Syarat Masuk Vokasi UB Harus Good Looking? Ini Penjelasan Universitas Brawijaya

ENSIPEDIA.ID – Syarat seleksi masuk program vokasi Universitas Brawijaya (UB) viral di media sosial. Pasalnya, salah satu syarat untuk menjadi mahasiswa di sana haruslah berpenampilan menarik atau good looking. Syarat ini diajukan bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil program studi D3 Perbankan.

Dilansir dari Kompas, Universitas Brawijaya membenarkan adanya persyaratan berpenampilan menarik. Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik UB, Heri Prawoto Wibowo menjelaskan bahwa syarat ini sudah diterapkan sejak lama dan terkhusus di D3 Perbankan saja.

“Sebenarnya ini adalah informasi tiap tahun selalu ada dan khusus yang D-3 Perbankan. Itu saja sebagai tambahan syaratnya,” kata Heri.

Ketua Departemen Bisnis dan Hospitality, Fakultas Vokasi, Universitas Brawijaya, San Rudiyanto menjelaskan alasan UB menambahkan syarat berpenampilan menarik untuk masuk di Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya.

1. Kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri

Ciri utama sekolah vokasi adalah keterkaitan erat dengan dunia usaha dan dunia industri. Mahasiswa D3 disiapkan sebagai agen yang bisa langsung terjun ke DU/DI sehingga kriteria mahasiswa juga didasarkan pada kebutuhan DU/DI saat ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa industri perbankan membutuhkan good performance yang baik.

“Dalam kasus dunia perbankan misalnya, bahwa pegawai bank selama ini sudah masuk stereotip: selalu pakaiannya rapi, parlente, wangi, dan sebagainya,” ungkap pengamat pendidikan, Toto Raharjo.

2. Bukan Syarat Utama

Dalam seleksi mandiri masuk prodi vokasi di UB, good looking bukanlah syarat utama diterimanya mahasiswa, melainkan hanya syarat tambahan. Artinya, uji pengetahuan masih menjadi dasar penilaian bagi perguruan tinggi. San Rudiyanto menjelaskan bahwa kualifikasi mahasiswa harus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan. Tidak hanya sekedar good looking namun juga smart.

“Dalam seleksi masuk perbankan kualifikasi seperti itu menjadi salah satu tambahan persyaratan, setelah nilai untuk memenuhi standar industri sehingga terkoneksi dengan kebutuhan diperbankan,” jelasnya.

3. Good Looking dalam Arti Luas

San menegaskan agar tidak mengartikan good looking dalam arti sempit saja. Misalnya ciri cantik dan ganteng seperti yang netizen gaungkan. Melainkan harus melihat arti berpenampilan menarik dari sudut yang lebih luas lagi.

Rapi, enak dipandang, bersih, ramah, murah senyum, berpakaian menarik juga merupakan arti dari good looking.

“Hal ini karena nantinya mahasiswa kita ini akan bekerja di garda terdepan pelayanan di bank-bank mitra vokasi sehingga standar pegawai frontliner menjadi kriteria persyaratan,” terang San.

Latest articles