Semua Panda di Dunia Adalah Milik Tiongkok

ENSIPEDIA.ID, Tangerang – Panda merupakan salah satu hewan yang sangat menggemaskan. Tak heran, banyak sekali orang yang sangat menyukai hewan berbulu hitam dan putih itu. Ada sebuah fakta yang menarik mengenai panda, yaitu semua panda yang ada di dunia adalah milik Tiongkok.

Panda tidak hanya ada di negeri tirai bambu saja, panda juga tersebar di kebun binatang beberapa negara. Namun, semua panda di dunia adalah kepunyaan Tiongkok secara hukum. Bahkan, jika anak panda lahir di negara mana pun, panda tersebut tetap menjadi milik Tiongkok. Nantinya, anak panda itu akan dikembalikan ke Tiongkok untuk proses penangkaran.

Awalnya, Tiongkok memakai panda sebagai alat diplomasi antar negara. Tiongkok mengirim panda-panda miliknya ke beberapa negara sahabat. Namun, pada tahun 1984, panda tidak lagi digunakan untuk tujuan utama diplomasi.

Tiongkok menawarkan peminjaman panda ke beberapa negara dengan protokol peminjaman. Dalam protokol tersebut, panda dipinjam dengan jangka waktu maksimal 15 tahun saja. Setiap tahunnya, negara yang meminjam panda harus membayar 1.000.000 USD kepada Tiongkok.

Peminjaman panda ke berbagai negara juga bertujuan untuk pengembangbiakan dan penelitian biologi. Meski panda sudah tidak lagi dikategorikan “terancam punah” (meningkat ke level “rentan punah” pada tahun 2016), tapi tetap saja saat ini hanya tersisa 500 sampai 1.000 panda di alam liar.

Panda merupakan hewan yang sangat penting bagi Tiongkok. Tak heran, hewan menggemaskan itu sangat diperhatikan oleh negeri tirai bambu.

Latest articles