Tips Menjawab Pertanyaan HRD di Interview Job

ENSIPEDIA.ID – Wawancara Kerja atau job interview adalah suatu hal yang dilalui bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan atau melamar pekerjaan. Dalam Interview, yang perlu diperhatikan adalah persiapan. Persiapan ini bertujuan sebagai bekal untuk membiasakan diri dari pertanyaan HRD. Nah, berikut hal-hal yang paling sering dipertanyakan saat interview kerja dan tipsnya.

1. Memperkenalkan diri

Hal pertama yang ditanyakan saat interview kerja tentunya adalah perkenalan diri, kamu akan diminta untuk menceritakan dirimu kepada mereka sebelum memberikan pertanyaan seputar interview.

Lalu bagaimana sih cara memperkenalkan diri secara singkat, menarik namun tetap profesional?

Hal yang harus kamu perhatikan adalah jangan pernah memperkenalkan diri dengan menyebutkan alamat rumah secara lengkap atau bahkan tinggi badan dan berat badan karena itu semua tidak dibutuhkan oleh HRD. Dan otomatis HRD akan memandang rendah dirimu.

Nah, untuk mencari amannya, jelaskan hal-hal ini berikut ini:

1. Nama

2. Background pendidikan

3. Background

4. Pekerjaan  saat ini, dan

5.  Career aspiration untuk kedepannya

  • Contoh:

Selamat siang Bapak/Ibu perkenalkan nama saya adalah (…), saya adalah Mahasiswa/i (…). Dan saya saat ini memiliki beberapa pengalaman di bidang (…). Saya memiliki minat yang sangat besar pada bidang (…), dan saya memiliki keinginan yang sangat besar untuk menjadi  (…) di kemudian hari.

Terlepas dari beberapa hal diatas, kamu diharapkan untuk bersikap profesional sepanjang proses wawancara karena hal pertama yang diperhatikan HRD adalah kepribadian.

2. Salary expectation (Gaji yang diharapkan)

Pertanyaan ini juga umum ditanyakan oleh HRD saat interview job. Lalu bagaimana sih cara menjawab pertanyaan diatas?

Yang paling penting, jangan pernah menjawab dengan kata “Terserah,” atau “Saya ikut kebijakan perusahaan saja.” Karena pertanyaan jenis ini biasanya bertujuan untuk melihat kesungguhanmu dalam menjawab pertanyaan.

Pastikan kamu tahu UMR perusahaan atau angka minimal pekerjaan yang kamu lamar. Selain itu, tentukan value masing-masing. Jika kamu pernah bekerja pada suatu perusahaan, kamu bisa menyebutkan nominal dari perusahaanmu yang sebelumnya.

  • Contoh bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja:

“Gaji saya yang sebelumnya dari perusahan (…) Sebanyak (…) Dan karena itu, saya mem-value kinerja diri saya dari range (…) sampai (…) “

Atau;

“Ekspektasi gaji saya sekitar (…) sampai (…) karena angka tersebut merupakan kisaran gaji posisi (sebutkan posisi yang kamu lamar) di (sebutkan nama perusahaan yang kamu lamar atau sesuai range gaji di posisi yang kalian lamar di perusahaan tersebut).

  •  Contoh bagi Fresh Graduate dan calon Peserta Magang:

“Sementara saat ini perhatian saya lebih mencari pengalaman dan melengkapi ilmu yang saya dapatkan di kampus, Bapak/Ibu bisa melihat kinerja saya terlebih dahulu untuk kedepannya. Jika memuaskan, saya harap keuangan saya juga membaik.”

Sesuaikan dengan kemampuan kamu, atau sebutkan pencapaian kinerja kamu di perusahaan yang sebelumnya agar recruiter merasa harga yang kamu pasang itu pantas.

3. Mengapa kamu melamar di perusahaan ini/ mengapa kami harus menerima kamu di perusahaan ini. 

Nah, pada bagian ini kamu bisa menyombongkan diri sedikit. Kamu bisa menyebutkan semua pencapaian-pencapaian kamu, semua prestasimu atau kemampuan yang kamu miliki. Juga, kamu bisa menjelaskan rencana kamu bagi perusahaan untuk kedepannya. Yang paling utama, ketahui Visi Misi perusahaan atau target perusahaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jelaskan mengenai skill apa saja yang kamu miliki, dan berikan bukti yang nyata berupa sertifikat atau pengalaman kerja.

  • Contoh bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja:

HRD: “Mengapa kami harus menerima kamu di perusahaan ini?”

“Saya memiliki semua keterampilan yang Anda cari dari seorang kandidat, Saya memiliki 10 tahun pengalaman kerja di bidang Web Programmer. Saya pernah bekerja di suatu perusahaan di bidang Marketing. Saya tahu cara memproduksi dan mengelola barang. Saya juga memiliki gelar di bidang pemasaran.

