Mengenal Kasta-kasta yang Ada di India, Kasta yang Paling Bawah Haram Disentuh

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – India merupakan salah satu negara yang menganut sistem kasta. Mirisnya lagi, kasta India yang paling bawah derajatnya, haram untuk disentuh oleh kasta lain.

Sistem kasta India adalah struktur sosial yang membagi kelompok yang berbeda ke dalam kategori peringkat.  Anggota kasta “lebih tinggi” memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada individu dari kasta “lebih rendah”.  Hukum India melarang diskriminasi berdasarkan kasta, meskipun identitas kasta tetap penting di tingkat lokal, terutama dalam kaitannya dengan pernikahan.

Sistem kasta ini disinyalir berasal dari teks-teks Sansekerta dari milenium kedua SM yang merujuk pada praktik membagi individu ke dalam kelompok sosial yang disebut “varnas“. Terdapat empat kasta utama, yaitu Brahmana, Ksatri, Waisya dan Sudra.

Seiring waktu, struktur kasta menjadi lebih kompleks, menyatu menjadi sistem yang dikenal sebagai “Chatuvarnya,”. Sekarang ada lebih dari 3.000 kasta di India dan terdapat lebih banyak lagi sub-kasta. Namun, setidaknya terdapat 5 kasta yang paling signifikan. Apa saja kasta tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kasta Brahmana

mengenal-kasta-kasta-yang-ada-di-india-kasta-yang-paling-bawah-haram-disentuh
Seorang Brahmana yang sedang melakukan ritual (foto: greelane.com)

Yang tertinggi dari semua kasta, dan secara tradisional merupakan seorang pendeta atau guru, Brahmana merupakan sebagian kecil dari populasi India. Secara teoritis, kasta ini merupakan kasta yang paling dihormati diantara 4 kasta lain.

Seorang yang berkasta Brahmana diberi hak dan keistimewaan untuk mengelola kuil, memimpin upcara keagamaan ataupun memberikan sebuah berkat kepada orang lain.

Kasta Ksatria

mengenal-kasta-kasta-yang-ada-di-india-kasta-yang-paling-bawah-haram-disentuh
Sepasang suami istri dari salah satu keturunan bangsawan (foto: nakita.grid.id)

Kasta Ksatria merupakan sebuah kasta sangat identik dengan kemiliteran, kerajaan ataupun pemerintah. Orang-orang yang termasuk ke dalam golongan kasta ini adalah Raja, bangsawa ataupun prajurit.

Kasta Waisya

mengenal-kasta-kasta-yang-ada-di-india-kasta-yang-paling-bawah-haram-disentuh
Pedagang India yang sedang berjualan di salah satu pasar yang ada di New Delhi (foto: liputan6.com

Pekerjaan utama seseorang yang berkasta Wasiya adalah sebagai seorang pedagang, peternak pengrajin ataupun pengusaha. Orang dari kasta ini bergerak di bidang perniagan, kerajinan serta keuangan.

Mereka sekarang dikaitkan dengan ekonomi kelas menengah dan kemajuan sosial serta membentuk sekitar seperlima dari populasi India. Bersama dengan Kasta Brahmana dan Ksatria, anggota kasta Waisya dianggap memiliki status dvija–orang yang dapat lahir dua kali–kelahiran kedua berupa kelahiran spiritual.

Kasta Sudra

mengenal-kasta-kasta-yang-ada-di-india-kasta-yang-paling-bawah-haram-disentuh
Anak kecil dari kasta Sudra yang menjadi kuli bangunan (foto: tempo.co)

Kasta Sudra merupakan kasta yang terendah dari 4 kasta sosial kuno atau disebut dengan Varnas. Rata-rata dari mereka bekerja sebagai seorang petani, buruh, kuli dan juga pembantu. Karena dianggap kasta rendahan, kasta Sudra dilarang untuk mempelajari “Veda”, kitab paling awal dari sastra suci India.

Kasta Dalit

mengenal-kasta-kasta-yang-ada-di-india-kasta-yang-paling-bawah-haram-disentuh
Beberapa orang kasta dalit yang sedang bersosialisasi (foto: suarakebebasan.id

Kata “Dalit,” berasal dari bahasa Sansekerta, berarti “tanah”, “ditekan” atau “dihancurkan.”  Dianggap sebagai orang paling rendah dari semua kasta, Mereka adalah orang-orang yang secara tradisional dianggap “tak tersentuh.”

Dalit biasanya dikaitkan dengan pekerjaan yang dianggap tidak suci secara ritual, seperti jagal hewan, pembersih kotoran dan pencuci pakaian. Orang dengan kasta yang lebih tinggi seringkali menganggap bahwa orang-orang Dalit diharamkan untuk disentuh, mereka dianggap sebagai kastanya orang yang tercemar.astanya orang yang tercemar.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles