belajar di Adobe XD, atau jika kalian tidak ingin menginstall aplikasi bisa di website Figma.

  1. Data Science & Data Analytics

Data science adalah proses memperoleh wawasan dan informasi dari data menggunakan perpaduan berbagai alat, algoritma, dan prinsip pembelajaran mesin (Machine Learning). Ilmu Data science sangat dibutuhkan dalam industri seperti keuangan, perbankan, dan perawatan kesehatan. Skill IT ini diperlukan perusahaan untuk dapat membuat keputusan yang lebih baik dan berdasarkan data pada tahun tersebut. Keterampilan yang dibutuhkan mencakup dasar-dasar analisis data dan pengetahuan tentang bagaimana data dikumpulkan, disimpan, diatur, dianalisis dan diinterpretasikan.

  1. Cloud Computing

Semakin banyak data yang digunakan, tentunya akan memakan tempat penyimpanan. Disinilah peran penting cloud computing. Cloud Computing adalah penyimpanan secara virtual, contohnya adalah Google Drive. Namun, bagi industri besar tentunya perlu memiliki penyimpanan cloud sendiri sehingga keamanan data usernya terjamin. Dengan cloud computing, suatu industri dapat melakukan penyimpanan, backup data, menganalisis data, dan masih banyak manfaat lainnya. Tidak heran apabila cloud computing menjadi salah satu skill yang dicari oleh industri saat ini.

  1. Desain Grafis

Profesi Graphic Designer (Gaji, Tugas, Syarat, Pendidikan Kuliah)

Desain Grafis adalah skill yang paling umum, dan hampir semua orang harus bisa di era Industri 4.0 ini. Apalagi desain grafis adalah dasar dari segala skill yang berkaitan dengan visual seperti UI/UX, video editing, social media marketing, dll. Sangat disarankan untuk mempelajari ilmu ini, karena apabila kalian belajar desain grafis ini, maka nantinya akan mudah dengan istilah-istilah group, layer, gradient, dan komponen desain lainnya di katogeri skill lain. Bagi kalian yang bingung mau belajar darimana, Bisa belajar Adobe Photoshop terlebih dahulu, karena fiturnya yang lengkap dan cocok untuk desainer pemula. Setelah itu dapat belajar lainnya seperti Adobe Illustrator/CorelDraw, dll.

  1. Internet of Things

Yang terakhir adalah Internet of Things atau biasa disingkat IoT. Merasa asing dengan istilah ini? IoT justru sudah sangat banyak berada di lingkungan kalian. Contohnya adalah saklar lampu otomatis melalui hp, atau penanak nasi yang dapat diatur melalu hp, atau yang pasti kalian tau adalah Google Home atau Google Nest yang memiliki asisten AI yang dapat mengatur segala apapun yang terkoneksi dengannya. Tinggal bilang “Ok Google, matikan TV,” maka TV akan mati dengan sendirinya. Sesuai namanya “Internet of Things”, internet yang diterapkan di benda. IoT ini sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan besar teknologi seperti Google, Apple, Samsung, Xiaomi, dll. Apalagi teknologi semacam ini sangatlah baru, tentunya perusahaan-perusahaan besar akan menarik para ahli IoT untuk bekerja di perusahaannya untuk menciptakan teknologi-teknologi baru. Bagi kalian yang ingin belajar IoT, bisa mulai belajar dasar seperti Arduino terlebih dahulu.

Itu dia 10 skill yang paling menjanjikan untuk masa depan nanti. Tentunya seluruh skill diatas memerlukan yang namanya laptop atau PC. Tapi bukan berarti kalian bisa menyerah karena tidak memiliki laptop atau PC. Kalian bisa mulai-mulai belajar dengan meminjam milik saudara, atau bahkan bisa ke warnet tergantung kemauan kalian sendiri. Yuk stop rebahan, dan mulai asah skill baru.

Jika skill kalian bukan salah satu yang diatas, seperti Teknik Sipil atau Sastra, dan sebagainya bukan berarti skill kalian tidak begitu penting. Sebenarnya sama pentingnya, namun karena saat ini era Industri 4.0 maka pengembangan teknologi sedang banyak dicari. Dan mimin akan memberikan saran skill yang cocok kalian tekuni.

Latest articles