Perbedaan China, Taiwan, Hong Kong, dan Macau

ENSIPEDIA.ID, Tangerang – Hingga saat ini, mungkin banyak dari kita yang masih belum mengetahui perbedaan China, Taiwan, Hong Kong, dan Macau. Keempat daerah itu memiliki perbedaan satu sama lain. Untuk mengetahui perbedaan China, Taiwan, Hong Kong, dan Macau, yuk, simak penjelasannya berikut ini!

China

Bendera China

China yang memiliki nama lengkapnya Republik Rakyat China (RRC) adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur dengan ibu kotanya Beijing. China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dan memiliki mata uang, yakni yuan. China merupakan negara yang menganut ideologi komunis dalam menjalankan pemerintahannya.

Taiwan

Bendera Taiwan

Taiwan dan China berpisah sejak perang saudara terjadi. Perang antara kelompok nasionalis dan komunis itu berakhir dengan kemenangan kelompok komunis yang akhirnya menguasai daratan utama China. Sementara itu, kelompok nasionalis merupakan pihak yang kalah. Kelompok nasionalis ini melarikan diri ke pulau Formosa yang kini disebut Taiwan. Di Taiwan kelompok nasionalis membentuk sebuah negara dengan pemerintahannya sendiri yang berbeda dari China.

Secara de facto, Taiwan telah merdeka karena memiliki pemerintahan, wilayah, rakyat, dan lambang negara. Akan tetapi, Taiwan hanya diakui oleh 23 negara sebagai negara merdeka, oleh karena itu, Taiwan disebut sebagai negara dengan pengakuan terbatas.

Hong Kong

Bendera Hong Kong

Hong Kong dulunya merupakan koloni Inggris, kemudian pada tahun 1997, Inggris menyerahkan Hong Kong kepada China. Status Hong Kong saat ini adalah daerah administrasi khusus.

Hong Kong memiliki pemerintahan, bendera, dan mata uang sendiri. Hong Kong juga memiliki kepolisian sendiri, tetapi tidak memiliki tentara sendiri karena pertahanannya dikontrol oleh China. Maka dari itu, Hong Kong disebut negara semimerdeka.

Macau

Bendera Macau

Sama seperti Hong Kong, Macau dulunya merupakan koloni Portugis. Pada tahun 1999, Portugis menyerahkan Macau kepada China. Macau adalah daerah administrasi khusus dengan memiliki pemerintahan dan mata uang sendiri. Maka dari itu, Macau dan China disebut sebagai satu negara dua sistem.

Latest articles