Nenek Moyangku Seorang Pelaut, Sekedar Lagu atau Fakta?

ENSIPEDIA.ID, Tangerang – “Nenek moyangku seorang pelaut, gemar mengarungi luas samudra, menerjang ombak tiada takut, menempuh badai sudah biasa.” Begitulah kira-kira penggalan lirik dari lagu Nenekku Seorang Pelaut. Lagu ciptaan Ibu Sud yang sering kita dengar ketika masih kecil.

Saat masih kecil, kita merasakan biasa saja ketika mendengar lagu itu. Namun, ketika tumbuh dewasa, mulai ada rasa ingin tahu apakah nenek moyang bangsa Indonesia benar-benar seorang pelaut atau bukan?

Menilik sejarah zaman dahulu, nenek moyang Indonesia memang seorang pelaut yang mengarungi samudra. Bangsa Indonesia sejak dulu memang sudah gemar berlayar untuk berdagang.

Hal ini dapat dibuktikan melalui berbagai bukti sejarah. Salah satu bukti sejarahnya, yaitu terdapatnya relief berupa kapal layar pada Candi Borobudur. Kapal layar yang besar dan megah pernah dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra. Kapal tersebut berlayar mengarungi Samudra Hindia menuju pesisir Afrika Selatan, kemudian sampai ke pesisir Afrika Barat untuk menjual berbagai komoditi.

Kerajaan Majapahit pada abad ke-14 juga tercatat memiliki armada laut yang kuat. Armada laut tersebut dibentuk untuk melindungi jalur perdagangan yang dikuasai oleh Majaphit.

Dengan melihat beberapa bukti sejarah yang ada, dapat diketahui bahwa bangsa Indonesia memang seorang pelaut sejak dulu. Bahkan, jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa pada abad ke-16, bangsa Indonesia sudah banyak mengarungi lautan yang jauh.

Bangsa Indonesia yang sudah menjadi seorang pelaut sejak zaman dahulu memang tak terlepas dari kondisi geografis Indonesia. Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan terpisah oleh lautan membuat bangsa Indonesia harus menjadi pelaut untuk dapat menyebrangi satu pulau dengan pulau lainnya.

Jadi, makna lirik dari lagu yang berjudul “Nenekku Seorang Pelaut” bukan sekedar omong kosong saja. Kalimat tersebut memang dibuat karena adanya fakta bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah seorang pelaut.

Latest articles