Google Pernah Memperkerjakan Unta Pada Tahun 2014

ENSIPEDIA.ID, Indramayu – Halo Sobat EB!

Unta adalah dua spesies hewan berkuku genap dari genus Camelus yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun. Domestikasi unta oleh manusia telah dimulai sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu.

Spesifikasi:

Nama ilmiah: Camelus
Kecepatan: 65 km/jam (Maximum, Dalam jarak dekat, Lari)
Lama hidup: Unta arab: 40 tahun
Ordo: Artiodactyla
Kerajaan: Animalia
Ras: Canarian camel, Bikaneri
Massa: Unta arab: 400 – 600 kg, Unta baktria: 480 kg

YouTube.com

Sedangkan itu, Google Street View merupakan fitur teknologi bagian dari Google Maps dan Earth, menyediakan Anda pemandangan panorama jalan-jalan di seluruh dunia. Mulai tahun 2012, Street View juga memberikan pengguna kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat terkenal seperti Grand Canyon, Piramid di Mesir dan Menara Eiffel. Kini ada satu lokasi lagi yang bisa Anda jelajahi.

Tempat ikonik tersebut adalah Gurun Liwa, terletak di sebelah selatan Teluk Persia, sekitar 150 kilometer Barat Daya dari Abu Dhabi. Jantung Liwa terletak pada oasisnya. Di sana, perkebunan kurma menjadi pemasukan ekonomi terpenting, hingga perlahan-lahan, Liwa juga mengakomodasi turisme internasional dengan didirikannya hotel-hotel mewah.

Untuk dapat mengambil citra gurun yang jelas, google menyewa unta berpunuk tunggal bernama Rafia (dalam aksen Inggris:Raffia, dalam bahasa Arab mungkin Rofi’ah) untuk membawa salah satu Trekker kamera 360 derajat demi menangkap tampilan 3D Gurun Liwa. Peralatan kamera itu diikat di atas punuknya. untuk merekam street view di Gurun Liwa, Abu Dhabi.

-Dokumentasi Rafia beraksi di Gurun Liwa: https://m.youtube.com/watch?v=4pVCToDTbT4&feature=youtu.be

-Kamu juga bisa cek pencitraan trekker yang diangkut rafia pada https://www.google.com/streetview/

Rafia adalah unta pertama dan menjadi hewan pertama yang membawa kamera Trekker Google, yang biasanya diangkut oleh manusia untuk menangkap gambar 360 derajat di jalanan yang tidak dapat diakses dengan mobil Street View.

Liwa sendiri adalah daerah oasis yang dikenal sebagai wilayah pertanian kurma, sekitar 100 km sebelah barat daya Abu Dhabi dan tepat di utara padang pasir Rub’al Khali (Arab: الربع الخالي‎ ar-Rubʿ al-Khālī , “the empty quarter”), gurun pasir terbesar di dunia.

Mengapa tidak menggunakan mobil rally saja?

Alasannya, tentu karena lingkungan padang pasir sangat rentan dengan perubahan ekstrim. Angin yang tiba-tiba bertiup kencang disertai badai pasir biasa terjadi. Menggunakan mobil mungkin kedengarannya bagus, tetapi gambar tangkapan kameranya bisa jadi kurang stabil.

Hikmah yang dapat diambil: Jadilah unta apabila anda ingin bekerja di Google

Jadi, bagaimana nih menurut kalian? Kasih tahu kami di kolom komentar ya!

Nanda Eca Riski
Berselancar di internet cari pengalaman

Latest articles