Selain itu, saya mampu bekerja dalam tim, saya mampu berkolaborasi dengan baik, saya dapat berkomunikasi dengan jelas, dan saya pernah beberapa kali menjadi pembicara pada sebuah komunitas. Dan saya telah mengikuti perusahaan ini untuk beberapa waktu.

Saya tahu Anda sedang mencari seseorang yang dapat mengambil alih peran ini. Saya memiliki ide yang menurut saya akan membantu perusahaan ini mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Dan saya ingin sekali mendapatkan kesempatan ini dan membagikannya dengan tim.”

Sekali lagi, hanya untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja dan bukti yang nyata!

  • Contoh bagi Fresh Graduate dan calon Peserta Magang:

“Saya belajar komunikasi pemasaran di Universitas dan memilih jurusan ini karena saya selalu tertarik untuk memahami bagaimana mengembangkan strategi pemasaran digital dan tanggapan konsumen.

Selain itu, saya sebagai aktivis relawan juga mahasiswi membantu saya mengembangkan keterampilan seputar penentuan prioritas dan manajemen waktu. Saya juga sangat aktif dalam asosiasi Mahasiswa dan belajar bagaimana berkomunikasi dengan bisnis lokal dan membuat kampanye donasi yang dikumpulkan untuk amal.”

Jelaskan semua pengalaman yang relevan termasuk keterampilan yang kamu punya atau pencapaian yang kamu raih selama masa kuliah.

4. Kelebihan dan kekurangan

Pada bagian ini, sekali lagi kamu disuruh untuk menjelaskan tentang dirimu sendiri. Lalu bagaimana sih cara menjelaskan kelebihan kamu tanpa takut terasa sombong atau menyebutkan kekurangan kamu tapi engga terlalu merendahkan diri?

  • Berikut tipsnya;

1.Pada bagian kelebihan, kamu cukup menyebutkan kelebihanmu yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar cukup dengan beberapa kata namun disertai dengan bukti dan alasan yang meyakinkan.

  • Contohnya:

“Salah satu kelebihan saya yang relevan dengan posisi ini adalah, saya memiliki sifat Leadership dan bertanggung jawab. Saya mampu untuk melakukan penjualan dan menarik customer sebanyak-banyaknya. Saya pernah ditunjuk untuk memimpin bazar dalam organisasi, dan saya berhasil mencapai target yang dibutuhkan oleh organisasi saya.

2.Sedangkan untuk bagian kekurangan, ceritakan bagian yang tidak berkaitan dengan posisi yang kamu lamar, jika pun iya, ceritakan kekuranganmu dengan solusi untuk meminimalkan dampaknya.

  • Contoh:

“Saya lumayan pelupa. Namun untuk mengatasi itu, saya seringkali membuat rincian kegiatan yang akan saya lakukan dan mencatatnya pada kertas yang seringkali saya bawa. Saya juga memasang alarm untuk lebih mengefektifkan hal tersebut.”

5. Apa yang membedakan kamu dengan pelamar lain

Untuk pertanyaan ini, tunjukan pemahaman kamu tentang posisi yang dilamar, atau ceritakan cara kamu berkontribusi untuk pekerjaan. Kamu juga bisa menceritakan alasan kamu memilih Pekerjaan atau Perusahaan itu.

  • Contoh:

“Saya paham bahwa kemampuan manajemen diri beberapa kali disebutkan pada deskripsi tugas dan merupakan hal yang dibutuhkan pada posisi ini.Dimana hal ini merupakan hal yang sudah saya kembangkan sejak saya kuliah. Selain itu, saya memiliki skill yang dibutuhkan dalam posisi ini terutama dalam hal (…)

Passion saya berada pada bidang ini sejak lama. Dan tentunya, saya akan memberikan yang terbaik apabila saya diterima di Perusahaan ini.”

6Saat kamu dipersilahkan untuk bertanya

Saat kamu dipersilahkan untuk bertanya, jangan menolak untuk bertanya, dan jangan menanyakan uang dan liburan di awal.

Beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan adalah:

  • Terkait dengan posisi yang kamu lamar.
  • Kamu bisa menanyakan tentang deskripsi posisi yang kamu lamar, kamu juga bisa mengulik apakah sang Recruiter ragu tentang dirimu atau resume yang kamu buat.
  • Bagaimana kinerjamu diukur?;
  • Bagaimana dan seperti apa budaya di perusahaan;
  • Apa tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan saat ini;
  • Dan tentang kapan kamu bisa mendengar kabar tentang pekerjaan ini.

Kamu juga bisa menanyakan tentang struggle and target, company culture/ value danapa yg dicari dari seorang kandidat. Next mau dikasih tips apa lagi?

Silahkan koreksi saya jika ada kekeliruan. Danke!

Latest articles