Sudah Dibuka! Berikut Tips Memilih Jurusan pada SNMPTN

ENSIPEDIA.ID – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dibuka bagi siswa yang berhak. Siswa yang memenuhi syarat pendaftaran SNMPTN 2022 bisa mengakses laman untuk memilih jurusan dan mengisi data pendaftaran mulai 14 Februari 2022 sampai dengan 28 Februari 2022.

Pembukaan pendaftaran tersebut disampaikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Senin 14 Februari 2022. Siswa yang memenuhi syarat dapat melakukan login pada portal yang telah disediakan di laman https://portal.ltmpt.ac.id/ atau https://snmptn. ltmpt.ac.id/.

Sebelumnya, ada beberapa tahapan yang dilalui oleh siswa untuk ditetapkan sebagai siswa yang berhak, antara lain pengumuman kuota sekolah, registrasi akun LTMPT siswa dan sekolah, dan pengisian PDSS.

Pengumuman pendaftaran SNMPTN 2022 (ltmpt)

Bagi kamu yang lolos sebagai siswa memenuhi syarat, pendaftaran SNMPTN menjadi gerbang pembuka untuk masuk di dunia kampus. Pada tahap ini, siswa diharuskan mengisi jurusan dan PTN yang akan dituju nantinya.

Pemilihan jurusan menjadi bagian yang paling mencengangkan bagi siswa. Akan ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, mulai dari pendapat orang tua, kegemaran jurusan, hingga hal teknis seperti kuota jurusan yang dituju.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat memilih jurusan pada SNMPTN 2022.

1. Tentukan Jurusan Prioritas

Dalam SNPMTN 2022, akan disediakan 2 pilihan jurusan yang harus dipilih. Dengan ketentuan bahwa salah satu jurusan harus berada di PTN yang sama dengan sekolah asal. Pilihan pertama menyatakan pilihan prioritas. Maka dari itu, tetapkan jurusan dan kampus impian kamu di pilihan pertama lalu pilihan kedua.

2. Kosultasikan Kepada Guru BK dan Orang Tua

pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Jangan memilih jurusan berdasarkan ikut-ikutan teman saja. Usahakan konsultasikan terlebih dahulu dengan bimbingan konseling sekolah atau kepada orang tua.

menentukan pula memilih jurusan atas populeritas semata. Kembali lagi, kamu memilih jurusan yang kamu senangi dan suka. Karena yang populer belum tentu cocok denganmu. Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan, maka perkuliahanmu juga akan berjalan dengan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dari jurusan tersebut.

3. Kepoin Jurusan yang Diminati

Jangan lupa untuk mencari tahu tentang jurusan impian. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan di internet atau media lainnya. menentukan dasar-dasar jurusan, seperti prospek kerja, mata kuliah yang akan dipelajari, peluang lulusan, tenaga pengajar, alumni, atau akreditasi.

4. pembukaan Ketentuan Jurusan

Dalam SNMPTN 2022, pemilihan jurusan tidak disarankan untuk lintas minat. Beberapa PTN menetapkan ketentuan masing-masing terkait lintas minat. Bagi kamu yang lulusan SMA/MA IPA memilih jurusan sains dan teknologi, bagi SMA/MA IPS dan Bahasa memilih jurusan sosial dan humaniora, begitu pula bagi SMK yang disesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing. Bagi yang ingin lintas jurusan, terlebih dahulu cek terlebih dahulu ketentuan PTN yang dituju.

Untuk beberapa jurusan akan dimintai pula portofolio. Harap perhatikan dan cari tahu terkait portofolio pada laman LTMPT. Jurusan yang biasanya menetapkan portofolio adalah jurusan yang berhubungan dengan seni dan olahraga.

5. Lihat Daya Tampung dan Tingkat Persaingan

Jangan lupa untuk menghadapi persaingan dan persaingan. Kamu bisa mencari tahu dan melihat data tingkat persaingan pada data SNMPTN tahun lalu atau daya tampung jurusan di laman LTMPT. Daya tampung dan persaingan bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan dan menempatkannya di pilihan pertama atau kedua.

6. Cari Kampus Tujuan

Kampus atau PTN juga menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting. kadang ada yang memilihnya karena jarak yang dekat ataupun karena kampus tersebut memang terkenal. Yang perlu diingat bahwa semakin terkenal kampusnya, kemungkinan persaingannya juga akan tinggi. Kembali lagi, untuk pilihan kampus, kamu juga bisa membuktikan terlebih dahulu dengan orang tua sebelum menetukannya.

 

Itu saja beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat Selamat memilih jurusan pada SNMPTN 2022. Semoga kamu bisa mendapatkan kata “” dari LTMPT pada 29 Maret 2022 atau hari nanti. Jangan lupa juga untuk belajar menghadapi UTBK SBMPTN 2022 bagi siswa yang belum beruntung mendapatkan jurusan dan PTN impian.

Latest articles